android nougat

Perbandingan Android Nougat VS. Android Marshmallow!

Bagi para pengguna smartphone ataupun tablet yang berbasis Android OS, sebuah update tentang OS baru bagaikan mendengar kabar baik yang sangat ditunggu-tunggu. Umumnya, setiap OS memberikan tampilan serta fungsi-fungsi baru yang sangat canggih. Termasuk juga Android Nougat.

Belakangan ini, Android juga sudah merilis OS terbarunya yaitu OS Nougat yang berhasil menarik perhatian banyak pengguna Android OS.

Kira-kira apa saja sih perbedaan Android Nougat dengan Android versi sebelumnya yakni Android Marhsmallow? Yuk, simak beberapa perbedaannya disini.

Baca juga: 7 Fungsi Tersembunyi Smartphone yang Jarang Diketahui!


Android Nougat VS Android Marshmallow

1. Fitur split screen

Android NougatSumber gambar: 9to5 Google

Fungsi yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh semua pengguna smartphone Android kini telah hadir!

Ya, sekarang kamu sebagai pengguna sudah bisa melakukan dua aktivitas di smartphone secara bersamaan.

Fitur multitasking ini memang sudah ada sejak Android Marshmallow. Namun, sayangnya karena masih bersifat eksperimental, kamu harus melakukan beberapa langkah untuk menggunakan fitur ini.

Tapi, untungnya Android melakukan upgrade yang cukup cepat. Dengan versi Nougat, sekarang kamu bisa menikmati fitur multitasking di dalam satu layar tanpa harus menyetelnya terlebih dahulu.

2. Fitur Doze On The Go

Android Nougat

Sumber gambar: Lifehacker

Fitur penyelamat daya baterai pada smartphone ini memang sudah dibuat semenjak Android merilis OS-nya yang lama, Marshmallow.

Pada Android Marshmallow, fitur Doze akan secara otomatis berfungsi ketika smartphone berada pada keadaan idle dalam waktu yang cukup panjang. Fitur Doze ini dibuat khusus untuk menghemat daya baterai yang umumnya menjadi sumber masalah semua pengguna smartphone.

Tapi, dengan fitur Doze On The Go yang baru diimplementasikan pada Android versi Nougat ini, smartphone nggak perlu lagi menunggu beberapa saat untuk berada dalam mode doze (tidur).

Ketika kamu menekan tombol kunci pada smartphone, maka secara otomatis smartphone akan masuk ke mode doze.

Kalau dengan Android Marshmallow, baterai bisa lebih hemat, dengan Android Nougat baterai kamu juga dijamin akan jauh menjadi lebih hemat.

3. Sistem notifikasi yang lebih canggih

Android NougatSumber gambar: Mobigyaan

Ini dia salah satu fitur Android versi Nougat yang paling sering didiskusikan. Pada Android Marhsmallow, sistem notifikasi nggak terlalu banyak diubah.

Namun, di Android Nougat, kamu bisa menerima notifikasi pada panel atas layar smartphone. Nggak hanya itu, kini kamu juga bisa langsung membalas pesan dari notifikasi yang kamu terima tanpa harus keluar dari aplikasi yang sedang kamu gunakan,

Selain itu, notifikasi bisa kamu terima dari beberapa aplikasi sekaligus, lho.

4. Pengaturan untuk lebih hemat data

Android NougatSumber gambar: Geralt

Dengan paket data yang tersedia di Indonesia, kehematan menjadi sebuah ’skill’ alias kemampuan yang harus kamu kuasai. Apalagi ketika mengingat mahalnya harga paket yang disediakan.

Nah, paket yang seringkali habis umumnya disebabkan oleh aplikasi yang berjalan pada sistem background. Tanpa sepengetahuanmu, aplikasi-aplikasi yang terus berjalan walaupun kamu sudah keluar dari aplikasinya ini bisa menguras kuota data paket kamu.

Karena alasan inilah, Android Nougat mengeluarkan fitur baru yang bisa menyelamatkan kamu dari mahalnya paket data.

Sebenarnya, pada Android Marshmallow, kamu juga bisa menghemat kuota data, lho. Namun memang nggak sepraktis seperti pada Android Nougat. Dengan versi Marshmallow, kamu masih harus memasukki tampilan settings, dan menyalakan data restriction on background pada tiap aplikasi. Sedangkan pada Android versi Nougat, kamu hanya perlu memasukki tampilan settings dan langsung menyalakan fitur data saver mode yang otomatis menghapus penggunan kuota data pada semua aplikasi.

5. Emoji yang lebih bervariasi

Android NougatSumber gambar: Dailymail

Siapa sih yang belum pernah menggunakan emoji dalam aktivitas chatting-nya sehari-hari? Bahkan konon katanya, emoji bisa menggambarkan ekspresi hati lebih dari kata-kata, lho.

Namun, walaupun begitu banyak pengguna yang masih merasa kumpulan emoji nggak terlalu bervariasi. Untuk mengatasi hal ini, Android Nougat telah menambahkan varian emoji pada keyboard-nya.

Bahkan Google telah berencana untuk menambahkan 13 emoji baru yang menggambarkan emansipasi wanita, lho. Wah, emoji pun sekarang mengikuti perkembangan tren dunia, ya.

Selain menambahkan emoji-emoji baru, Android Nougat juga mengubah beberapa bentuk emoji yang ada pada versi sebelumnya, Marshmallow. Emoji pada Android Nougat tampak lebih flat dan sederhana dibandingkan dengan emoji pada Marshmallow.

6. Performa yang lebih baik

Android NougatSumber gambar: The Android Point

Untuk kecepatan performa, Android Marshmallow memang sudah terbukti lebih cepat dalam memproses aktivitas di smartphone.

Benchmark pada AnTuTu menunjukkan nilai Marshmallow 73960 / Nougat 65162, sementara pada GeekBench 4 nilai menunjukkan Marshmallow (1218 single-core dan 2281 multi-core) / Nougat ( 687 single-core dan 1908 multi-core).

Walaupun demikian, Android Nougat menggunakan grafik API yang lebih baru, yakni Vulcan. Kecepatan boleh kalah dari Android Marshmallow, tapi dari segi kualitas grafik, Android Nougat adalah pemenangnya.

Baca juga: Memaksimalkan Kinerja RAM Smartphone dengan 5 Tips Ini


Nah, dengan keenam fitur baru dari Android Nougat ini, kamu pun bisa semakin leluasa menggunakan smartphone kamu. Untuk menikmati fitur-fitur ini, pastikan kamu mempunyai gadget yang memadai dengan OS Android yang tentunya Nougat.

Bagi kamu yang bingung dalam memilih gadget canggih dengan harga bersahabat. Nggak perlu repot lagi, kini Genpro sudah hadir dengan smartphone terbarunya, Genpro X. selamat menikmati kecanggihan Android, guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *