7 Cara Untuk Memperkuat Sinyal WiFi Smartphone 4G Kamu

Di zaman serba smartphone seperti sekarang, kebutuhan akan WiFi sangatlah tinggi. Dari chatting, menelepon, media sosial, main game, hingga urusan pekerjaan, semua membutuhkan sinyal WiFi.

Nah, apa yang terjadi jika jaringan WiFi menjadi lemah atau ‘lemot’? Kebanyakan orang akan mulai ‘galau’ dan frustasi. Bagaimana dengan kamu?

Sebenarnya, ada beberapa cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk memperkuat sinyal WiFi. Walaupun berdampak minor, buat kamu yang selalu membutuhkan jaringan WiFi yang kuat, cara-cara ini patut untuk dicoba. Berikut tujuh cara memperkuat sinyal WiFi smartphone 4G kamu.

Baca juga: Kerja Lewat Smartphone Kapan Saja dan Dimana Saja? Yuk, Lihat 5 Tips Ini!


Memperkuat Sinyal WiFi Smartphone

1. Reset Modem

sinyal wifi 1

Sumber: TBIT
Reset atau restart adalah pertolongan pertama pada kerusakan gadget, tidak terkecuali dengan modem WiFi dan smartphonekamu. Jadi, jika sinyal WiFi melemah, cobalah reset modem WiFi dan koneksi WiFi smartphone kamu.

Jika sinyal WiFi kamu menjadi lebih kuat setelah melakukan cara ini, artinya amu berhasil memperkuat sinyal WiFi kamu dengan cara paling sederhana. Jika tidak, lanjut ke cara berikutnya.

2. Posisi dan Antena Modem

sinyal wifi 1

Sumber: 3844328
Cara memperkuat sinyal WiFi berikutnya adalah memastikan modem WiFi kamu terletak di tempat yang tepat. Penempatan modem WiFi terbaik adalah di ruang yang terbuka, tidak terhalang tembok atau benda berukuran besar lainnya, dan terletak di tempat yang lebih tinggi (pada umumnya di atas lemari).

Selain itu, jangan letakkan modem WiFi dekat dengan benda yang dapat menghambat sinyal WiFi seperti alat elektronik yang aktif atau benda berbahan metal.

Kemudian, gunakan antena modem tambahan, dan posisikan kedua antena secara tegak lurus.

3. Ubah Frekuensi WiFi

sinyal wifi 1

Sumber: Clker-Free-Vector-Images
Selain modem WiFi, pengaturan pada smartphone kamu juga diperlukan untuk memperkuat sinyal WiFi. Pada ummnya, koneksi WiFi smartphone dapat beroperasi di dua frekuensi yaitu 2.4 GHz dan 5GHz. Cara membuka pengaturan ini, Settings > Wi-Fi > Advanced > Wi-Fi frequency band.

Jika sebelumnya smartphone kamu beroperasi dengan frekuensi 2.4 GHz, coba ubah menjadi 5GHz atau pilih pilihan Auto (secara otomatis menjadi 5GHz bila memungkinkan).

4. Ubah Channel Jaringan

sinyal wifi 1

Sumber: Penulis
Masalah lemahnya sinyal WiFi terkadang diakibatkan oleh terlalu banyak pengguna WiFi di sebuah saluran atau channel. Untuk itu, agar dapat memperkuat sinyal WiFi, kamu harus memilih saluran yang tepat.

Kamu dapat menggunakan aplikasi Wifi Analyzer untuk mengetahui saluran mana yang paling mendukung sinyal modem WiFi-mu. Setelah mengetahui saluran yang paling tepat, kamu dapat pindah dengan melakukan pengaturan wireless network. Untuk hal ini, kamu perlu menggunakan perangkat komputer atau laptop.

Wifi Analyzer tersedia di Google Play Store dan bisa kamu unduh secara gratis di sini

5. Penguat Sinyal Buatan

sinyal wifi 1

Sumber: SplitShire
Selanjutnya, kamu dapat memperkuat sinyal WiFi dengan membuat penguat sinyal. Cara sederhana untuk membuat penguat sinyal ini adalah gulung selembar kertas aluminium berukuran kurang lebih 25 x 25 cm. Lalu, buka gulungan tersebut (lengkungan kurang lebi setengah lingkaran), kemudian letakkan dibelakang modem WiFi.

Cara yang sederhana, praktis, dan ekonomis untuk memperkuat WiFi untuk smartphone 4G kamu.

6. Repeater

sinyal wifi 1

Sumber:Manolofranco
Jika keempat cara di atas belum dapat memperkuat WiFi sesuai dengan yang kamu inginkan, coba gunakan repeater. Walaupun kamu harus mengorbankan sejumlah uang, cara ini sangat ampuh memperkuat sinyal WiFi untuk smartphone kamu.

Cukup pasang alat ini di stop kontak, maka akan meningkatkan radius jangkauan dan kekuatan sinyal WiFi. Alat penguat WiFi cukup mudah ditemukan di toko alat-alat komputer dan dibanderol dengan harga Rp 300.000 – Rp 500.000.

Baca juga: 7 Antivirus Smartphone Terbaik untuk Proteksi Gadget Kamu

7. Bersihkan Cache dan Iklan

sinyal wifi 1

Sumber: Jarmoluk
Selanjutnya, untuk memperkuat sinyal WiFi kamu perlu membersihkan cache yang ada pada smartphone kamu. Cache yang tidak rutin dibersihkan akan memperlambat kinerja smartphone secara keseluruhan, yang berarti menghambat aktivitas berinternet.

Kamu dapat mebersihkan cache secara manual melalui Settings> Apps > kemudian pilih salah satu aplikasi > Storage > Clear Cache atau mengunduh aplikasi pembersih, seperti Clean Master.

Lalu, kamu juga perlu memiliki aplikasi penangkal iklan seperti Free Adblocker Browser. Aplikasi ini berfungsi mencegah iklan-iklan pop-up yang dapat menghambat aktivitas berinternet-mu.

Clean Master tersedia di Google Play Store dan bisa kamu unduh secara gratis di sini

Free Adblocker Browser tersedia di Google Play Store dan bisa kamu unduh secara gratis di sini


Dari tujuh cara ini, mana yang paling ampuh untuk memperkuat jaringan WiFi smartphone 4G GENPRO X kamu?

WiFi adalah salah satu hal terpenting dalam kegiatan sehari-hari. Karena itu, memperkuat sinyal WiFi perlu dilakukan jika memang dibutuhkan. Yuk, segera coba tujuh cara ini dan liat hasilnya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *