Terjawab: Inilah 10 Aplikasi Musik Windows 10 Paling Oke!

Musik memang sudah jadi kebutuhan, kurang afdol rasanya kalau melakukan sesuatu tanpa mendengarkan musik. Karena itu, semua jenis komputer, dan mobile gadget pasti telah disematkan aplikasi musik, agar penggunanya dapat menikmati musik kapanpun dengan bebas.
Begitu juga bagi kamu pengguna tablet/PC berbasis Windows 10, pasti kamu pernah berkenalan aplikasi Groove Music. Namun, secara umum, aplikasi musik Windows 10 ‘bawaan’ seperti ini memiliki banyak kekurangan.

Buat kamu pengguna gadget bersistem operasi Windows 10, tahukah kamu? Setidaknya ada 10 aplikasi musik yang memiliki fitur lebih baik dari Groove Music! Kamu bisa jadikan ulasan ini sebagai panduan memilih aplikasi musik terbaik untukmu. Yuk, simak!

MediaMonkey

aplikasi musik windows 10Sumber: Digitaldjtips
MediaMonkey merupakan aplikasi yang nggak hanya bagus pada kualitas audio, tapi juga manajemen penataan lagunya yang komprehensif. Aplikasi musik ini dapat memindai gadget-mu secara keseluruhan untuk menemukan file-file audio maupun video yang kompatibel dengan MediaMonkey. Kemudian audio dan video ini akan ditampilkan rapi sesuai dengan sortir yang kamu inginkan!

Nggak hanya dengan Windows 10, MediaMonkey dapat sinkron dengan mobile gadget sistem operasi Android maupun iOS. Selain itu, MediaMonkey dapat menyimpan hingga 100.000 lagu, jumlah lebih besar dibanding aplikasi musik lain pada umumnya.

Salah satu fitur yang cukup oke dari aplikasi musik Windows 10 ini adalah kemampuan normalisasi volume, yang membuat semua lagu memiliki tingkat volume yang sama. Nggak ada lagi lagu yang seperti bisik-bisik ketika diputar dengan volume penuh.

MediaMonkey juga terhubung ke radio online, seperti Shoutcast dan Icecast. Melalui MediaMonkey, kamu juga bisa mencari informasi tentang lagu secara online dalam Amazon, CD Universe, pencarian Google, dan bahkan Wikipedia. Format data yang dapat dibaca oleh aplikasi musik ini adalah MP3, WMA, M4A, dan M4P.

Dari segi User Interface dan User Experience, MediaMonkey memberikan tampilan sederhana dan mudah untuk dioperasikan. Kamu juga bisa melakukan kustomisasi, tema tampilan bisa diganti, baik dari tema yang tersedia atau yang diunduh dari internet.

MediaMonkey memiliki versi gratis dan juga versi premium (berbayar). Versi premiumnya, MediaMonkey Gold memiliki fitur tambahan seperti pengatur library otomatis, melakukan proses burn CD lebih cepat, dan konversi format data menjadi lebih fleksibel. MediaMonkey Gold dibanderol dengan harga $25 untuk kurun waktu (dan versi) tertentu atau $50 untuk kurun waktu seumur hidup.

Kesimpulan

MediaMonkey juga dapat dibilang sebagai salah satu aplikasi musik terbaik untuk Windows 10. Aplikasi musik Windows 10 ini dapat memberikan kualitas audio yang baik, juga dengan manajemen letak lagu yang komprehensif. Keunggulannya adalah MediaMonkey dapat sinkron dengan sistem operasi iOS. Jadi untuk pengguna produk Apple, akan lebih mudah menggunakan MediaMonkey.

Jika kamu tertarik, langsung aja kunjungi halaman unduhnya di sini!

Foobar2000

aplikasi musik windows 10Sumber: onice71
Foobar2000 tergolong aplikasi musik yang unik. Tampilan awalnya sangat sederhana, sedikit tampak seperti aplikasi buatan tahun 2000 awal. Namun dibalik tampilan itu, Foobar2000 adalah aplikasi musik paling customizable.

Kamu bisa melakukan kustomisasi pada banyak aspek. Jadi secara tampilan, Foobar2000 bisa jadi aplikasi musik yang bisa kamu ubah-ubah tampilannya agar ‘kamu’ banget!

Secara performa, Foobar2000 juga nggak mudah diremehkan. Aplikasi musik Windows 10 ini membutuhkan RAM yang kecil, sehingga dapat digunakan oleh hampir semua perangkat komputer.

Selain dapat melakukan normalisasi volume, Foobar2000 bisa melakukan gapless playback, untuk memainkan lagu tanpa jeda.

Aplikasi musik Windows 10 ini dapat membaca format AIFF, AU/SND, CDA, FLAC, Matroska (MKA), MP1, MP2, MP3, Raw AAC, WAV and WMA, M3U, M3U8, dan PLS, serta dapat mengkonversi audio ke berbagai format.

Foobar2000 adalah aplikasi open source, sehingga banyak tambahan software pendukung yang terpisah bayak memberikan fitur tambahan pada Foobar2000. Fitur itu seperti kemampuan membaca file Zip, melakukan proses burn CD, pengecekan kesalahan decoding. Software-software pendukung ini memberikan banyak potensi bagi Foobar2000 untuk terus berkembang.

Kesimpulan

Buat para pengguna Windows 10 yang suka meng-edit dan kustomisasi, Foobar2000 dapat menjadi pilihan aplikasi musik terbaik. Kamu bisa memiliki aplikasi musik personal yang sesuai dengan seleramu. Pemutaran musik yang sederhana namun lancar ditambah dengan sifat open source-nya memberikan kemungkinan yang tak terbatas bagi aplikasi musik Windows 10 ini.

Jika kamu tertarik, langsung aja kunjungi halaman unduhnya di sini!

AIMP

aplikasi musik windows 10Sumber: Uptodown
Selanjutnya, mari kita membahas AIMP. Fokus utama pada aplikasi musik Windows 10 ini adalah kemampuan dalam memproduksi kualitas audio yang bersih dan jernih berkat teknologi 32-bit audio processing and output support. Bahkan bisa dibilang AIMP lebih mirip seperti audio editor dibanding aplikasi pemutar lagu biasa.

AIMP memberikan kamu lebih banyak kontrol terhadap lagu yang sedang dimainkan. Aplikasi musik Windows 10 ini memiliki 18-band equalizer, kemampuan untuk mengkonfigurasi efek suara berdasarkan tempo, gema, refrain, bass, nada, flanger, pengeras suara, dan pitch. Oh ya, nggak ketinggalan juga aplikasi musik Windows 10 ini memiliki fitur normalisasi volume dan DSP plug-ins!

AIMP juga dapat membaca banyak format musik seperti FLAC, MIDI, MP3, DTS, OGG, dan lainnya, dengan total lebih dari 30 format! AIMP juga termasuk yang sangat fleksibel dalam melakukan konversi file ke berbagai format. Di samping itu, AIMP memiliki saluran streaming radio yang cukup beragam dan akurat.

Sedangkan dari segi manajemen library, AIMP memberikan smart playlist dan penandaan nama serta nomor otomatis untuk menata letak lagu dengan rapi. Kamu dapat menyortir lagu berdasarkan genre, artist, ataupun rating.

Secara tampilan, AIMP mungkin dapat mengingatkan kamu dengan aplikasi musik Winamp, karena tampilannya yang agak kembaran. Namun tenang saja, tampilan ini dapat kamu kustomisasi, dan pilihannya dapat kamu temukan dari internet.

Kesimpulan

AIMP sangat cocok buat kamu yang suka editing audio. Aplikasi musik ini dapat memberikan pengalaman mendengarkan musik dengan lebih premium. Memang butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan fitur-fiturnya, Tapi nggak dapat dipungkiri, kalau aplikasi musik Windows 10 ini oke banget untuk pengalaman musik di Windows 10 kamu.

Jika kamu tertarik, langsung aja kunjungi halaman unduhnya di sini!

MusicBee

aplikasi musik windows 10Sumber: Cartman0052007
Secara tampilan, MusicBee nggak jauh berbeda dengan aplikasi musik pada umumnya. Tampilannya sederhana, nyaman dan tampak mudah digunakan. Sehingga, nggak perlu waktu lama bagi pengguna baru untuk menyesuaikan.

MusicBee memungkinkan kamu untuk melakukan banyak kustomisasi. Salah satunya kustomisasi tema aplikasi. Tema dapat dipilih dari tema yang tersedia. Untuk tema lainnya, kamu dapat mengunduh dari internet. MusicBee jua dilengkapi tampilan theatre mode, untuk tampilan teatrikal.

Jika kamu merasa tampilan aplikasi musik Windows 10 ini terlalu rumit, maka kamu dapat mengaktifkan compact mode. Mode ini berfokus pada tampilan yang lebih sederhana dan rapi. Tampilan akan berubah dengan hanya beberapa fitur lagu seperti tombol pengaturan lagu, tampilan cover lagu, dan informasi lagu.

Selain dapat memutar lagu favoritmu, MusicBee memberikan fitur manajemen musik yang komprehensif. Aplikasi musik Windows 10 ini dapat menata penempatan lagu dengan rapi sesuai dengan pilihan sortirmu.

Jika ada perubahan di folder hard drive-mu, maka pengaturan pada library akan menyesuaikan secara otomatis. Kemudian dengan kemampuan penandaan otomatis, penataan letak musik menjadi lebih teratur.

Aplikasi musik yang dikembangkan oleh Steven Mayall ini dapat membaca berbagai format lagu seperti MP3, AAC, M4A, MPC, OGG, FLAC, APE, Opus, TAK, WV, WMA, WAV, serta lagu dalam CD audio. MusicBee juga memiliki fitur untuk mengkonversi lagu dengan format lain menjadi beberapa format seperti FLAC, MP3, OGG, dan WMA dengan kualitas yang lebih baik.

Selain dengan Windows, MusicBee juga dapat berfungsi sinkron dengan gadget Android, dan beberapa jenis iPods. Kamu juga bisa memindahkan lagu langsung ke library MusicBee dari Windows Media Player dan iTunes.

MusicBee dilengkapi fitur online service untuk mencari informasi lagu, lirik lagu, tanggal rilis,dan versi live -nya. Fitur online ini dapat di-lock menggunakan kata sandi. Untuk memudahkan pilihan lagu, kamu bisa menggunakan opsi auto DJ yang akan melakukan playback sesuai kostumisasi.

MusicBee bahkan memiliki tools untuk berlangganan podcast favoritmu dan mengunduhnya secara otomatis! Kamu juga dapat mengkases lagu dari berbagai stasiun radio pilihan.

Tidak hanya itu, MusicBee memungkinkan penyimpanan lagu secara online ke Last.fm, melakukan proses burn CD, serta fitur mematikan program secara otomatis sesuai konfigurasi. Kamu juga bisa meng-edit file audio seperti memotong bagian tertentu sesuka hati, serta membuat efek fading pada akhir lagu.

Kesimpulan

MusicBee dapat dianggap sebagai aplikasi musik terbaik untuk Windows 10. Kualitas audio tidak diragukan, program ringan (tidak memakan banyak RAM), tampilan dapat dikustomisasi, mudah digunakan, dan memiliki fitur yang lengkap.

User Interface dan User Experience yang oke semakin menambahkan nilai plus untuk aplikasi musik Windows 10 ini. MusicBee sangatlah ideal untuk dijadikan aplikasi musik pilihan di gadget Windows 10 kamu, terlebih lagi kamu tidak perlu membayar untuk memilikinya.

Jika kamu tertarik, langsung aja kunjungi halaman unduhnya di sini!

Tomahawk

aplikasi musik windows 10Sumber: Martin Brinkmann
Tomahawk adalah aplikasi musik yang bisa terbilang baru, karena baru stable release tahun 2015. Aplikasi musik ini dibuat dari sistem Linux dan bersifat open source. Kompatibilitasnya nggak terbatas hanya pada Windows 10, namun juga bisa digunakan oleh Mac dan Android (beta).

Secara tampilan, Tomahawk tampil cukup beda dari aplikasi musik pada biasanya. Karena itu, kamu mungkin membutuhkan beberapa waktu untuk dapat menyesuaikan dengan operasinya. Namun kalau kamu sudah terbiasa, enteng deh pakainya!

Salah satu fitur yang paling berbeda dapat kamu lihat di sisi kiri, yaitu kolom Charts dan New Release. Fitur kamu bisa melihat lagu terfavorit sekarang serta daftar lagu-lagu yang baru di rilis dalam papan musik.

Kemudian, berbeda dengan aplikasi musik lain, Tomahawk terhubung langsung dengan aplikasi-aplikasi musik online seperti SoundCloud atau Grooveshark. Jadi, sebelum kamu dapat mengoperasikan, kamu perlu memilih aplikasi musik online yang ingin kamu hubungkan terlebih dahulu.

Setelah memilih, maka kamu dapat mencari lagu yang ingin kamu dengar dari library gadget-mu atau library aplikasi musik online pilihan. Lagu yang ditemukan akan selalu tercantum sumbernya.

Nggak cuma itu, Tomahawk akan memberikan usulan untuk lagu-lagu populer lainnya dari artis yang sama, atau nama-nama artis dan band dengan lagu yang serupa dengan lagu yang kamu dengar.

Selain itu, Tomahawk juga menyediakan fitur history untuk lagu-lagu apa saja yang pernah diputar dan kamu dapat menandai lagu-lagu favoritmu. Lalu, ada juga fitur inbox, di mana kamu bisa mendengarkan lagu dari daftar musik temanmu (sesama pengguna Tomahawk) atau mendengar satu lagu berbarengan.

Kesimpulan

Tomahawk dengan fitur pencarian online dan usulan pilihan lagu serupa membedakan aplikasi musik Windows 10 ini dengan yang lain. Tomahawk memang bukan aplikasi musik ringan seperti MusicBee atau Foobar2000, tapi dengan fitur baru yang unik ini, Tomahawk pantas disebut salah satu aplikasi musik terbaik untuk Windows 10.

Jika kamu tertarik, langsung aja kunjungi halaman unduhnya di sini !

Clementine

aplikasi musik windows 10Sumber: Clementine
Clementine adalah aplikasi musik yang berasal dari sistem operasi Linux. Clementine mengambil inspirasi dari aplikasi musik Linux lainnya, yaitu Amarok. Amarok merupakan aplikasi musik yang lebih dulu muncul, dan sekarang telah menjadi aplikasi musik modern yang terlalu beragam dan rumit menurut banyak ‘mantan’ penggemarnya, jadi kita lewatkan.

Untuk itu, Paweł Bara dan Arnaud Bienner menciptakan aplikasi musik yang lebih sederhana namun powerful , si Clementine, berdasarkan sistem Amarok versi 1.4. Clementine berpenampilan sederhana terdiri dari kolom di sisi kiri, yang berisi search, library, files, playlists, internet, devices, song Info, artist Info, dan judul lagu dimuat di tengah.

Clementine memiliki kemampuan manajemen lagu yang baik. Cukup masukkan semua koleksi lagumu, dan Clementine akan mengorganisirnya dengan rapi sesuai sortir yang kamu pilih. Clementine juga dapat diakses secara mobile dengan memiliki aplikasi versi Android pada mobile gadget.

Clementime juga memungkinkanmu untuk mengkases lagu melalui penyimpanan dari platform online, seperti Last.fm, Jamendo, Dropbox, dan Spotify. Format yang dapat dibaca adalah MP3, WAV, AAC, dan FLAC, dan dapat mengkonversi data ke format MP3 dan FLAC. Kamu juga bisa mendengarkan radio di aplikasi musik ini.

Kesimpulan

Tampilan sederhana dengan kemampuan proses yang tangguh merupakan keunggulan Clementine. Selain itu, aplikasi musik ini bersifat multi-platform, sehingga dapat diakses oleh berbagai sistem operasi. Jika kamu mau aplikasi musik modern berkualitas tapi tidak terlalu rumit, Clementine adalah solusinya.

Jika kamu tertarik, langsung aja kunjungi halaman unduhnya di sini!

iTunes

aplikasi musik windows 10Sumber: Daniela Ørvik
Untuk memiliki iTunes, kamu nggak harus menggunakan sistem operasi Mac OS, Windows juga bisa kok! Hal ini dikarenakan iTunes memang program cross-platform sehingga juga dapat diunduh ke sistem operasi lain.

Secara tampilan, iTunes tampil dengan gaya khas produk Apple. Berwarna ke abu-abuan mengkilap dengan desain berkesan mewah. Seperti pada umumnya, produk Apple dibuat secara eksklusif, sehingga pengguna tidak dapat merubah tampilan sesuka hati. Tombol-tombol kontrol audio tertata dengan rapi, sehingga tidak sulit untuk digunakan.

Secara audio, iTunes memberikan kualitas yang relatif baik. Dengan iTunes, kamu bisa mengunduh lagu, video, acara TV, audio film, audiobooks, podcast dan nada dering untuk iPhone secara online.

iTunes juga memiliki akses ke lagu yang dirilis secara eksklusif. Jadi, untuk beberapa lagu hanya dapat kamu unduh hanya melalui iTunes. Lagu yang sudah ada di library iTunes-mu, dapat kamu nikmati juga di berbagai perangkat Apple yang kamu miliki.

iTunes juga dapat melakukan proses burn lagu ke CD atau DVD. Aplikasi musik Windows 10 ini dapat membaca (sekaligus konversi) data dalam berbagai format seperti MP3, AIFF, WAV, MPEG-4, AAC, dan M4A.

Aplikasi musik ini juga merangkap sebagai aplikasi video. Kamu dapat menonton streaming film-film layar lebar jika terhubung dengan wi-fi. iTunes juga memiliki fitur radio, yaitu Beats 1, yang dibawakan oleh Zane Lowe dan tim DJ ternama. iTunes juga memiliki fitur iTunes DJ.

Fitur lain yang menonjol dari iTunes adalah family sharing. Jadi dari satu keluarga dengan maksimal 6 orang (semua pengguna iTunes), cukup 1 orang yang membeli sebuah lagu atau video, maka anggota keluarga lain dapat mengunduhnya juga! Indahnya berbagi.

Kesimpulan

iTunes merupakan pilihan aplikasi musik canggih dan mudah digunakan. Desain tampilan mewah juga menjadi nilai tambah bagi iTunes. Karena iTunes dapat sinkron dengan sangat baik dengan perangkat Apple lainnya, sangat wajar bila kamu pengguna gadget Apple, memilih iTunes sebagai aplikasi musik pilihan untuk Windows 10.

Jika kamu, tertarik langsung aja kunjungi halaman unduhnya di sini!

aTunes

aplikasi musik windows 10Sumber: aTuners
aTunes adalah aplikasi musik yang dibuat untuk mengusung ‘kesederhanaan’ dan ‘fungsionalitas’. Tampilannya rapi dan sederhana, Tidak ada menu, namun banyak tombol konfigurasi yang cukup membingungkan, serta opsi yang jarang digunakan.

Tapi tidak seperti tampilannya, aTunes merupakan aplikasi open source dan berfungsi sangat efisien. Cukup masukan beberapa folder berisikan file audio, maka aTunes akan mengorganisirnya dengan rapi. Smart playlist dan penandaan otomatis membuat aTunes menjadi salah satu aplikasi manajemen musik terbaik.

aTunes dapat membaca data berformat MP3, AAC, WMA, FLAC, and WAV. Fitur radio dan Last.fm juga dapat dinikmati. aTunes merupakan aplikasi multi-platform sehingga dapat digunakan oleh berbagai sistem operasi.

Kesimpulan

aTunes cocok bagi kamu yang menggunakan aplikasi musik untuk menikmati lagu secara santai. Buat kamu yang suka produk simple, efisien, dan efektif. Selain itu, karena dapat sinkron dengan semua sistem operasi, aTunes dapat menjadi alternatif iTunes bagi pengguna produk sistem operasi iOS.

Jika kamu tertarik, langsung aja kunjungi halaman unduhnya di sini!

Audacious

aplikasi musik windows 10Sumber: Windows10download
Audacious, tidak jauh berbeda dengan aTunes, adalah aplikasi musik simple dan bergaya retro.
Tampilannya menyerupai Winamp dan XMMS (aplikasi original Linux). Ketika kamu membuka aplikasi musik Windows 10 ini, kamu akan melihat tampilan simple GTK. Kemudian, kamu hanya perlu memasukkan folder berisi lagu, tekan tombol play, nikmati lagumu sesuka hati.
Audacious dilengkapi dengan kemampuan untuk mengatur lagu untuk diputar gapless, menghilangkan lagu yang terduplikasi dan mengedit informasi lagu seperti judul, artist, genre, dan informasi spesifik lainnya.

Namun keunggulan kecil Audacious terletak pada kemampuannya untuk menemukan lagu yang ingin dicari dengan sangat cepat, hanya dalam beberapa detik. Di samping itu, aplikasi musik WIndows 10 ini juga hanya membutuhkan RAM kecil untuk memberikan kualitas audio yang baik.

Kesimpulan

Buat kamu yang merasa lebih cocok dengan aplikasi musik klasik seperti Winamp, atau menginginkan aplikasi musik Windows 10 yang ringan tetapi tetap berkualitas, Audacious tentu menjadi pilihan yang tepat.

Jika kamu tertarik, langsung aja kunjungi halaman unduhnya di sini!

VLC Media Player

aplikasi musik windows 10Sumber: imElfin
VLC Media Player bisa dibilang adalah aplikasi media klasik dan cukup populer digunakan. Pada umumnya, aplikasi ini digunakan untuk membuka file video. Namun untuk file lagu dan audio lainnya, VLC Media Player tetap merupakan pilihan yang oke.

Jadi, VLC Media Player juga merupakan aplikasi musik Windows 10 yang cukup reliable. Aplikasi ini menyediakan fitur radio, dan pada kolom playlist kamu dapat mengedit tags, judul, artist, album, genre pada lagu.

Keunggulan VLC Media Player selain dapat membaca beragam format, adalah kecepatan proses loading. Manajemen tata letak lagu juga termasuk rapi. Transisi dari satu file ke file lain nggak begitu terasa.

Untuk melakukan editing audio, file ini cukup oke. Kamu bisa menentukan bagian yang ingin dipotong, disimpan dengan format apa, dan dengan frekuensi kesukaanmu. Kualitas hasil edit cukup bersih dan lancar, nggak korup seperti pada hasil sunting aplikasi lain.

Kesimpulan

Buat kamu yang menginginkan sebuah aplikasi musik Windows 10 yang bisa memutarkan lagu dan bisa buat menonton sekaligus, VLC Media Player pilihanmu. Memang nggak terlalu menonjol jika dibandingkan dengan MediaMonkey atau MusicBee, namun untuk sebuah aplikasi gratis yang bisa melakukan banyak hal seperti ini, VLC cukup menyenangkan untuk dipakai.

Jika kamu tertarik, langsung aja kunjungi halaman unduhnya di sini!

Silahkan cek tabel ini untuk mempermudahmu membandingkan aplikasi musik terbaik untuk WIndows 10 di atas!
aplikasi musik windows 10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *