aplikasi bisnis

7 Aplikasi Rekomendasi Buat Kamu yang Mau Memulai Bisnis

Aplikasi Bisnis – Saat baru memulai bisnis, momok terbesar yang seringkali mendera para pelaku bisnis adalah masalah pembengkakan anggaran. Hal ini seringkali tidak terhindarkan, terlebih karena kurangnya pengalaman ataupun kondisi lapangan yang tidak terduga. Apalagi untuk pebisnis baru, banyak hal mengejutkan di sisi operasional yang dapat membuat panik.

Memang, pasti akan banyak pengeluaran di awal sebagai biaya mengembangkan usaha. Untungnya, dengan perkembangan teknologi, pengelolaan bisnis juga menjadi dipermudah. Nah, apa saja sih teknologi yang dapat kamu manfaatkan melalui smartphone-mu? Simak 7 aplikasi bisnis yang wajib kamu miliki berikut!

Baca juga: Kerja Lewat Smartphone Kapan Saja dan Dimana Saja? Yuk, Lihat 5 Tips Ini!


Aplikasi Bisnis Android

1. Aplikasi Keuangan

aplikasi bisnis androidSumber: Christian Ali

Untuk meminimalisasi biaya ketika memulai usaha, kamu dapat melewatkan rekrutmen staf keuangan. Tidak perlu mencemaskan perhitungan keuangan, karena sekarang ini sudah banyak aplikasi untuk mengorganisir laporan keuangan bisnis. Sebagai contoh, kamu dapat mencoba Expensebot ataupun Money Lover.

Cara kerja aplikasi-aplikasi bisnis tersebut juga terbilang user friendly. Di Money Lover, kamu cukup memasukkan transaksi-transaksi berdasarkan kategori. Pada akhir proses, Money Lover memberikan pembukuan usaha sesuai dengan pengeluaran dan pemasukan yang sudah dirapihkan berdasarkan kategori yang sesuai.

Begitupun Expensebot yang menyediakan ruang untuk memotret struk pembelanjaan sehingga struk-struk pembelanjaanmu lebih rapih dan terorganisir sesuai dengan transaksi yang terjadi.

Baca juga: Aplikasi Keuangan Terbaik untuk Smartphone Android Kamu!

2. Aplikasi Chatting dan Social Media

aplikasi bisnis androidSumber: Luke Daniels

Mau bisnis atau tidak, aplikasi chatting dan social media sudah pasti wajib ada di gadget kamu. Selain untuk kemudahan proses komunikasi dengan rekan bisnis, social media juga akan memperlebar peluangmu untuk mendapatkan rekanan atau pelanggan potensial dengan promosi bisnis secara online.

3. Mobile Banking

aplikasi bisnis androidSumber: Karl Flinders

Seringkali, para pelaku bisnis membutuhkan layanan bank seperti transfer untuk membayar keperluan operasional ataupun memeriksa nilai saldo bank terbaru. Nah, daripada pergi keluar atau mencari ATM dulu saat di perjalanan, tentu mobile banking akan menjadi penyelamat di saat-saat genting tersebut.

4. Cloud Computing atau File Sharing

aplikasi bisnis androidSumber: IT Weapons

Nah, aplikasi ini memang penting untuk menyimpan dokumen bisnis secara praktis. Cukup dengan gadget yang kamu pegang dan saluran internet, kamu bisa mengakses dokumen bisnismu di manapun kamu berada!

Jangan khawatir juga soal keamanannya, aplikasi file sharing seperti Dropbox juga menyediakan layanan premium untuk memberikan keamanan dari hacker atau ancaman cyber lainnya.

5. Pengelola Email

aplikasi bisnis androidSumber: Shutterstock

Kamu tentunya nggak mau ketinggalan info kan kalau ada ajakan kerjasama dari rekan bisnis potensial yang baru kamu kenal? Dengan memasang aplikasi email, kamu bisa mendapatkan notifikasi secara instant dan kamu juga dapat meresponnya secara cepat. Tentunya hal tersebut akan memberikan kesan tanggap dan juga menunjukkan kesiapan sebagai pebisnis.

6. Aplikasi Berita atau Media Inspirasi

aplikasi bisnis androidSumber: Newsroom

Jangan menganggap remeh berita terbaru dari media ya. Siapa tahu kamu akan mendapatkan inspirasi untuk model bisnismu atau pengembangan produkmu. Lagipula, bisnis juga harus fleksibel mengikuti tren. Jadi, jangan malas-malas update berita ya biar bisnismu nggak kalah dari toko sebelah.

7. Notes

aplikasi bisnis androidSumber: Keyword Suggest

Kamu tidak dapat menduga kapan datangnya suatu ide. Bisa saja ide datang saat kamu duduk-duduk di taman, saat sedang menunggu temanmu di toilet, atau bahkan saat mengantre soto ayam. Jadi, wajib bagi kamu untuk memasang aplikasi notes di gadget kamu untuk mengantisipasi datangnya ide tersebut.

Selain itu, notes juga penting untuk mencatat janji-janji meeting yang berkaitan dengan bisnis, mencatat target bisnis dan proses pencapaiannya, dan hal-hal internal yang perlu diurus.

Baca juga: Koleksi Aplikasi Agenda Dan Jurnal Terbaik Untuk Windows 10


Dari ketujuh aplikasi yang disarankan di atas, manakah yang menurutmu paling krusial? Apakah kamu ada saran aplikasi lainnya?

Aplikasi di gadget kamu memang sangat menunjang kelancaran bisnismu. Jadi, anggarkan juga dana untuk membeli gadget yang memadai. Tidak perlu mahal-mahal, kamu bisa mencoba smartphone GENPRO X. dengan jaringan 4G serta RAM sebesar 2GB, tentunya kamu akan semakin mudah menjalankan bisnismu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *