Fungsi tersembunyi smartphone

7 Fungsi Tersembunyi Smartphone yang Jarang Diketahui!

Fungsi smartphone GENPRO-X yang kita gunakan pada umumnya adalah menerima panggilan, sms, dan ber-internet ria. Padahal, ada beberapa fungsi tersembunyi smartphone yang bisa kamu manfaatkan untuk aktivitas sehari-hari lain yang jarang diketahui, loh! Penasaran?

Baca juga: Kinerja Smartphone Kamu Bisa Diukur Pakai 6 Aplikasi Ini!


Fungsi Tersembunyi Smartphone

1. Memonitor Tingkat Alkohol dalam Darah

Fungsi tersembunyi Smartphone 1Sumber: turnthecorner.org

Siapa yang menyangka ternyata smartphone yang kamu gunakan sehari-hari juga bisa digunakan untuk memonitor tingkat alkohol dalam darah. Fungsi tersembunyi smartphone yang satu ini akan sangat berguna saat kamu ragu apakah kamu kandungan alkohol dalam darahmu cukup aman untuk menyetir.

Perusahaan dengan nama BACtrack berinovasi dengan mengembangkan alat untuk menganalisis kadar alkohol dalam darah. Alat sejenis jam tangan ini akan mengukur kadar alkohol kamu dan mengirimkan data ke smartphone kamu.

So, kamu bisa mengetahui kadar alkohol saat itu dan waktu estimasi kadar alkohol kamu turun ke 0 persen. Selain itu, karena perangkat ini tersambung ke smartphone via bluetooth, kamu bisa selalu memakainya di mana dan kapan saja.

2. Menemukan Smartphone yang Hilang

Fungsi tersembunyi Smartphone 1Sumber: Android Central

Fungsi tersembunyi smartphone yang satu ini dapat kamu gunakan untuk mendeteksi lokasi dan waktu terakhir smartphone Android dipakai. Untuk bisa melacak smartphone yang hilang, Google Device Manager membutuhkan koneksi internet pada smartphone tersebut. Selain itu, smartphone tentunya harus dalam keadaan menyala dan terintegrasi kedalam akun Google.

Gampang saja, saat kamu kehilangan smartphone, kamu tinggal menuju browser dan membuka website Google Device Manager. Langkah selanjutnya adalah masuk dengan akun Google yang sama dengan yang digunakan di smartphone kamu.

So, mulai dari sekarang, buatlah akun Google dan nyalakan fitur Google Device Manager yang terdapat di pengaturan Google bagian keamanan. Selain itu, kamu harus memastikan GPS dan izin untuk mengakses lokasi selalu dinyalakan.

3. Pengontrol Drone

Fungsi tersembunyi Smartphone 1Sumber: Gigaom

Sebagai pesawat tanpa awak yang dulunya hanya digunakan oleh badan militer dan pemerintah, drone yang kini sudah bisa digunakan oleh publik mulai diminati oleh kalangan anak muda. Apalagi, semenjak trend vlog mulai menggila.

Siapa sangka, ternyata kamu bisa menggunakan smartphone sebagai remote kontrol drone! Caranya mudah, cukup unduh aplikasi yang dikeluarkan oleh perusahaan yang juga memproduksi drone yang kamu miliki, dan seketika smartphone-mu kini menjadi remote kontrol drone.

4. Mendiagnosis Jendela Bocor

Fungsi tersembunyi Smartphone 1Sumber: Vodafone

Cukup dengan menambahkan perangkat Flir One add-on, kamera smartphone-mu kini bisa menangkap keadaan termal ini dapat kamu colokkan ke smartphone untuk mengetahui apakah ada jendela yang bocor.

Dengan memasang perangkat Flir One ini ke smartphone dan mengarahkannya ke berbagai area di dekat jendela, kamu bisa melihat energi panas yang diubah menjadi warna di layar smartphone kamu.

So, kalau misalkan ada energi panas di sela jendela yang diperlihatkan melalui gambar warna di smartphone padahal kamar kamu ber-AC, berarti ada jendela kamar kamu yang bocor!

Selain itu, Flir One yang terpasang di smartphone kamu juga bisa digunakan untuk mendeteksi colokan listrik rumah yang kelebihan beban.

5. Mengontrol Lampu LED dengan Smartphone

Fungsi tersembunyi Smartphone 1Sumber: Amazon

Fungsi tersembunyi smartphone yang kelima ini datang dari sebuah perusahaan bernama LIFX. Dengan melakukan terobosan baru di dunia teknologi, produknya yang berupa lampu LED disebut-sebut sebagai lampu terpintar karena dapat terhubung ke internet dan Wi-Fi.

Dengan menggunakan aplikasi internal dari LIFX, smartphone kamu dapat menghidupkan, mematikan, menyesuaikan warna dan kecerahan, serta mengatur waktu hidup dan mati dari lampu pintar ini. Canggih banget, kan?

6. Mengukur Kesehatan Jantung

Fungsi tersembunyi Smartphone 1Sumber: Lone Star College

Pasti banyak dari kamu yang belum mengetahui fungsi tersembunyi smartphone yang satu ini. Dengan menggunakan produk keluaran AliveCor yaitu Kardia, smartphone kamu dapat mengukur kesehatan jantung kamu dan medeteksi kemungkinan penyakit jantung seperti stroke.

Produk Kardia ini juga dilengkapi dengan aplikasi yang dapat menunjukkan aktivitas jantung kamu hanya dengan meletakkan kedua telunjuk dan jari tengah ke papan mini keluaran AliveCor ini.

Dengan inovasi yang satu ini, kamu tidak perlu lagi ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan kesehatan jantung secara rutin. Menjaga kesehatan jantung jadi lebih praktis dan mudah!

7. Mendeteksi Kamera Tersembunyi

Fungsi tersembunyi Smartphone 1Sumber: New York Post

Fungsi tersembunyi smartphone yang terakhir ini adalah mendeteksi kamera tersembunyi. Kamera atau mikrofon memancarkan elektromagnetik yang dapat dilacak oleh smartphone kamu.

Kamu tinggal melakukan panggilan melalui smartphone dan ayunkan pada area sekitar. Jika terdengar suara klik pada panggilan smartphone, itu berarti perangkat ponsel pintar kamu sedang mengalami gangguan dengan medan elektromagnetik.

Baca juga: Pengguna Smartphone Android? Pasti 7 Fitur Tersembunyi Smartphone Ini Bisa Mengejutkanmu!


Hidup memang terasa lebih mudah dengan adanya smartphone. Salah satu smartphone dengan harga oke dengan spesifikasi keren yang bisa kamu coba adalah GENPRO-X. Nggak hanya dilengkapi konektivitas 4G yang anti lemot, smartphone satu ini juga dilengkapi fitur fingerprint gesture yang akan meningkatkan keamanannya. Canggih sekali bukan?

Apalagi setelah mengetahui fungsi tersembunyi smartphone yang jarang diketahui ini, hidup kamu akan menjadi jauh lebih mudah dan efisien! Fitur mana yang kira-kira jadi favoritmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *