11 Aplikasi Edukasi Terbaik untuk Windows 10

Berbicara mengenai aplikasi tambahan pada windows 10, biasanya para mengguna memilih untuk mengunduh aplikasi yang bersifat menghibur. Sebut saja aplikasi games untuk mengusir kebosanan, aplikasi music player untuk mendengarkan lagu, ataupun hiburan lainnya.

Namun tahukah kamu, kalau aplikasi di Windows juga banyak yang berguna buat menambah wawasan kamu? Selain itu, ada juga aplikasi yang dapat menunjang aktivitas pendidikanmu. Penasaran? Ini dia 11 aplikasi edukasi yang harus kamu coba!

1. Duolingo

aplikasi edukasiSumber: Google Play

Pernah kepikiran untuk bekerja di luar negeri? Atau mungkin sudah punya rencana untuk jalan-jalan keliling Eropa? Well, apapun alasannya, tidak ada salahnya kita menguasai bahasa asing. Semakin banyak bahasa yang kita ketahui, semakin besar pula kesempatan kita untuk berkembang!

Nah, buat kamu yang semangat banget mau belajar tanpa mengeluarkan uang banyak, Duolingo bisa jadi solusinya! Duolingo adalah aplikasi edukasi yang memungkinkan kamu untuk belajar bahasa asing secara online.

Cara belajarnya juga beragam, karena Duolingo mencakup lebih dari 60 kursus yang mengajarkan 23 jenis bahasa. Kamu bisa berlatih dengan menjawab beragam pertanyaan yang terdiri dari berbagai level kesulitan. Desain aplikasi Duolingo juga sederhana, sehingga menyamankan pengguna.

2. iMath

aplikasi edukasi

Sumber: bestwindows8apps

Tak sedikit siswa sekolah yang kesulitan memahami pelajaran matematika. Jika salah satu teman atau anggota keluargamu merasakan hal serupa, kamu bisa merekomendasikan aplikasi edukasi yang satu ini.

iMath dikembangkan untuk membantu meningkatkan kemampuan berhitung anak-anak hingga mereka menyukai matematika.

Dengan tampilan yang menarik, iMath menawarkan 3 fitur utama yaitu:
– Perhitungan dasar: tersedia 20 topik dan lebih dari 900 cara berhitung
– Perhitungan cepat: aritmatika, persamaan linear, penambahan, perkalian, pembagian dan pengurangan desimal dan lainnya. Serta dapat dimainkan dengan 2 player.
– Permainan matematika: Sudoku, 24, dan Math for Speed.

3. My Study Life

aplikasi edukasiSumber: Windows Blog

My Study Life bisa menjadi aplikasi andalanmu untuk mendukung kehidupan sekolah ataupun kuliah. Aplikasi ini mampu mengintegrasikan kegiatan akademis, seperti deadline tugas, jadwal kelas, jadwal ujian, dan jadwal lainnya ke dalam agenda harianmu.

Semua aktivitas yang padat tersebut nantinya akan tersaji secara simple dan menarik di aplikasi My Study Life. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan file tugas dan ujian di jadwal kelas yang bersangkutan.

Aplikasi edukasi ini juga mendukung sinkronisasi data dari perangkat yang berbeda, jadi jika agenda yang kamu tambahkan dari mobile akan langsung terintegrasi di versi web

4. Sway

aplikasi edukasiSumber: Office Blog

Dibandingkan dengan aplikasi edukasi lainnya, Sway tergolong aplikasi baru karena diluncurkan oleh Microsoft di tahun 2015. Aplikasi ini lebih cocok buat kamu yang memiliki tugas presentasi, namun ingin menyajikannya dalam bentuk interaktif agar mendapatkan nilai extra. Dengan Sway, kamu bisa memanfaatkan kreativitasmu dengan fitur-fitur yang mudah untuk digunakan.

Kamu bisa menambahkan konten dari situs lain sebagai sumber. Selain itu, presentasi juga bisa diintegrasikan dengan aplikasi Microsoft lainnya seperti OneNote dan Bing. Jika perlu, kamu juga bisa menggabungkan layanan YouTube, Facebook, dan Mixcloud.

5. Khan Academy

aplikasi edukasiSumber: wikia

Jika kamu adalah tipe pembelajar yang lebih cepat mengerti dengan cara visual, ini adalah aplikasi yang wajib kamu coba. Kenapa? Karena di dalam aplikasi edukasi ini terdapat sekitar 6.000 video yang mengajarkan beragam ilmu pengetahuan. Mulai dari biologi, kimia, fisika, matematika, dan masih banyak lagi mata pelajaran yang dilengkapi tutorial.

Namun, Khan Academy tidak hanya mencakup pelajaran yang ada di bangku sekolah loh. Kamu juga bisa menemukan berbagai informasi lainnya untuk memperluas pengetahuanmu. Yang lebih serunya lagi, aplikasi Khan Academy dapat kamu gunakan secara gratis!

6. Periodic Table

aplikasi edukasiSumber: nemusi

Aplikasi edukasi berikutnya mungkin lebih cocok buat kamu yang memilih jurusan IPA di bangku SMA atau sedang mendalami ilmu kimia. Tabel periodik merupakan senjata wajib dalam menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan unsur kimia.

Lalu kalau hanya untuk melihat tabel periodik, kenapa harus download aplikasinya segala? Tenang, aplikasi ini tentunya bisa memudahkanmu dalam beberapa hal. Contohnya seperti:
Mengatur tabel custom berdasarkan warna kode unsur kimia
Multiple view
Tampilan yang menarik yang dilengkapi informasi unsur kimia

7. National Zoo

aplikasi edukasiSumber: windows store

Tertarik mempelajari lebih tentang aneka ragam satwa yang tidak mudah ditemukan? Kini kamu tidak perlu jauh-jauh ke luar kota hanya untuk bertemu dan mengetahui berbagai jenis hewan lho. Kamu bisa mengunduh aplikasi edukasi bernama “National Zoo” di Windows Store.

Ingin melihat lucunya seekor panda secara langsung? Coba deh aktifkan fitur live webcam yang ada di aplikasi lalu klik pada gambar panda, maka kamu akan tersambung langsung ke kamera yang sedang meliput si panda. Aplikasi edukasi ini juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan updates langsung via twitter dan juga informasi mengenai event di National Zoo.

8. MathQuiz

aplikasi edukasiSumber: windows store

Seperti yang kita ketahui, agar mampu menguasai ilmu tertentu dibutuhkan latihan yang rutin. Buat kamu yang ingin lebih mahir dalam kemampuan berhitung, cobain deh aplikasi edukasi ini. MathQuiz adalah tempat yang oke untuk belajar dengan cara yang asik. Yang perlu kamu lakukan adalah dengan menjawab pertanyaan matematika dalam batas waktu yang ditentukan.

Agar lebih sesuai dengan kemampuanmu, kamu juga bisa memilih tingkat kesulitan dan juga jenis pertanyaan yang ingin dikerjakan. Yuk, asah kemampuan berhitungmu sekarang!

9. Weird but true

aplikasi edukasiSumber: windows store

Tahukah kamu kalau seekor kelelawar bisa mengonsumsi hingga 3.000 serangga dalam satu malam? Atau tentang yo-yo terbesar yang tingginya mencapai 3 meter? Ya, beberapa fakta unik seperti itulah yang akan kamu dapatkan dengan mengunduh aplikasi edukasi besutan National Geographic Kids ini.

Serunya, kamu tinggal scroll untuk membaca fakta berikutnya yang juga dilengkapi dengan efek suara mendukung. Dengan begitu, membaca jadi lebih menyenangkan bukan?

10. Star Chart

aplikasi edukasiSumber: windows store

Star Chart adalah aplikasi edukasi yang memudahkan penggunanya untuk menjelajahi alam semesta yang ada di luar bumi. Tidak hanya matahari, kamu juga bisa melakukan tur ke bintang-bintang lainnya.

Aplikasi ini memiliki desain tampilan yang sederhana, sehingga kamu tak akan kebingungan saat menggunakannya. Informasi yang tersedia juga sangat lengkap, seperti seberapa jauh masing-masing planet dan bintang dari bumi.

Selain itu, pencarian bintang pada aplikasi ini juga dapat dilakukan melalui voice command seperti “Fly to”, “look at”, atau “tour”, lalu susuli nama bintang atau planet yang ingin kamu kunjungi. Kamu bahkan bisa memperbesar tampilan pada planet tertentu hingga terlihat sangat nyata. Menarik bukan?

11. Allrecipes

aplikasi edukasiSumber: windows store

Berbeda dengan aplikasi edukasi lainnya, Allrecipes menjadi solusi buat kamu yang tertarik belajar masak, tapi bingung untuk memulai. Aplikasi ini menyajikan lebih dari 50.000 pilihan resep masakan lezat yang selalu di-update setiap minggunya.

Tak perlu khawatir jika kamu bingung masakan apa yang ingin kamu coba, karena Allrecipes juga memiliki fitur rekomendasi berdasarkan bahan masakan yang kamu miliki. Setelah memilih satu dari opsi yang diberikan, kamu akan mendapatkan langkah memasak dan juga informasi nutrisi yang terkandung dalam masakan tersebut.


Bagaimana? Aplikasi mana yang paling menarik buat kamu? Kalau penasaran, jangan khawatir untuk cobain satu per satu, karena semua aplikasi di atas gratis! Apalagi Windows 10 kini bisa kamu temukan di tablet PC , seperti GENPRO yang membuat kegiatan belajar jauh lebih seru.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *