7 Aplikasi Kesehatan Yang Bisa Berfungsi Sebagai Dokter Pribadimu

Kesehatan memang sudah menjadi hal yang penting dan bahkan belakangan ini, trennya adalah mengutamakan kesehatan. Karena tren inilah banyak sekali makanan ataupun barang-barang yang memprioritaskan kebugaran tubuh. Sebut saja smartphone. Ya, kalau kamu perhatikan, sekarang ini sudah banyak sekali teknologi atau bahkan aplikasi kesehatan yang khusus dibuat untuk mengukur tingkat kesehatan penggunanya.

Hal ini nggak hanya sekadar keren-kerenan saja. Dengan teknologi dan aplikasi kesehatan, kamu bisa mengetahui status dan kondisi tubuhmu. Selain itu, ada beberapa aplikasi yang mencegah terjadinya penyakit-penyakit yang nggak diinginkan.

Yuk, simak teknologi dan aplikasi kesehatan apa saja yang ada di smartphone Android kamu.

Baca juga: Jaga Kemampuan Kognitifmu Agar Tetap Tajam Dengan 5 Permainan Android Pelatih Daya Ingat Ini!


Aplikasi Kesehatan Smartphone Android

1. iHealth Gluco-Smart

aplikasi kesehatan 1Sumber: iHealth

Aplikasi keluaran iHealth Labs, Inc ini nggak bisa dipungkiri lagi kegunaannya. Untuk menggunakan aplikasi pengukur kadar gula ini, kamu harus mempunyai wireless Glucometer keluaran iHealth Labs.

Nggak perlu repot lagi bermacet-macet ria ke rumah sakit dan mengantri untuk mengukur kadar gula darah. Sekarang, cukup melakukan tes dengan wireless Glucometer dan ketahui hasil kadar gula darahmu melalui smartphone.

Aplikasi iHealth Gluco-Smart ini nggak hanya memberitahu hasil kandungan gula darah, tapi juga memonitor kadar gula darahmu dari waktu ke waktu.

Kamu juga bisa mengetahui kadar gula darah setelah melakukan suatu aktivitas, seperti makan dan minum. Pokoknya, penyakit diabetes bisa dicegah begitu kamu mulai menggunakan aplikasi yang satu ini deh!

2. Calorie Counter by MyFitnessPal

aplikasi kesehatan 1Sumber: Jerry Hildenbrand

Nah, bagi kamu yang selalu bermimpi untuk mempunyai tubuh sempurna, kamu wajib mencoba aplikasi Calorie Counter by MyFitnessPal. Aplikasi ini bisa mengukur kadar nutrisi pada setiap makanan yang kamu konsumsi. Fitur kerennya adalah meng-scan barcode pada kemasan makanan untuk melacak kalori pada kemasan.

Selain itu, kamu juga bisa membuat diary tentang aktivitas makan kamu. Kabarnya, aplikasi satu ini menyimpan database makanan terlengkap, lho!

Kamu juga bisa mengikuti plan untuk menurunkan berat badan yang tersedia di aplikasi ini.

3. Epocrates Plus

aplikasi kesehatan 1Sumber: Sam W. Johnson

Aplikasi Epocrates Plus adalah aplikasi yang sangat berguna bagi para dokter, farmasis, ataupun mahasiswa di bidang kedokteran dan farmasi.

Mengapa? Aplikasi ini mempunyai segudang informasi mengenai berbagai jenis obat-obatan. Mulai dari kegunaan, dosis, ataupun bahaya yang terkandung pada obat tersebut. Dengan aplikasi Epocrates Plus, kamu juga bisa mempelajari bagaimana cara mengonsumsi obat-obatan secara benar dan efektif.

Pokoknya, aplikasi ini sangat berguna jika kamu mempunyai kekhawatiran berlebih tentang obat-obatan yang diberikan kepada kamu.

4. Google Fit

aplikasi kesehatan 1Sumber: The Next Web

Bagi kamu yang ingin fitness, tapi selalu berhenti di tengah jalan, ini adalah aplikasi yang cocok buatmu.

Selain mengukur kegiatan fitness seperti jarak jalan, banyaknya langkah berjalan, kalori yang terbakar dan lainnya, kamu juga bisa membuat personal plan dan goal fitness kamu, lho.

Selain melihat aktivitas melalui smartphone, kamu juga bisa melihat aktivitasmu melalui smartwatch. Hidup dijamin menjadi jauh lebih sehat jika kamu sering memonitor aktivitas kamu sehari-hari.

5. Sleep as Android

aplikasi kesehatan 1Sumber: Google Play

Sleep as Android sangat bermanfaat untuk kamu yang selalu mempunyai masalah tidur. Baik nggak bisa tidur ketika malam hari, ataupun terlalu banyak tidur, pokoknya semua bisa diatasi melalui aplikasi yang satu ini.

Ketika alarm pada smartphone membangunkanmu secara tiba-tiba, alarm pada aplikasi ini akan membangunkan kamu dengan suara-suara yang lembut, namun efektif. Mengapa? Karena pada umumnya terbangun secara tiba-tiba justru akan mengganggu siklus tidur alami.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa membantu kamu mengatasi sleep snoring ataupun sleep apnea yang menyebabkan kamu sulit bernapas ketika sedang tidur.

Aplikasi ini juga bisa disinkronisasi dengan aplikasi Google Fit, lho. Wah, dengan begini monitor kesehatan pada smartphone pun akan semakin mudah.

6. Fabulous: Motivate Me!

aplikasi kesehatan 1Sumber: GAppsforPC

Kesehatan fisik memang menjadi hal yang sering diprioritaskan. Namun, kesehatan emosi dan kesehatan mental juga menjadi hal yang patut diperhatikan.

Aplikasi ini menyediakan beberapa tujuan yang bisa membawa kamu ke kehidupan yang lebih baik lagi. Mulai dari mengurangi kafein per harinya, sampai dengan mengajarkan kamu cara bermeditasi.

Yang menarik dari aplikasi ini, kamu diarahkan untuk menyelesaikan tiap tujuannya seperti sedang bermain game. Setelah menyelesaikan tujuan awal, tujuan selanjutnya pun akan terbuka dan kamu akan terus lanjut menyelesaikan tujuan-tujuan dari aplikasi ini.

7. iTriage Health

aplikasi kesehatan 1Sumber: Suzy Buglewicz

Nah, kini telah ada solusi bagi kamu yang suka merasa cemas sendiri ketika sakit. Untungnya, dengan iTriage Health, kamu bisa mendiagnosa kesehatanmu alami dengan cara memasukkan gejala-gejala yang kamu alami ke aplikasi. iTriage Health akan memberikan dirimu sejumlah penyebab potensial dari gejala tersebut.

Aplikasi ini dapat berperan seperti seorang dokter konsultan di kala kamu sedang jauh dari tempat tinggal. Selain itu, melalui iTriage Health, kamu juga bisa mendapatkan informasi tentang dokter dan rumah sakit terdekat, lho.

Baca juga: 7 Aplikasi Sains untuk Smartphone GENPRO X Kamu!


Semua aplikasi kesehatan ini dijamin bisa membantu kamu menjadi lebih sehat. Tapi, kamu juga harus memiliki smartphone yang mumpuni untuk menjalankan seluruh aplikasi di atas, seperti Genpro X. Yuk, menuju hidup yang lebih sehat lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *