perlindungan Layar Smartphone

Kenali Jenis Layar Smartphone Milikmu, Sudah Paling Baik?

Layar sentuh pada smartphone adalah bagian paling penting. Selain sebagai media display, layar sentuh juga menjadi tempat dimana user menempatkan jarinya untuk mengakses perangkat mereka. Teknologi layar sentuh menggantikan teknologi sebelumnya yang menggunakan keyboard maupun analog untuk penggunaan telepon genggam.

Sejak awal penggunaannya, layar sentuh pada smartphone telah banyak sekali mengalami upgrade Geeks. Nggak hanya dari kualitas warna yang mampu dihasilkan saja. Namun juga kini telah diperkuat dengan teknologi antigores. Pengembangan ini mengingat sebagai part paling penting dari sebuah smartphone yang rentan sekali rusak ketika terjatuh maupun tergores.

Baca Juga : Tips Fotografi Smartphone Dari Ahli yang Perlu Kamu Tahu

Sebelumnya, kita mungkin mengenal teknologi ini dengan sebutan LCD. LCD adalah Liquid Crystal Display yang menggunakan elemen kristal cair sebagai bahan gerak utama. LCD semakin populer digunakan pada layar smartphone karena kemampuannya untuk tampil tetap baik dibawah sinar matahari.

Jenis Layar Smartphone

Berikut di bawah ini akan admin kasih tau mengenai beberapa jenis layar smartphone, baca hingga habis ya guys, siapa tau layar smartphone kamu masuk.

LCD

Jenis layar smartphone lcd

LCD merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display, Untuk menghasilkan warna, LCD terbuat dari lapisan kristal cair yang dibantu dengan cahaya backlight  sehingga kaya akan warna,  LCD menjadi andalan smartphone yang terbilang lawas.

Walau begitu teknologi ini sangat bagus dan memiliki kelebihan menampilkan gambar yang baik walau terkena sinar matahari  langsung, ini disebabkan cahaya backlight yang ada di belakang layar.

TFT LCD 

Jenis layar smartphone tft

TFT Thin Film Transistor, Merupakan pengembangan dari layar LCD, sehingga kualitas gambar menjadi lebih baik dari pada LCD biasa. Selain kualitas, TFT juga memiliki resolusi yang tinggi dan mendukung jutaan warna.

Layar IPS

Pengembangan dari layar LCD adalah layar IPS (In Plane Switching) yang mampu tampil lebih baik dibawah paparan sinar matahari. Layar IPS juga memiliki kemampuan untuk tampil dengan mengkonsumsi lebih sedikit daya baterai. Karena kemampuannya menampilkan warna lebih baik, maka kualitas gambar yang dihasilkan pun tidak main main. Layar IPS kebanyakan digunakan oleh smatphone Android dengan pasar medium.

Layar OLED

layar smartphone oled

Layar OLED adalah sebuah teknologi layar smartphone, yang juga diterapkan di monitor perangkat lain. OLED sendiri adalah kepanjangan dari Organic Light Emiting Diode. Sebuah layar OLED mampu menghasilkan warna yang lebih baik jika dibandingkan dengan layar IPS, serta memiliki respon yang lebih baik ketika disentuh. Sudut pandang juga menjadi lebih luas, serta konsumsi baterai yang lebih sedikit membuat OLED lebih diminati dibandingkan dengan layar IPS.

Layar AMOLED

Jenis layar amoled

Merupakan upgrade dari layar OLED, jenis layar yang satu ini banyak digunakan untuk smartphone high-end dengan harga yang cukup tinggi. Layar AMOLED memiliki kompenen bawaan yang berupa molekul organik yang dapat menghasilkan cahaya ketika dialiri listrik. Layar AMOLED memberikan pengguna sensasi tajam ketika menonton gambar atau mempreview foto. Layar AMOLED juga telah memiliki kemampuan untuk menghemat penggunaan daya baterai.

Layar Super AMOLED

Jenis Layar Smartphone

Layar Super AMOLED merupakan lanjutan dari layar AMOLED yang telah disebutkan sebelumnya. Layar Super AMOLED memiliki sensor sentuh yang terpisah yang berada pada lapisan luar dan dalam. Karena itulah layar Super AMOLED memiliki responsibilitas yang lebih daripada layar AMOLED biasa.

Pelindung Layar Smartphone

Jenis Layar Smartphone diatas perlu perlindungan yang lebih karena ketika terjatuh akan sangat mudah sekali tergores, retak, bahkan pecah. Untuk Melindunginya admin juga akan memberi ulasan sedikit mengenai Pelindung Layar Smartphone atau biasa di sebut Screen Protector.

Corning Gorilla Glass

pelindungan layar smartphone gorilla glass

Gorilla Glass merupakan teknologi layar sentuh yang diciptakan oleh sebuah perusahaan bernama Corning. Produk layar sentuh ini dikenal memiliki ketahanan terhadap goresan maupun jatuh yang biasanya menimbulkan kerusakan pada layar. Tak hanya dikenal ketahanannya, namun Gorilla Glass juga dikenal berorientasi pada user dengan menghadirkan layar yang tipis agar nyaman digunakan.

Artikel Menarik : 5 Calon Rival Bitcoin yang Semakin Naik Pamor

Gorilla Glass sendiri memiliki beberapa jenis dan upgrade yagn telah dilakukan. Mulai dari Corning Gorilla Glass pertama yang memiliki ketahanan melebihi layar sentuh biasa. Layar yang digunakan adalah kaca dengan kualitas terbaik sehingga memiliki ketahanan dari goresan. Dan pada Corning Gorilla Glass pertama ini, mereka telah menggunakan bahan yang cukup tipis sehingga tidak mengurangi kenyamanan pengguna maupun dimensi smartphone.

perlindungan Layar Smartphone corning

Kemudian ada Corning Gorilla Glass kedua yang telah berhasil mengurangi ketebalan dari Gorilla Glass pertama sebanyak 20%. Jenis Gorilla Glass ini juga telah melewati uji tekanan hingga 60kg tanpa kerusakan sama sekali. Beberapa perangkat smartphone di tanah air telah menggunakan layar yang satu ini.

perlindungan Layar Smartphone corning 3

Setelah Gorilla Glass 2, kemudian hadir Corning Gorilla Glass ketiga yang mampu menahan goresan hingga empat kali lipat jika dibanding versi sebelumnya Geeks. Dan pada Gorilla Glass 3 ini juga dilengkapi dengan fitur Never Damage Resistance yang membuat layar ini tetap mulus walau terkena benturan yang kuat.

perlindungan Layar Smartphone corning 4

Dan yang terakhir adalah Corning Gorilla Glass keempat yang memiliki ketahanan sepuluh kali lipat dibanding versi sebelumnya. Corning Gorilla Glass 4 ini sendiri banyak ditemukan di smartphone dengan kualitas high-end mengingat harga produksinya yang masih mahal. Namun, nggak perlu diragukan lagi untuk ketahanan upgrade terakhir dari seri Gorilla Glass ini.

Dragontrail Glass

perlindungan Layar Smartphone

Produk satu ini dikembangkan oleh Asahi Glass, untuk produk pelindung layar smartphone satu ini tidak bisa dianggap remeh, karena Dragontrail Glass ini bisa di bilang anti gores yang sangat kuat karena dapat ditimpa beban hingga 60KG, kaca sebagai pelindungnya juga memiliki ketebalan 1mm.

Kingkong Glass

perlindungan Layar Smartphone kingkong

Kingkong Glass adalah pelindung layar smartphone yang di claim sangat kuat bahkan melebihi gorilla glass loh. Sesuai dengan namanya ya Kingkong Glass, tentu glass ini akan menjadi andalan untuk melindungi layar smartphone kalian, karena Kingkong Glass ini di claim anti retak anti gores dan anti pecah. Untuk ketebalan layar, Kingkong glass masih kalah dari dragontrail glass, yaitu berukuran 0,3mm sedangkan dragontrail glass 1mm


Wow ternyata yang paling banyak jenis nya itu Corning Gorilla Glass ya guys, dan tidak bisa dipungkiri jika Corning Gorrilla Glass juga memiliki kualitas yang sangat bagus. Namun Dragontrail Glass atau Kingkong Glass juga tidak kalah kualitasnya jika dibandingkan Corning Gorilla Glass.

Bahkan jika diadu dengan ketahanan maka bukan tidak mungkin Gorilla Glass juga bisa kalah loh, jadi untuk jenis-jenis layar smartphone bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan atau keinginan kalian ya. Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *