liburan produktif

Ingin Tahu Caranya Menjalani Liburan Produktif? Gunakan 5 Aplikasi ini

Bulan Desember selalu identik dengan liburan. Apa rencana kegiatanmu di bulan liburan ini? Jalan-jalan bareng teman? Menyelesaikan buku-buku yang selama ini belum sempat kamu baca? Atau jangan-jangan kamu masih terjebak pekerjaan dan masalah bisnis yang perlu diselesaikan? Bisakah liburan kamu kali ini menjadi liburan produktif?

Apapun rencanamu pada liburan kali ini, kamu harus bisa memaksimalkan waktu dan mendapatkan liburan yang produktif. Baik produktif dalam menghibur diri, mengembangkan diri, ataupun bahkan dengan bekerja.

Bagi kamu pengguna tablet PC, ada sejumlah hal yang bisa kamu lakukan agar liburanmu makin produktif. Apalagi dengan tablet PC yang dilengkapi Windows 10 seperti Genpro, terdapat sejumlah aplikasi yang bisa membantumu beraktivitas dengan efisien.

1. Merencanakan semua pekerjaan dan hiburan dengan Any.do

liburan produktifSumber: Google Play

Pekerjaan belum selesai, tapi berbagai janji dan rencana pribadi sudah menunggu? Di saat seperti ini, kunci liburan produktif adalah dengan mengatur jadwal. Nah, bagi kamu pengguna gadget ataupun tablet PC, kamu bisa menggunakan aplikasi Any.do untuk merencanakan liburanmu.

Susunlah jadwal yang spesifik untuk pengalaman liburan yang maksimal. Selesaikan pekerjaan yang tertunda pada jam 9 pagi, hangout bersama teman jam 4 sore, dan nonton serial tv favorit jam 8 malam.

Kamu mungkin malah berakhir tidur-tiduran seharian kalau tidak punya jadwal. Tentu hal ini bisa kamu hindari dengan jadwal yang teratur dan spesifik. Liburanmu dijamin bakal produktif.

2. Persingkat proses media sosial dengan IF

liburan produktifSumber: SmartHome

Sekarang ini, banyak sekali media sosial yang bisa digunakan oleh satu orang. Coba, hitung berapa banyak aplikasi media sosial di gadget-mu. Twitter, Facebook, Path, Instagram, belum lagi menghitung aplikasi chatting, rasanya bakal tidak produktif kalau menghabiskan terlalu banyak waktu untuk semua media sosial.

Kalau ingin punya liburan produktif, ada baiknya kamu memotong waktu kamu di media sosial. Ini bukan berarti kamu harus menghindari chat ataupun penggunaan media sosial. Ini berarti kamu harus lebih efisien.

Coba gunakan aplikasi IF. Aplikasi ini mengaitkan tindakan antara dua aplikasi lain. Contoh gampangnya adalah kamu dapat mengambil foto dan langsung meng-upload foto tersebut ke Instagram dan Facebook dalam satu langkah saja.

Dengan menyederhanakan penggunaan media sosial, kamu bisa punya waktu lebih banyak untuk hal-hal lainnya.

3. Tidur maksimal untuk produktivitas maksimal dengan Twilight

liburan produktifSumber: Google Play

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan pada saat liburan adalah beristirahat setelah penatnya rutinitas kerja. Tapi, bagaimana kamu bisa memiliki liburan produktif kalau tidurmu saja terganggu? Agar bisa menjalani liburan yang lebih produktif, kamu harus bisa bangun dalam keadaan segar dan bersemangat.

Inilah tujuan yang ingin dicapai aplikasi Twilight. Aplikasi Twilight didasari oleh penelitian yang membuktikan bahwa cahaya biru dari layar elektronik dapat mengganggu pola dan kebiasaan tidur alami.

Dengan menaruh filter yang menghilangkan cahaya biru pada layar gadget-mu, Twilight dapat membantumu mencapai tidur alami maksimal. Hal ini amat berguna, terutama bagi kamu yang masih sering menggunakan gadget tepat sebelum tidur.

4. Perjalanan efisien Google Maps agar waktumu lebih produktif

liburan produktifSumber: Tech News Central

Apa rencanamu ketika liburan? Hangout bareng sahabat, pergi ke mall, atau bertualang ke luar kota, pastikan kamu mendapat perjalanan liburan maksimal. Jangan sampai waktu liburanmu terganggu karena kamu terjebak macet ataupun tersesat ketika mencari lokasi restoran yang ingin kamu kunjungi untuk pertama kalinya.

Untuk kamu pengguna gadget dan tablet PC, Ada banyak sekali aplikasi peta dan navigasi yang bisa membantu kamu. Salah satu aplikasi yang bisa diandalkan adalah Google Maps. Temukan lokasi tujuanmu dengan jitu dan hindari kemacetan. Dengan perjalanan yang lebih efisien, liburanmu pun juga jadi lebih maksimal.

5. Kelola pengeluaran dengan Money Lover

liburan produktifSumber: Google Play

Kalau kamu merencanakan berbagai acara di liburan panjang ini, kamu harus hati-hati dengan yang namanya bocor halus. Meskipun kamu sudah menciptakan estimasi pengeluaran ketika jalan-jalan, bisa saja ada pengeluaran tambahan yang muncul tiba-tiba.

Untuk keuangan yang sehat selama liburan ini, kamu perlu melacak pengeluaran kamu secara tepat dan segera. Berita baiknya, kamu yang suka membawa tablet PC ke mana-mana dapat memasang aplikasi Money Lover.

Dengan aplikasi ini kamu dapat memasukkan berbagai pengeluaran kamu secara langsung dan mengkategorikannya sesuai dengan jenis pengeluaran. Kalau kamu sudah memonitor pengeluaran kamu, kamu pasti tidak akan terjebak dengan yang namanya bocor halus.

6. Jaga relasi dengan Microsoft People

liburan produktifSumber: Microsoft

Terkadang kombinasi kesibukan liburan dan aplikasi chatting yang terlalu banyak bisa membuatmu tidak update dengan teman-temanmu. Sebenarnya, hal itu dapat kamu hindari secara mudah dengan menggunakan Microsoft People.

Ya, jangan remehkan aplikasi Microsoft yang satu ini. Selain bisa menyimpan seluruh kontakmu, kamu juga bisa menghubungkan People dengan berbagai media sosial. Dengan demikian, People bisa menjadi platform untuk mengatur seluruh kontakmu.

Tidak hanya itu saja, kamu juga dapat mengelompokkan kontakmu sesuai dengan keinginan. Hal itu amat berguna, terutama bila kamu sering menghubungi kelompok tertentu untuk tujuan tertentu. Misalnya mengajak teman-teman kuliahmu untuk nonton bareng.

7. Serap semua informasi dengan Feedly

liburan produktifSumber: PC Advisor

Liburan rasanya tidak akan produktif kalau kamu ketinggalan berbagai berita karena terlalu sibuk jalan-jalan. Mungkin kamu tidak punya banyak waktu untuk melihat berita di liburan ini, tetapi bagaimana kalau kamu bisa melihat berita dengan mudah dan cepat?

Dengan menggunakan aplikasi Feedly, kamu tidak perlu mengunjungi berbagai situs untuk membaca berita-beritamu. Entah itu berita teknologi, sains, politik, ataupun humaniora, semua akan dikumpulkan secara otomatis oleh Feedly. Kamu tinggal buka Feedly untuk semua berita langgananmu, praktis dan hemat waktu.


Bagaimana? Pastinya sekarang kamu tahu tujuh hal baru untuk membuat liburan produktif. Lebih produktif update media sosial, lebih produktif baca berita, lebih produktif dengan jadwal sehari-hari. Dengan tablet PC, kini kamu nggak perlu takut lagi liburan kamu jadi tidak produktif dan sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *