fitur tersembunyi smartphone android

Pengguna Smartphone Android? Pasti 7 Fitur Tersembunyi Smartphone Ini Bisa Mengejutkanmu!

Banyaknya fitur-fitur di smartphone berbasis Android OS, sebagian orang sering melewati banyak shortcut-shortcut atau fitur tersembunyi smartphone yang penting lainnya. Apalagi ditambah semakin banyaknya fitur tersembunyi smartphone yang bisa kamu temui pada versi terbaru OS Android.

Daripada kamu bersusah-payah melakukan suatu hal yang kurang efisien di smartphone GENPRO X, yuk simak beberapa fitur tersembunyi ini. Siapa tahu fitur-fitur tersembunyi ini bisa mempermudah pekerjaan kamu sehari-hari.

Baca juga: GENPRO X: Smartphone Kolaborasi 3 Brand Ternama Rilis Hari ini!


Fitur Tersembunyi Smartphone Android

1. Menampilkan Semua Notifikasi yang Tidak Sengaja Terhapus

Fitur Tersembunyi Smartphone

Sumber: Megebyte

Kamu pasti pernah merasakan kesalnya ketika notifikasi chat pada notification panel terhapus, bukan? Apalagi ketika kamu sedang malas membuka aplikasi untuk mengecek notifikasi. Nah, hal ini pasti bisa langsung membuat kamu bete.

Untungnya, dengan smartphone berbasis Android OS kamu bisa memunculkan kembali notifikasi smartphone yang sudah terhapus. Bagimana caranya?

Cukup masuk ke widget screen dan pindahkan settings shortcut widget ke layar utama. Dari shortcut settings kamu bisa menemukan pilihan notification log. Pilih notification log, maka fitur ini akan menampilkan seluruh notifikasi beserta waktu lengkapnya.

2. Mencari Smartphone Hilang dengan Mudah

Fitur Tersembunyi Smartphone

Sumber: Track My Android Phone

Selain notifikasi hilang, pencarian smartphone jika hilang pun akan menjadi lebih mudah dengan fitur yang satu ini. Bahkan ketika smartphone kamu dalam keadaan silent pun tetap bisa kamu bunyikan dari kejauhan.

Karena semua smartphone yang sudah mempunyai aplikasi “Find My Phone”, kamu pun bisa mengaksesnya dari browser komputer. Kemudian lakukan sign in dengan ID Google. Pastikan juga ID identik dengan yang kamu gunakan untuk smartphone.

Setelah melakukan sign in, kamu akan mendapatkan akses untuk mengontrol mode silent, vibrate, atau ring disertai lokasi smartphone. Selanjutnya setelah memilih mode bunyi pada smartphone, kamu tinggal menelepon ke nomor smartphone dan menemukan smartphone kesayanganmu.

Selain hanya mengatur mode bunyi, kamu juga bisa menghapus seluruh data di smartphone melalui “Find My Phone”.

3. Menghemat Baterai Smartphone

Fitur Tersembunyi Smartphone

Sumber: Android Authority

Ternyata cara untuk menghemat daya baterai nggak hanya melalui airplane modesaja. Memang pelaku utama baterai terkuras adalah aplikasi yang berbobot berat.

Maka dari itu, untuk menghemat baterai kamu, cukup matikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di background. Caranya mudah, ketika kamu memasuki tampilan settings, pilih menu Apps. Kemudian, dari menu Apps masuklah ke tab “Running”.

Di sini kamu bisa melihat aplikasi mana saja yang paling banyak menggunakan baterai dan segera mematikannya.

Selain itu, pilihan lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengaktifkan mode “Battery Saver”. Dari settings langsung saja memilih “_battery”, kemudian pilih tombol tiga titik di atas kanan dan “Battery Saver” pun akan langsung muncul.

4. Notifikasi Ketika Data Sudah Mencapai Batas

Fitur Tersembunyi Smartphone

Sumber: Droid Life

Dari semua fitur tersembunyi Android OS, mungkin fitur inilah yang akan menjadi favorit kamu. Pernah bukan merasa kesal ketika data 4G atau 3G tiba-tiba habis begitu saja?

Nah dengan fitur ini kamu bisa tahu kapan kira-kira data koneksi 4G atau 3G sudah mendekati batas. Menarik, kan?

Tinggal masuk ke layar settings, dan pilih “data usage”. Di dalamnya, kamu bisa melihat grafik penggunaan paket data. Smartphone juga akan menampilkan batas paket data kamu.

Nggak hanya sekadar melihat saja, di tampilan ini kamu juga akan melihat pilihan untuk mengaktifkan notifikasi ketika penggunaan sudah hampir mendekati batas paket data yang disediakan.

5. Kode Rahasia untuk Fitur Tersembunyi

Fitur Tersembunyi Smartphone

Sumber: Android Pit

Yang satu ini bukan fitur biasa, tapi juga kode yang harus kamu hafal untuk mengakses sesuatu di smartphone berbasis Android-mu. Cukup masuk ke menu panggilan dan masukkan kode-kode seperti di bawah ini, kemudian coba call.

##4636## untuk menampilkan informasi penggunaan baterai, data, serta statistiknya
*#
#7780## untuk me-reset smartphone ke awal
##34971539## untuk menunjukkan segala informasi mengenai kamera smartphone-mu
##273283255663282##* untuk melakukan backup semua data di smartphone
##1472365## untuk mengetes GPS pada smartphone

Ini hanyalah sebagian dari seluruh kode yang bisa kamu gunakan untuk menampilkan informasi-informasi dan melakukan pengetesan pada smartphone. Bagaimana? Canggih sekali bukan?

6. Memaksimalkan Performa Gaming

Fitur Tersembunyi Smartphone

Sumber: Gizmodo

Salah satu fitur tersembunyi smartphone yang mungkin masih jarang digunakan adalah boosting untuk performa game. Berlainan dengan poin nomor 3 yang menawarkan kamu fitur penghemat baterai, fitur yang satu ini justru akan menguras daya baterai-mu.

Untuk versi Android Marshmallow ke atas, kamu bisa mengakses menu settings dan memilih “about phone”. Kemudian tap build number selama 7 kali berturut-turut. Nah, sekarang kamu sedang berada di mode Developer.

Pilih New Menu dan aktifkan “Force 4x MSAA” (ini adalah mode untuk aliansi pada game). Kemudian jika kamu ingin yang lebih wow dan smooth, aktifkan juga “Force GPU Rendering”.

Perlu diingat kalau mode Developer bisa mempengaruhi sistem mesin. Jadi, jika kamu belum terlalu banyak mengetahui tentang mode ini, lebih baik jangan terlalu sering mengutak-atik dalamnya.

7. Membuka Kunci di Lokasi Terpercaya

Fitur Tersembunyi Smartphone

Sumber: Droid Life

Setiap smartphone memang diberikan fitur lock dengan tujuan untuk keamanan smartphone. Tapi, ketika kamu sedang terburu-buru dan masih harus memasukkan password untuk membuka smartphone, rasanya akan sedikit mengesalkan.

Nah, daripada berlama-lama lebih baik atur setting-an smartphone-mu supaya bisa otomatis membuka kunci di lokasi yang terpercaya (rumah, kantor, dan sebagainya).

Fitur tersembunyi smartphone ini hanya berlaku untuk Android OS versi 5.0 ke atas. Caranya, masuklah ke menu security pada tampilan settings. Masuk ke pilihan “Smart Lock” untuk mengaktifkan “Trusted Place”. Selanjutnya, kamu tinggal memilih lokasi yang diinginkan untuk membuka kunci smartphone secara otomatis.


Bagaimana? Apakah fitur-fitur tersembunyi smartphone Android ini sudah bisa membantu kamu? Bagi yang belum menggunakan smartphone berbasis Android dan penasaran ingin meng-explore Android lebih dalam, langsung saja cek smartphone terbaru dari GENPRO, yaitu GENPRO X!

Baca juga: Bedah Spesifikasi Smartphone terbaru GENPRO X

Selain dibanderol dengan harga yang bersahabat, GENPRO X juga memberikan banyak fitur dan kepuasan ke penggunanya, lho. Selamat mencoba, guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *