game daya ingat

Jaga Kemampuan Kognitifmu Agar Tetap Tajam Dengan 5 Permainan Android Pelatih Daya Ingat Ini!

Tahu tidak kalau sel-sel otak kamu itu berhenti memperbanyak diri ketika kamu menginjak usia 25 tahun? Tidak heran kalau anak-anak itu selalu lebih cepat dalam mempelajari dan menggunakan teknologi baru. Apalagi kini sudah ada banyak game daya ingat yang bisa diunduh dengan mudah di smartphone

Memang, kita yang lebih tua sudah tidak meregenerasi sel-sel otak kita. Namun, hal itu bukan berarti pikiran kita harus menjadi tumpul. Agar kamu tetap tajam dan tanggap, kamu bisa melatih daya ingat dengan aplikasi smartphone. Praktis, bukan?

Baca juga: Hobi Membaca? Lewat Aplikasi Baca Buku Digital ini, Hobi Membaca Jadi Lebih Seru!


Game Daya Ingat Android

Memory Trainer

game daya ingatSumber: Android Authority

Aplikasi satu ini dirancang khusus untuk melatih kemampuan daya ingatmu. Premis dasar latihannya adalah kamu diberikan waktu terbatas untuk mengingat suatu informasi dan ketika waktu habis, kamu diminta untuk mengulang informasi tersebut. Informasi yang harus diingat dapat berupa nomor telepon, rangkaian pola warna ataupun bentuk, serta catatan harian, seperti jadwal pertemuan yang detail.

Dalam aplikasi ini, kamu nggak harus takut salah ataupun dihadapkan pada informasi rumit. Pasalnya, kamu akan diberikan uji daya ingat dengan tingkat kesulitan mudah ketika memulai. Semakin lama kamu bermain, tingkat kesulitan akan menjadi lebih kompleks. Dengan demikian, kemampuan mengingat kamu tidak hanya segitu-segitu saja, tapi akan terus mengingkat.

Memory Games – Brain Training

game daya ingat

Memory Games – Brain Training merupakan salah satu permainan pelatih daya ingat yang terbilang super lengkap. Selain menawarkan 21 permainan yang dapat melatih daya ingat, dia juga memiliki fitur achievement, beradu keahlian dengan pemain lain secara online, dan juga permainan secara offline.

Sayangnya, tidak semua permainan dapat kamu akses secara langsung. Memory Games- Brain Training memiliki in game currency yang dapat digunakan untuk membuka permainan-permainan yang dikunci. Untungnya, in game currency ini dapat kamu dapatkan dengan memainkan permainan memori yang sudah terbuka. Jadi, kamu bisa menikmati seluruh fitur ini tanpa mengeluarkan uang asli.

Lumosity

game daya ingatSumber: Lumosity

Berbicara tentang daya ingat, tentu saja kita juga harus membicarakan daya kognitif secara keseluruhan. Lumosity adalah game daya ingat premium yang melatih daya kognisi kamu (termasuk daya ingat) secara menyeluruh.

Ketika kamu menjalankan aplikasi ini untuk pertama kalinya, kamu akan dihadapkan pada rangkaian tes untuk melihat kemampuan dasarmu. Tes tersebut mencakup uji daya ingat spasial, kemampuan membagi konsentrasi, dan kecepatan memproses informasi. Performa kamu ketika mengerjakan tes tersebut akan menentukan tingkat kesulitan yang diberikan Lumosity untuk melatih kemampuan kognitifmu.

Aplikasi Lumosity ini memiliki lebih dari 25 permainan pengasah otak. Selain itu, dia juga bisa memberikan rekomendasi permainan tertentu berdasarkan performa kamu dalam permainan-permainan yang lain. Hal itu agar kamu dapat memperkuat fungsi-fungsi kognisi yang performanya kurang baik. Sayangnya, fitur tersebut hanya dapat kamu buka dengan berlangganan versi premium aplikasi ini (sekitar Rp 700 ribu per tahun).

Memorado

game daya ingatSumber: KryGames

Ketika kamu membuka aplikasi Memorado untuk pertama kalinya, kamu akan dihadapkan pada sebuah survey. Survey ini pada dasarnya menanyakan kemampuan kognitif apa yang ingin kamu latih. Mungkin, selain daya ingat, kamu juga ingin melatih kemampuan multi tasking ataupun konsentrasi.

Berbeda dengan ketiga aplikasi di atas, setiap harinya Memorado memberikan kamu permainan wajib berdasarkan hasil survey. Setelah kamu menyelesaikan permainan wajib tersebut, kamu baru dapat memilih permainan dari daftar yang tersedia.

Sama seperti Lumosity, Memorado juga memiliki fitur premium. Dengan membayar biaya berlangganan, kamu bisa mendapatkan rangkaian permainan yang spesifik untuk melatih kemampuan kognitif pilihanmu. Dengan premium kamu juga mendapat akses tidak terbatas dengan analisis hasil latihanmu.

Oly: Visual Memory

game daya ingatSumber: Google Play

Bagi kamu yang berjiwa muda, suka dengan warna-warna cerah, dan senang karakter kartun, kamu dapat mencoba game daya ingat Oly:Visuam Memory untuk mengasah memori kamu. Permainan yang ditawarkan Oly tidak memiliki variasi luas seperti Memorado ataupun Lumosity. Dalam permainan Oly kamu dihadapkan dengan sejumlah karakter dengan bentuk menyerupai kacang.

Di sini, kamu harus mengingat warna setiap ‘kacang’ dalam beberapa detik. Setelah jangka waktu habis, warna seluruh kacang akan disembunyikan dan kamu bertugas untuk mencocokkan para kacang ini sesuai dengan warna awalnya.

Baca juga: Belajar Lewat Smartphone dengan 5 Aplikasi Edukasi Android Berikut


Tentunya dengan lima rekomendasi aplikasi permainan Android pelatih daya ingat di atas, kamu bisa memilih yang mana yang paling cocok untuk dirimu. Agar kamu dapat menggunakan aplikasi di atas secara maksimal, tanpa terganggu lag dan gangguan koneksi ketika beradu tanggap secara online, sebaiknya kamu menggunakan gadget yang memiliki performa terjamin seperti GENPRO X.

Baca juga: Bedah Spesifikasi Smartphone terbaru GENPRO X

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *