RAM Smartphone

Jenis RAM Smartphone Android, Smartphone Kamu Pakai yang Mana?

Seperti sebuah perangkat komputer, generasi telepon genggam zaman now yang lebih dikenal dengan nama keren smartphone juga menggunakan RAM. RAM adalah Random Access Memory yang berguna untuk menyimpan data / memory sementara. RAM Smartphone memiliki fungsi yang sangat penting karena semua aplikasi berjalan memerlukan media penyimpanan sementara ini.

Nah, tak jauh berbeda dengan komputer, smartphone juga memiliki benda yang satu ini. Bahkan besaran kemampuan juga hampir bisa disejajarkan. Namun meski sejajar, bukan berarti bisa menjalankan aplikasi untuk komputer karena perbandingan serta mesin yang digunakan pun berbeda.

Jenis RAM Smartphone Android

RAM Smartphone

Berikut ini adalah beberapa jenis RAM untuk smartphone Android.

  1. RAM LPDDR

RAM LPDDR adalah tipe RAM yang merupakan modifikasi dari DDR SDRAM. Modifikasi ini dilakukan karena konsumsi RAM sebelumnya cukup besar sehingga membuat penggunaan baterai smartphone cepat habis. Tegangan memori RAM LPDDR ini juga dikurangi sekitar 2,5 hingga 1,8 v dari versi aslinya. Keunggulan dari RAM LPDDR ini juga karena dia memiliki bentuk yang kecil sehingga tidak memakan banyak ruang di mainboard.

Baca Juga : Inilah Beberapa Konsol Game yang Gagal Total di Zamannya

  1. RAM LPDDR2

RAM LPDDR2 ini memiliki kemampuan yang lebih jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya yakni LPDDR yang standart. Efisiensi daya ketika digunakan juga jauh lebih baik dari sebelumnya. Meski demikian secara umum RAM yang satu ini memang tergolong hemat tenaga.

RAM Smartphone

  1. RAM LPDDR3

LPDDR 3 atau Low Power Date Rate 3 adalah jenis RAM yang merupakan upgrade dari LPDDR2. RAM ini memiliki pita dan rate yang lebih tinggi daripada LPDDR 2. Selain itu penggunaan tenaga juga semakin kecil sehingga hemat baterai smartphone. RAM LPDDR3 memiliki beberapa model yakni, LPDDR3 4GB dan LPDDR3 6GB.

RAM Smartphone

  1. RAM LPDDR4

RAM LPDDR4 adalah jenis RAM generasi terbaru untuk perangkat smartphone dan tablet. Jenis RAM LPDDR4 ini menawarkan banyak perubahan dan dilengkapi dengan beberapa fitur baru yang lebih menarik untuk memberikan perubahan yang mumpuni.

Salah satu vendor yang sudah memproduksi RAM LPDDR4 adalah Samsung.  Samsung sendiri telah memproduksi RAM dengan kapasitas 8 GB LPDDR4 yang menjadi standar baru untuk RAM dengan kecepatan data yang lebih cepat dan hemat daya.

Artikel Menarik : Inilah Beberapa Fakta Mengejutkan Industri Smartphone

Jenis RAM ini diklaim 40 persen lebih hemat daya dibandingkan LPDDR 3 dengan kapasitas RAM yang sama. Memori RAM ini juga  lebih cocok untuk mendukung gadget yang mampu merekam video dengan resolusi 4K dan memotret dengan kamera dengan resolusi 20 mp ke atas. Bandwidth yang disediakan bahkan lebih besar dengan I/O data rate hingga 3200 Mbps.

Hal ini berarti dua kali lebih besar dari DDR3 RAM yang digunakan pada perangkat desktop. Perangkat Android yang akan menggunakan jenis RAM ini adalah Samsung Galaxy S6. Sedangkan smartphone yang sudah menggunakan jenis RAM ini adalah Xiaomi Mi Note Pro, LG G Flex 2.


Nah itu dia beberapa jenis RAM smartphone Android kalian. RAM Smartphone memiliki kegunaan yang sangat penting dalam sebuah perangkat telepon genggam. Apalagi dengan kemajuan smartphone sekarang yang berlomba lomba  untuk menghadirkan fitur multitasking untuk para penggunanya. Maka jangan heran jika dalam beberapa periode kedepan akan muncul jenis RAM baru yang disematkan kedalam smartphone kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *