Channel Edukasi Youtube

5 Channel Edukasi Youtube yang wajib kamu Subscribe

Video lucu dan musik di YouTube memang menjadi video favorit para remaja maupun dewasa muda. Tapi, tahukah kamu Youtube juga memiliki video-video edukasi yang jauh lebih berguna? 5 channel edukasi Youtube berikut ini akan membantu menambah pengetahuan kamu!

Baca juga: Belajar Lewat Smartphone dengan 5 Aplikasi Edukasi Android Berikut !


Channel Edukasi Youtube

1. Crash Course

Channel Edukasi Youtube Sumber: PBS

Pasti banyak dari kamu yang imgin belajar astronomi, sejarah dunia, filosofi, psikologi ataupun teori fisik, tapi bingung dari mana mulainya.

Apakah untuk belajar hal-hal tersebut, kamu harus baca buku yang tebalnya minta ampun ataupun bayar kuliah mahal? Tentu saja tidak, nonton Crash Course saja. Crash Course memiliki banyak seri yang mengajarkan kamu hal-hal kompleks melalui video-video berdurasi 10 menit-an. Selain itu, host mereka selalu buat lucu, membuat proses belajar fun banget.

2. TED

Channel Edukasi Youtube Sumber: Ted.com

Siapa sih yang tidak pernah mendengar tentang channel edukasi TED di YouTube? Channel ini lebih bersifat serius daripada channel-channel edukasi lain.

Pembicara dalam video biasanya adalah orang terkenal dalam industri mereka. Topik yang dibicaraikan pun lebih mengarah topik yang mendalam seperti tentang islamphobia, berita palsu, filosofi hidup dan lain-lain.

TED mempunyai ratusan sampai ribuan video. Dari semua video-nya, pasti ada satu atau dua yang menarik untuk kamu. Mereka juga memiliki channel dengan video edukasi pendek yang dilengkapi dengan animasi menarik, Ted-Ed.

3. Coldfusion

Channel Edukasi Youtube Sumber: Video Amigo

Coldfusion dulunya adalah channel edukasi yang mempelajari berbagai hal tentang teknologi. Tapi sekarang ini, Coldfusion sudah berubah fokus terhadap sejarah satu perusahaan spesifik.

Videonya biasanya berdurasi 30 menit dan dibagi menjadi dua bagian video. Ada banyak fakta-fakta menarik yang dibahas, misalnya, tahukah kamu bahwa Samsung juga membuat kendaraan militer dan membangun bangunan pencakar langit?

Jika kamu tertarik terhadap sejarah perusahaan – perusahaan besar, seperti Samsung, Sony, Tesla, Apple dan lain-lain, kamu patut cek channel ini.

4. Scishow and Scishow Space

Channel Edukasi Youtube Sumber: Patreon

Scishow adalah channel yang menyediakan berbagai fakta-fakta science dalam video yang hanya berdurasi 4 menit sampai dengan 5 menit.

Scishow juga membahas penemuan-penemuan terbaru dalam dunia science dan juga menjawab pertanyaan-pertanyaan menarik seperti ‘apakah kacamata bisa membuat mata kamu lebih parah?’. Mereka juga memiliki channel khusus untuk luar angkasa dan astronomi bernama Scishow Space.

5. Last Week Tonight

Channel Edukasi Youtube Sumber:HBO

Last Week Tonight adalah serial yang ditayangkan di TV setiap hari minggu. Walaupun begitu, pihak manajemen acara ini selalu meng-upload segmen utama mereka ke Youtube.

Host-nya, John Oliver, memakai 20 menit setiap minggu untuk membahas isu-isu yang jarang dibahas di media. Contoh isu yang dia pernah bahas adalah skema multi-level, korupsi FIFA, dan lain-lain. Asyiknya, John Oliver selalu bisa menjelaskan masalah-masalah ini dengan cara yang jelas tapi juga bisa membuat kamu tertawa terbahak-bahak.

Baca juga: 7 Aplikasi belajar Bahasa Asing untuk Smartphone Android


Nah, lima channel edukasi Youtube diatas memiliki dua hal unik yang menjadikan mereka channel edukasi yang wajib kamu tonton.

Pertama, penjelasannya yang sederhana dan juga menyenangkan. Kedua, durasi pendeknya sangat cocok untuk ditonton di sela-sela kerjaan atau ketika kamu bosan. Ingin dipandang sebagai orang yang berwawasan luas? Subscribe dulu kelima channel edukasi top ini dan tonton videonya langsung lewat smartphone 4G terbaru, GENPRO X!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *