istilah smartphone

7 Istilah Smartphone Unik yang Jarang Diketahui

Semakin berkembangya zaman, semakin banyak pula istilah-istilah smartphone yang bermunculan. Istilah-istilah yang keren hingga ‘nyeleneh’, semua ada. Saking banyak dan unik-uniknya, tidak semua orang pernah mendengar istilah-istilah ini.

Nah supaya pengetahuan kamu semakin luas dan nggak kudate alias kurang update, kamu perlu tahu tujuh istilah smartphone yang jarang diketahui orang ini. Yuk, simak!

Baca juga: Kinerja Smartphone Kamu Bisa Diukur Pakai 6 Aplikasi Ini!


Daftar Istilah Smartphone Biar Kamu Up-To-Date

1. Teman Kecil

istilah smartphone Sumber: Unsplash

Di era digital seperti sekarang, hal yang paling akrab dengan kita mungkin bukan teman sekolah atau kerja, bahkan pasangan kita, melainkan smartphone!

Bangun pagi, yang pertama di cek smartphone. Dalam perjalanan menuju sekolah, kampus, atau tempat kerja, yang ‘dipantengin’ ya smartphone juga. Saat ada waktu senggang dalam aktivitas sehari-hari, umumnya yang dilakukan adalah nge-scrool smartphone. Ketika pulang dari kesibukan sehari-hari, ya smartphone juga yang diperhatiin.

Kebiasaan inilah yang menjadikan smartphone disebut sebagai ‘teman’. Dan, karena ukuran smartphone yang kecil, maka muncul istilah smartphone sebagai teman kecil.

Jadi, kalau ada yang bilang, “Tolong teman kecilnya di-silent” atau “Teman kecilnya harap dikesampingkan dahulu”, nggak usah bingung. Teman kecil yang dimaksud tidak lain dan tidak bukan adalah smartphone.

2. Reboot

istilah smartphone Sumber: Markus Spiske raumrot.com

‘Reboot’ adalah salah satu versi dari beberapa versi istilah smartphone, yang memiliki arti smartphone diputar atau dipersiapkan ulang.

Sebenarnya kata ‘reboot’ berasal dari bahasa Inggris yang berarti pemutaran ulang dalam sebuah sistem komputer. Namun, karena tidak banyak diketahui orang, kata ‘reboot’ seolah seperti istilah smartphone yang unik.

Selain ‘reboot’, versi yang juga umum terdengar adalah restart _ atau _reset. Sedangkan versi lain yang lebih tradisional adalah ‘matiin hidupin lagi’.

Jadi jangan bingung kalau mendengar kalimat, “Smartphone kamu perlu di-reboot”. Bukan artinyasmartphone kamu ribut atau brisik, melainkan smartphone kamu perlu diputar ulang.

3. Nge-lag

istilah smartphone Sumber: Clem Onojeghuo

Lag yang artinya tampilan visual yang terlambat atau tertinggal dari perintah yang diberikan pada sebuah gadget. Kata lag mungkin cukup sering terdengar, apalagi buat yang hobi gadget. Tapi, nggak semua orang mengerti istilah lag loh.

Istilah ‘nge-lag’ kerap bikin orang yang tidak begitu akrab dengan gadget menjadi bingung. Istilah yang lebih mudah dipahami adalah ‘macet-macet’.

Penggunaan istilah ‘nge-lag’ biasa mendeskripsikan keadaan sebuah gadget, “Smartphone nge-lag nih” yang berarti, “Smartphone macet-macet nih!”.

Nah, buat yang biasa bilang macet-macet, supaya lebih keren, ganti deh istilahnya menjadi ‘nge-lag’.

Baca juga: Pengguna Smartphone Android? Pasti 7 Fitur Tersembunyi Smartphone Ini Bisa Mengejutkanmu!

4. Goib

istilah smartphone Sumber: Tookapic

“Beuh goib banget HP lu bro”. Pernah dengar kalimat seperti ini? Istilah serupa yang lebih umum didengar mungkin adalah ‘canggih’.

Istilah ‘goib’ termasuk jarang digunakan dalam mendeskripsikan kualitas smartphone. ‘Goib’ yang dimaksud bukanlah goib yang bernuansa mahluk halus, melainkan kecanggihan suatu gadget yang luar biasa. Seakan gadget tersebut jelmaan mahluk astral.

Jadi, supaya lebih unik, coba saja gunakan istilah ‘goib’ untuk mengapresiasi kualitas sebuah smartphone atau gadget lainnya.

5. Kedaluwarsa

istilah smartphone Sumber: Pixabay

Kedaluwarsa biasa digunakan untuk menandakan makanan yang sudah lewat dari jangka waktu layak konsumsi. Namun, ternyata istilah kedaluwarsa juga digunakan sebagian orang untuk mendeskripsikan smartphone jadoel alias sudah lama.

“Smartphone udah kedarluwarsa tuh! Ganti aja.” Kalimat ini mengartikan bahwa smartphone tersebut sudah menjadi smartphone yang ketinggalan zaman dan sebaiknya diganti smartphone baru.

Buat yang pakai smartphone ‘kedaluwarsa’, yuk mari diganti smartphone-nya.

6. Ca-me

istilah smartphone Sumber: Pixabay

Selanjutnya, istilah smartphone yang jarang diketahui orang-orang adalah ‘ca-me’.

‘Ca-me’ umumnya adalah singkatan dari kata cacat mental. Istilah ini merupakan jenis sindiran kekinian yang mendeskripsikan sesuatu yang tidak sesuai dengan yang semestinya. Kata ini dapat ditujukan ke berbagai hal.

‘Ca-me’ juga disebut sebagai istilah untuk mendeskripsikan smartphone yang sangat lambat atau sering mengalami error. Contoh penggunaan istilah ini adalah, “Ni handphone ca-me banget dah”, dapat dijawab, “Udah kedaluwarsa sih”.

7. Lem Biru

istilah smartphone Sumber: Pixabay

Bukan lem berwarna biru, melainkan lempar beli baru.

Istilah ‘lem biru’ adalah istilah nyeleneh yang sering kali digunakan untuk mendeskripsikan jalan keluar terbaik jika suatu benda sudah rusak.

Penggunaan istilah ’Lem Biru’ adalah sebagai berikut, “Ni handphone ca-me banget deh”, dapat dijawab, “Udah kedaluwarsa sih, lem biru aja!”. Atau “Handphone kamu rusak? Lem biru-in aja.”.

Bagaimana dengan gadget kamu? Ada yang perlu di-’lem biru’?

Baca juga: 7 Fungsi Tersembunyi Smartphone yang Jarang Diketahui!


Bagaimana, sudah tahukah kamu tentang tujuh istilah ini? Jika kamu sudah tahu, hebat! Berarti kamu update banget dengan istilah-istilah smartphone. Jika ada yang belum kamu tahu, selamat! Pengetahuan kamu tentang istilah-istilah smartphone semakin bertambah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *