industri smartphone china

Inilah Beberapa Fakta Mengejutkan Industri Smartphone

Sebagian besar dari kita sering mendapati banyak hal yang diproduksi oleh para masyarakat Tirai bambu China. Apalagi berkaitan dengan industri teknologinya, China mampu menjadi salah satu negara di kawasan Asia yan patut diperhitungkan bagi pasar teknologi dunia.

Walaupun pernah sempat terkenal bahwa China memproduksi barang palsu atau bootleg, nyatanya masih terdapat beberapa fakta yang perlu untuk anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa fakta yang cukup mengejutkan dari perindustrian smartphone China.

5 Fakta Mengejutkan dari Industri Smartphone China

industri smartphone china

Akhir-akhir ini China tengah berhasil mejadi salah satu negara yang cukup diperhitungkan di dunia. Sebut saja, China telah berhasil meraih kesuksesan dari berbagai brand smartphone yang diusungnya, bahkan telah mampu merajai beberapa negara di dunia. Hal ini dikarenakan harga yang dibandrol sangat terjangkau namun spesifikasinya cukup luar biasa.

Baca Juga : Inilah Beberapa Konsol Game yang Gagal Total di Zamannya

Dilansir dari beberapa sumber terpercaya, di bawah ini terdapat beberapa fakta mengejutkan dari industri smartphone China. yaitu sebagai berikut:

  1. QR Code yang merajalela

QR Code (Quick Respone Code) merupakan salah satu metode yang memilki fungsi untuk mengakses segala sesuatu dengan cepat. QR Code biasa kita temukan di kartu nama, aplikasi chat, kemasan makanan atau surat kabar.

industri smartphone china

Di China QR Code bisa dengan mudah anda temukan di berbagai penjuru tempat umum, bahkan dalam ukuran yang besar. QR Code tersebut memiliki berbagai fungsi, yaitu melakukan transasksi perbankan, instal aplikasi dan lain-lain.

  1. Bank bukan lagi sistem transaksi utama

Seiring dengan perkembangan jaman, proses transaksi tidak hanya bisa dilakukan menggunakan uang konvensional saja, karena kini sistemnya sudah semakin canggih dengan bantuan teknologi. Di China, urusan keuangan seolah tidak perlu lagi berkaitan dengan bank. Karena sudah terdapat satu aplikasi yang bisa berguna dalam melakukan transaksi di manapun dan kapanpun. Contohnya WeChat dengan fitur WeChatPay.

Artikel Menarik : Susah Bangun Pagi? Coba Aplikasi Alarm Ini

  1. Pembayaran dengan kartu kredit sudah dianggap jadul

Membayar menggunakan uang konvensional atau kartu kredit sudah dianggap sebagai cara jadul bagi China. Karena pada kenyataannya, di sana mereka melakukan segala transaksi hanya berbekal smartphone saja.

industri smartphone china

Seperti membeli tiket bus, bayar makanan di restoran dan lain sebagainya. Bahkan ada suatu perusahaan bernama Alibaba yang sedang berupaya menciptakan sistem pembayaran hanya dengan mendeteksi wajah penggunanya dengan teknologi facial recognition.

  1. Cukup sulit mengakses sosmed

Di China anda hanya bisa mengakses aplikasi sosmed yang hanya dibuat khusus untuk pasar China. Dengan demikian, anda cukup sulit untuk menikmati kemudahan mengakses sosmed saat berkunjung ke China. Namun tenang saja, karena ada beberapa aplikasi penggantinya seperti QQ untuk Facebook, Weibo untuk Twitter, DD untuk Uber, Baidu untuk Google, serta Tantan untuk Tinder. Tapi ada beberapa layanan VPN yang masih memungkinkan anda untuk bisa mengakses facebook atau twitter.

  1. China punya Apple yang paling berjaya

Tahukah anda, brand Xiaomi memiliki julukan sebagai Apple-nya China? Ya, Xiaomi merupakan suatu brand yang sudah berdiri sejak tahun 2010 dan kini sudah sangat berkembang dengan pesat.

industri smartphone china

Perkembangannya buka hanya terjadi di dalam negaranya saja, nyatanya Xiaomi pun sudah berhasil merambah ke berbagai negara di dunia. Bahkan, melalui sub-brand Mijia, brand Xiaomi hampir mampu menguasai berbagai lini teknologi. Mulai dari camera, fashion, perangkat smart home,  serta transportasi.


Nah itulah beberapa fakta yang cukup mengejutkan berkaitan dengan industri smartphone yang terdapat di negara Tirai bambu yang tidak hanya memiliki berbagai produk dengan teknologi mutakhir, China juga memiliki sesuatu yang cukup eksklusif di negerinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *