kebiasaan yang rusak smartphone

Sering Lakukan Kebiasaan Ini? Awas, Jangan Sampai Merusak Smartphone Kamu!

Sebagai salah satu barang yang selalu dibawa ke mana-mana, kamu pasti merawat smartphone canggihmu dengan penuh cinta kasih dan hati-hati. Namun, meskipun sudah memperlakukan smartphone dengan baik, ada saja kebiasaan yang rusak smartphone kamu bila terus-terusan kamu lakukan.

Penasaran? Yuk, hindari 8 kebiasaan yang rusak smartphone berikut!

Baca juga: 7 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Smartphone


Kebiasaan yang Rusak Smartphone

1. Membiarkan Smartphone di-Charge Semalaman

kebiasaan yang rusak smartphoneSumber gambar: Travel and Leisure

Apakah kamu termasuk yang sering melakukan kebiasaan satu ini? Dengan membiarkan smartphone di-charge semalaman banyak yang berharap mendapatkan smartphone dengan baterai penuh di pagi hari.

Menurut juru bicara Anker perusahaan yang memproduksi charger ponsel, smartphone dilengkapi dengan chip yang mencegah smartphone menyerap arus listrik begitu sudah terisi penuh.

Namun, CTO perusahaan pengisian nirkabel Ossia mengatakan bahwa saat di-charge, meningkatkan kecepatan ion litium dalam baterai untuk bergerak kesana kemari. Semakin banyak pergerakan yang dilakukan oleh ion litium, semakin banyak pula aus yang ditimbulkan sehingga dapat mengurangi umur baterai smartphone.

So, walaupun smartphone tahu kapan baterai sudah penuh, tetap saja lebih baik untuk menghindari kebiasan men-charge smartphone semalaman. Namun jika kamu tidak punya waktu lain untuk cas smartphone kecuali di malam hari, kamu bisa membeli stopkontak yang dilengkapi dengan timer yang bisa di-set sesuai dengan waktu yang diinginkan.

2. Main Smartphone Saat Di-charge

kebiasaan yang rusak smartphoneSumber gambar: Twitter

Saat smartphone sedang di-charge yang cenderung membutuhkan waktu lama, kadang membuat tangan kamu gatal untuk memainkannya. Padahal, kebiasaan buruk yang satu ini bisa membuat baterai smartphone lebih cepat rusak.

Saat proses charging, smartphone memang akan menjadi sedikit lebih panas. Kalau ditambah dengan kamu yang intens memainkannya walaupun sedang di-charge, smartphone akan menjadi sangat panas dan menyebabkan ion litium rusak sehingga kinerja baterai juga menurun.

Makanya, lain kali kamu harus menahan keinginan untuk memainkan smartphone yang sedang di-charge dan juga meletakkan smartphone di tempat yang tidak terpancar matahari langsung.

3. Meletakkan Smartphone Di Mobil

kebiasaan yang rusak smartphoneSumber gambar: Youtube

Temperatur yang terlalu panas bisa membuat smartphone rusak, loh! Jika kamu punya kebiasaan buruk meletakkan smartphone di mobil, terutama di bagian dasbor yang terkena sinar matahari langsung, atau menggunakan smartphone dekat mesin yang mengeluarkan panas, kinerja baterai smartphone akan terpengaruh.

Baterai smartphone akan bekerja dengan baik di temperatur +20 hingga +30 derajat celcius. Kalau smartphone terekspos panas berlebih, bahan kimia dalam baterai dapat menyebabkan baterai smartphone membengkak. Selain itu, mekanisme distorsi pada komponen smartphone bisa menyebabkan korsleting.

4. Pakai Charger Abal-abal

kebiasaan yang rusak smartphoneSumber gambar: Mako

Walaupun semua charger memiliki fungsi yang sama yaitu mengisi daya baterai smartphone kamu, akan tetapi menggunakan charger abal-abal bisa membuat smartphone panas, waktu pengecasan yang lambat hingga berbahaya karena bisa menimbulkan percikan api. Apalagi setiap charger memiliki amphere yang berbeda-beda dan belum tentu sesuai dengan

Charger abal-abal bisa menimbulkan panas berlebih yang menyebabkan sengatan listrik hingga terbakar. Oleh karena itu, jangan tergoda oleh charger abal-abal walaupun harganya jauh lebih murah dari charger resmi.

Baca juga: 6 Pertolongan Pertama Ketika Smartphone Lag

5. Meletakkan Smartphone Dekat Medan Magnet

kebiasaan yang rusak smartphoneSumber gambar: Wikipedia

Tidak seperti televisi zaman dulu yang layarnya berubah warna saat didekatkan dengan magnet, elektronik zaman kini seperti smartphone tidak akan mengalami hal tersebut. Akan tetapi kebiasaan buruk yang satu ini ternyata bisa membuat sensor kompas di smartphone jadi kurang tepat.

Mungkin kamu berpikir hal tersebut tidaklah masalah karena fitur kompas jarang digunakan. Namun ada aplikasi penting seperti Google Maps yang menggunakan sensor kompas untuk mendeteksi arah smartphone kamu dihadapkan sebagai informasi untuk menunjukkan jalan ke tempat tujuan.

6. Membiarkannya Smartphone Mati Baru Di-Charge

kebiasaan yang rusak smartphoneSumber gambar: TechRepublic

Tahukah kamu kalau baterai yang dicas dalam jangka waktu panjang memberikan dampak lebih buruk daripada smartphone yang dicas dalam jangka waktu sebentar-sebentar? Ini menandakan kalau kebiasaan buruk membiarkan smartphone mati baru dicas dapat mengurangi kinerja baterai.

Smartphone yang dicas sebentar-bentar misalnya dari 50 ke 100 persen dapat memperpanjang masa pakai baterai karena bisa terjadi 1.200 – 1.500 kali sebelum kapasitasnya turun ke 70 persen dibandingkan 300 hingga 500 jika dicas dari 0 hingga 100 persen.

Makanya, biar kinerja baterai lebih efektif, isi baterai smartphone kamu ketika 40-50 persen dibandingkan dengan men-charge-nya kalau sudah 0 persen.

7. Charging Dengan Output Lighter Mobil

kebiasaan yang rusak smartphoneSumber gambar: Autoevolution

Jika kamu termasuk yang senang melakukan charging menggunakan power output yang ada di lubang pemantik api mobil, sebaiknya kurangi kebiasaan yang rusak smartphone satu ini.

Hal ini karena tegangan listrik mobil yang tidak stabil sehingga berpengaruh terhadap tegangan output-nya yang kemudian menyebabkan baterai menggembung bahkan sampai meledak.

8. Menyimpan di Saku Celana

kebiasaan yang rusak smartphoneSumber gambar: PCWorld

Kebiasaan buruk yang terakhir adalah menyimpan smartphone di saku celana. Smartphone bisa saja jatuh dan pecah karena saku kamu kurang dalam. Selain itu, tekanan dari saku celana yang sempit juga bisa menyebabkan layar retak hingga pecah dan juga membuat body smartphone menjadi bengkok.

Tidak hanya itu, baterai smartphone juga bisa rusak karena serat dari saku bisa masuk ke lubang charger dan memperlambat hingga memblok pengisiannya. Oleh karena itu, jangan sering-sering memasukkan smartphone ke dalam saku celana, ya!

Baca juga: 7 Fungsi Tersembunyi Smartphone yang Jarang Diketahui!


Nah, setelah mengetahui berbagai kebiasaan buruk diatas, kamu bisa mulai perlahan-lahan menghilangkan kebiasaan yang rusak smartphone tersebut.

Kalau nggak bisa menghilangkan kebiasaan buruk tersebut, itu artinya cepat atau lambat kamu mesti ganti smartphone. Salah satu yang bisa kamu jadikan referensi adalah GENPRO X dengan spesifikasi baterai 2.650 mAh dan jaringan 4G LTE untuk penggunaan yang kencang dan tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *