fitur fingerprint

Apa Itu Fitur Fingerprint dan Manfaatnya untuk Gadget Kamu?

Teknologi kini semakin canggih. Salah satu bentuk kecanggihan teknologi yang sedang naik daun adalah fitur fingerprint di berbagai gadget, seperti tablet, smartphone, dan termasuk juga produk GENPRO yang akan segera diluncurkan.

Tapi, apa sebenarnya manfaat dari fitur satu ini dan bagaimana cara kerjanya di gadget-mu? Simak ulasan lengkapnya berikut!


Fitur Fingerprint

Cara kerja

fitur fingerprintSumber: Gettyimages

Pemindai sidik jari sebenarnya sudah sangat umum digunakan sejak lama. Namun, penggunaannya pada smartphone baru populer pada tahun 2007. Itupun masih belum bisa dinikmati oleh pengguna Android.

Namun, kini fitur itu kembali populer dan mulai diintegrasikan pada sistem operasi Android Marshmallow. Secara sederhana, fitur ini bekerja dengan merekam dan menyimpan pola sidik jari seseorang. Sejauh ini kebanyakan penggunaannya hanya untuk membuka akses pada smartphone. Penasaran bagaimana cara kerja pemindai sidik jari?

Singkatnya, mesin pemindai sebenarnya hanya menangkap dan menyimpan tiga jenis pola guratan yang ada pada sidik jari saja. Pola tersebut adalah ujung garis (ridge ending), garis bercabang (bifurcation), dan garis pendek menyerupai titik (short ridge). Ketiga detail ini bisa dipastikan tak pernah ditemukan serupa pada setiap sidik jari manusia.

Namun, berbeda jika pemindaian dilakukan dengan sensor kapasitans yang menggunakan alat elektronik sejenis kapasitor sebagai pemindai sidik jadi. Kapasitor akan menyimpan muatan listrik yang tersambung dengan piringan konduktif pada layar smartphone sehingga bisa melacak detail sidik jari.

Karena sangat rumit, hal inilah yang membuat fitur fingerprint dinilai jauh lebih aman dan sebenarnya bisa memudahkan kita sebagai pengguna.

Manfaat

fitur fingerprint

Awalnya, penggunaan utama dari fitur ini adalah untuk membuka kunci layar atau akses terhadap gadget yang digunakan. Cara kerjanya juga sangat sederhana, cukup dengan menempelkan jari pada perangkat dan sensor sidik jari akan memindai serta membuka akses jika sidik jari yang diterima sesuai dengan sidik jari yang tersimpan.

Hal ini akan memberikan lapisan keamanan ekstra karena sidik jari setiap orang tentu berbeda. Selain itu, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hal ini akan mempermudah pengguna serta mempercepat proses membuka akses smartphone.

Namun, dengan mengunduh aplikasi seperti Fingerprint Gesture, fitur pemindai ini bisa bekerja untuk berbagai fungsi lain. Mulai dari sebagai pengganti tombol power, hingga sebagai akses cepat ke berbagai aplikasi favoritmu!

Aplikasi Fingerprint Gesture bisa kamu unduh melalui Play Store di sini

Tips menggunakan fitur fingerprint

fitur fingerprintSumber: FindBiometrics

Meskipun terbilang sederhana, namun ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui agar penggunan fitur fingerprint pada gadget bisa jadi makin maksimal.

Pertama, jangan pernah gunakan pemindai sidik jari untuk melakukan transaksi secara online. Meskipun fitur ini terbilang aman, bukan berarti bisa kamu gunakan untuk segala hal. Dalam hal transaksi, sidik jari yang tersimpan justru bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Selanjutnya, untuk meningkatkan keamanan, kamu bisa menggunakan jari yang jarang kamu gunakan. Kebanyakan orang memilih telunjuk dan jempol karena lebih nyaman dan mudah. Namun, karena kedua jari ini sangat sering digunakan pada smartphone, mudah untuk menemukan cetak utuh kedua jari ini dan membuat salinan palsunya.

Nggak ada salahnya kamu menggunakan jari lain, seperti jari manis dan kelingking dari tangan yang jarang kamu gunakan. Misalnya tangan kiri pengguna tangan kanan dan sebaliknya untuk pengguna tangan kiri/kidal.

Terakhir, kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi penunjang fitur ini sehingga kinerjanya semakin maksimal. Selain itu, jangan abaikan juga sistem keamanan dengan sandi. Penggunaan dua lapis keamanan tentu akan jauh lebih baik bukan?


Apakah kamu sudah cukup memahami fitur satu ini? Meski sudah terbilang cukup umum, fitur fingerprint tentu masih akan terus dikembangkan. Di kemudian hari, bisa dipastikan akan ada lebih banyak manfaat dari fitur satu ini.

Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya dari fitur fingerprint, khususnya pada gadget sehari-hari yang kita gunakan, GENPRO Mobile salah satunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *