memilih smartphone

7 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Smartphone

Kebutuhan manusia akan smartphone saat ini hampir menyamai kebutuhan akan sandang dan pangan. Bukan hanya untuk kebutuhan komunikasi, smartphone juga dapat memudahkan aktivitas sehari-hari dengan berbagai aplikasinya yang beragam. Nggak heran memilih smartphone bisa jadi pekerjaan yang sulit.

Hal ini dikarenakan penting bagi kamu untuk menemukan smartphone yang sesuai dengan kebutuhan kamu serta dapat digunakan dalam jangka waktu lama untuk menghindari keborosan. Kira-kira apa saja ya, yang perlu diperhatikan dalam memilih smartphone agar nggak salah pilih? Berikut ini 7 di antaranya.

Baca juga: Pengguna Smartphone Android? Pasti 7 Fitur Tersembunyi Smartphone Ini Bisa Mengejutkanmu!


Memilih Smartphone

1. CPU dan RAM

memilih smartphoneSumber: gillware

Sama seperti komputer, CPU dalam smartphone merupakan otak yang menjalankan seluruh sistem operasi dalam smartphone. Semakin bagus CPU, maka semakin lancar pengoperasian smartphone dengan berbagai aplikasi. CPU dual core merupakan standar yang paling direkomendasikan. Diatas itu, mungkin smarphone bisa bekerja lebih baik, namun semua itu kembali lagi ke kecepatan dari setiap core tersebut. Kecepatan CPU yang masih bisa ditoleransi adalah yang berada diatas 1GHz.

Sedangkan RAM fungsinya untuk menyeimbangkan berbagai perangkat saat smartphone kamu sedang digunakan untuk multitasking atau membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Pilih smartphone yang memiliki RAM minimal 1 GB untuk menghindari kinerja smartphone yang lemot.

2. Memori Internal

memilih smartphoneSumber: Robert Triggs

Memori internal yang besar tentu memberi ruang yang besar juga untuk kamu men-download lebih banyak aplikasi. Beberapa sistem aplikasi memang bisa dipindahkan ke memory card, namun ada juga beberapa aplikasi yang sebaiknya nggak dipindahkan ke memory card seperti aplikasi chatting atau aplikasi yang membutuhkan sinkronisasi untuk menghindari hilangnya data saat memory card dicopot. Biasanya, kapasitas penyimpanan yang disarankan adalah 2GB

Jadi, pastikan kamu memilih smartphone dengan memori internal yang sesuai kebutuhan, ya!

3. Display Layar

memilih smartphoneSumber: Gadgetin

Poin selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah tampilan layar. Display layar yang direkomendasikan adalah tipe IPS (in-Plane-Switches) yang memiliki 16 juta warna serta mendukung multitouch.

Tujuannya untuk memudahkan kamu saat beraktivitas dengan smartphone dalam segala jenis kondisi cahaya. Selain itu, gambar yang dihasilkan juga lebih tajam dengan resolusi HD.

Baca juga: Kinerja Smartphone Kamu Bisa Diukur Pakai 6 Aplikasi Ini!

4. Kualitas Kamera

memilih smartphoneSumber: Flipkart Stories

Bukan hanya untuk selfie, kualitas kamera smartphone yang baik juga bisa membantu kamu mengabadikan berbagai momen penting. Pilih kamera smartphone dengan ukuran megapiksel yang besar, mislanya diatas 8 MP. Perhatikan juga fitur-fitur kamera lainnya.

Nggak hanya itu, perhatikan juga kualitas kamera saat pengambilan video, agar setiap momen penting yang lewat di hadapan kamu bisa kamu abadikan dengan cepat dengan menggunakan smartphone tanpa harus repot-repot mengambil dulu kameramu.

5. Jaringan dan Konektivitas

memilih smartphoneSumber: Amrillah Wardi

Apalah artinya smartphone tanpa jaringan dan konektivitas yang memadai? Nah, agar aktivitas kamu di smartphone makin lancar dan nggak terhambat dengan loading yang memakan waktu lama, pastikan smartphone yang kamu pilih sudah memiliki jaringan 3G atau HSDPA, lebih bagus lagi kalau sudah memiliki jaringan 4G LTE.

6. Kekuatan Baterai

memilih smartphoneSumber: WallpapersCraft

Tentu kamu nggak mau bukan, jika smartphone baru kamu harus di-charge lebih dari satu kali dalam sehari hanya karena kamu terlalu asyik bermain smartphone? Kalau terus-terusan di-charge, kapan bisa mainnya? Nah, jadi pastikan kamu memilih smartphone yang memiliki kemampuan baterai minimal 2000mAh atau lebih besar.

7. Desain

memilih smartphoneSumber: genpromobile

Pemilihan desain smartphone juga penting agar nyaman saat digunakan sehari-hari. Misalnya design smartphone yang enak digenggam dan mudah dimasukkan ke dalam saku baju atau saku tas. Selain itu, desain smartphone yang keren juga bisa mendukung gaya kamu agar lebih fashionable. Sehingga kamu bisa lebih pede saat memakainya.

Baca juga:  Perbandingan GENPRO X dengan Smartphone Sekelasnya!


Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih smartphone agar aktivitasmu sehari-hari makin mudah dan asyik. Penting juga untuk memilih smartphone yang memiliki desain yang keren dan kekinian. Namun di atas itu semua, lebih penting lagi untuk mempertimbangkan kemampuan operasinya agar smartphone kamu terhindar dari penyakit loading lama.

Salah satu smartphone yang bisa kamu coba adalah GENPRO X yang nggak hanya sudah dilengkapi jaringan 4G tetapi juga spesifikasi lainnya yang kompatibel.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *