review mailbird

Hobi Membaca? Lewat Aplikasi Baca Buku Digital ini, Hobi Membaca Jadi Lebih Seru!

Buku adalah jendela dunia. Dengan seringnya membaca buku, kita melihat dunia semakin jelas. Bagi kamu yang haus membaca, mungkin kamar sudah penuh dengan tumpukan buku. Namun, berbeda dengan buku digital, membaca buku fisik cukup terbatas.

Selain kendala ruang, terkadang harga dan kesalahan pencetakan bisa menjadi hal yang membunuh keinginan untuk membaca. Untung semakin ke sini, tren membaca buku digital semakin *booming*.

Dengan *gadget* di tangan dan koneksi internet, kamu bisa memiliki akses terhadap hampir semua jenis bacaan secara virtual. Semakin banyak developer yang berlomba-lomba untuk memberikan aplikasi layanan membaca buku virtual untuk para kutu buku.

Hanya saja, terkadang, banyak yang belum berkenalan (dan masih skeptis) dengan aplikasi-aplikasi ini. Artikel berikut ini ditulis khusus buat kamu yang mencari alternatif membaca dan sumber bacaan yang lengkap secara virtual. Inilah 10 aplikasi membaca super oke rekomendasi kami!

Goodreads

buku digitalSumber:Lydiapsaradelli

Goodreads cukup terkenal di antara para _book lovers_. Aplikasi ini memberi kemudahan bagi kamu untuk mencari beberapa daftar rekomendasi favorit, mencari sinopsis buku baru, dan juga menyusun koleksi bacaan favorit.

Oh ya, selain itu Goodreads juga menyediakan wadah grup untuk para book lovers dari seluruh dunia untuk berinteraksi. Dalam grup ini, kamu bisa mendiskusikan tentang penulis dan bacaan favorit kamu. Kamu bakal mendapatkan insight lebih dalam dan rekomendasi banyak buku yang oke-oke.

Kindle

buku digitalSumber:Michael Pereckas

Kindle merupakan perangkat elektronik yang di desain khusus untuk membaca oleh Amazon. Kalau biasanya kamu sering mengunduh musik ke gadget kamu, sekarang kamu mengunduh buku lewat internet ke Kindle kamu.

Buat kamu yang mau sedikit berhemat, kalian nggak harus membeli perangkat Kindle, cukup mengunduh aplikasi membaca Kindle dari Amazon. Jangan ragu-ragu mengunduh, karena dengan kapasitas memori yang cukup banyak yaitu 4GB, kamu bisa menyimpan sekitar 1400 buku, lho!

Keunggulan dari Kindle ini adalah bisa digunakan untuk membaca koran, majalah, atau browsing internet. Kindle juga memiliki layar khusus yang membuat mata nggak capek, baterai yang awet, ukuran tulisan yang bisa disesuaikan, dan masih banyak lagi!

Wattpad

buku digitalSumber:Crunchbase.com

Di aplikasi yang satu ini, kamu bisa baca buku karangan penulis newbie yang yang popularitasnya kian naik. Walau baru, nggak jarang ide bacaannya inovatif dan mengundang rasa penasaran.

Hal yang lebih menarik lagi, Wattpad bukan hanya aplikasi untuk membaca. Namun, aplikasi ini juga sebagai saran untuk kalian yang hobi atau bercita-cita menjadi penulis novel untuk menyalurkan karya tulis.

Di sini, hasil karangan akan dibaca oleh para pengguna Wattpad user Kamu kemudian akan diberi penilaian dan masukan yang biasanya konstruktif. Menarik banget, ya?

Dengan adanya fitur ini, Wattpad mengeratkan hubungan para penulis dan pembaca. Pembaca bisa menyediakan kritik secara terbuka tentang cerita yang ditulis, dan penulis bisa meninggalkan pesan personal untuk pembaca mereka.

Audible

buku digitalSumber:Youtube/audible

Kalau kamu merupakan tipe yang sibuk dan nggak punya waktu luang untuk membaca, maka andalkan si Audible! Mungkin kamu sering mendengar Youtuber barat menyatakan kalau mereka di sponsor aplikasi Amazon ini

Audible merupakan aplikasi penyedia audiobook yang lengkap banget! Cukup unduh, dan kamu bisa mendengarkan buku favoritmu dinarasikan dengan seru dan jelas. Audible juga memungkinkan kamu untuk menukarkan audio book yang kamu nggak suka atau sudah selesai dibaca.

iBooks

buku digitalSumber:Apple

Para pengguna iDevice pasti nggak asing dengan aplikasi yang satu ini. iBooks merupakan aplikasi dasar yang sudah otomatis ada di setiap perangkat Apple. iBooks merupakan aplikasi terbaik untuk mengimpor dan membaca semua file yang mempunyai format pdf yang ada di smartphone atau tablet Apple kamu.

Keuntungan dari menggunakan iBooks ini selain desain aplikasinya yang simpel dan nggak bikin sakit mata, adalah fitur kamus otomatis, yang memudahkan para penggunanya dalam mengartikan kalimat yang sulit dimengerti. Jadi nggak harus repot-repot buka kamus dulu, deh!

Google Play Newstand

buku digitalSumber:TheVerge

Buat kamu yang hobi membaca majalah, aplikasi ini cocok banget nih buat kamu. Aplikasi khusus Android ini dibuat dengan tujuan memudahkan para pembacanya dalam mencari dan mengunduh majalah online.

Aplikasi ini mirip dan berhubungan langsung dengan Google Play, jadi mencari majalah pun akan segampang kalian mengunduh games. Tinggal tekan download pada majalah yang kamu subscribe, dan aplikasi akan secara real-time mencari berita terbaru dari media tersebut.

Di Google Play Newstand, kamu bisa mencari dan mengkategorikan informasi-informasi atau majalah yang kamu dapat online. Selain itu, aplikasi ini akan secara otomatis mencarikan informasi yang kira-kira sesuai dengan interest kamu saat itu.

Jadi, misalnya kamu sedang mencari hal-hal yang berbau otomotif, Google Play Newstand akan langsung mengkategorikan informasi-informasi dari internet yang berhubungan dengan dunia otomotif untuk kamu.

Kobo

buku digitalSumber:The Digital Reader

Di era serba modern seperti sekarang, tentunya butuh sebuah teknologi membaca yang lebih dari hanya sekedar e-book. Kobo memiliki fitur sosial yang disebut Reading Life. Fitur ini memungkinkan para pembaca bisa membaca sembari mendiskusikan bacaan tanpa harus meninggalkan sebuah halaman.

Kamu juga bisa memberi opini tentang paragraf yang sedang kamu baca, nanti pengguna Kobo lain akan melihat paragraf yang kamu beri highlight dan bisa ikut mengomentari di bagian tersebut, secara real-time.

Hal lain yang menarik dari aplikasi Kobo adalah gelar penghargaan yang diberikannya jika melakukan pencapaian tertentu. Misalnya, kamu bisa mendapatkan gelar Scout Leader, Deep Thinker, atau Night Rider sesuai dengan aksimu dalam fitur Reading Life.

Oodles

buku digitalSumber:UptoDown

Menggunakan Oodles, kamu bisa menemukan lebih dari 50.000 buku digital beragam yang disusun berdasarkan jenis kategori preferensi kamu. Untuk kamu penggemar novel klasik, di sini juga terdapat banyak literatur klasik seperti Pride and Prejudice, dan beberapa novel karangan Charles Dickens, Agatha Christie, dan serta pengarang terkenal lainnya.

Aplikasi ini juga mempunyai fitur kustom yang mengizinkanmu mengatur margin, spasi, warna teks, pencahayaan dalam literatur yang kamu baca. Di samping itu, Oodles menawarkan fitur animasi tampilan membaca yang sama dengan buku tradisional. Jadi, cocok banget nih buat kamu yang baru beralih ke buku digital.

Dragon wolf, buku digital interaktif

buku digitalSumber:SaraLee

Kalau kamu suka membaca buku yang ada grafiknya kerennya, aplikasi e-book yang satu ini nggak boleh kamu lewatin! Dragon Wolf adalah aplikasi e-book interaktif, di mana kamu bisa membaca cerita sambil menikmati gambar-gambar animasi yang ada di cerita tersebut dan menyelesaikan mini games yang disediakan.

Dragon Wolf tentu bukan hanya untuk anak-anak saja, tapi orang dewasa juga bisa menghayati alur ceritanya, kok. Aplikasi interaktif ini didukung oleh grafik yang sangat whimsical dan imajinatif, membuat para pembacanya ikut terhanyut dalam dunia cerita yang dibacanya.

Moon+ reader

buku digitalSumber:Google Play

Selain mempunyai fitur kustom untuk memudahkan membaca, aplikasi membaca digital yang didesain khusus untuk pengguna Android ini mempunyai fitur yang sangat unik, yaitu kemampuan mengkontrol gestur.

Tidak perlu menyentuh layar untuk membalikkan halaman, kamu hanya perlu swipe kiri-kanan, maka halaman akan terbalik dengan sendirinya.

Hebatnya lagi, aplikasi ini menyediakan 40 macam jenis bahasa yang bisa kamu unduh dari Google Play Store. Format yang bisa dibaca oleh aplikasi Moon+ Reader ini juga bisa dibilang sangat banyak, mulai dari .epub, .zip, .html, .pdf, .mobi, hingga .txt. Cukup praktis, ya? Layak one-stop-shop untuk semua e-book favoritmu.

Nah, itulah 10 aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk membaca buku digital. Tentunya, supaya pengalaman membaca buku digital kamu lebih maksimal, gadget yang kamu gunakan juga harus mendukung.

Untuk memaksimalkan kenyamanan dan pengalaman kamu dalam membaca, kamu bisa mengandalkan tablet PC yang oke dan dirancang khusus untuk pembelajaran, seperti Genpro!

Menggunakan aplikasi membaca buku digital memang banyak untungnya. Selain lebih efisien, kamu juga bisa membantu mengurangi penggunaan kertas. Selain hemat, praktis, kamu juga bisa go-green!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *