Kerja Lewat Smartphone Kapan Saja dan Dimana Saja? Yuk, Lihat 5 Tips Ini!

Bekerja, apalagi kalau hanya di kantor saja, bisa menimbulkan rasa bosan dan jenuh yang akhirnya berujung pada penurunan performa kerja. Tapi, kamu bisa memanfaatkan gadget GENPRO yang kamu miliki! Seperti smartphone misalnya. Memang, pada awalnya smartphone belum bisa menunjang kegiatan bekerja. Tapi, seiring berkembangnya smartphone ke arah yang semakin canggih, kamu sudah bisa kerja lewat smartphone, lho!

Disebut ponsel pintar, smartphone pasti mempunyai fungsi yang lebih dari sekadar untuk telepon dan mengirim pesan. Kamu bahkan bisa bekerja kapanpun dan dimanapun dengan smartphone! Berikut adalah 5 tips agar kamu bisa kerja lewat smartphone.


Kerja Lewat Smartphone

1. Manfaatkan Keyboard Portable

kerja lewat smartphone

Sumber: Rethink Modern

Bekerja dengan menggunakan layar sentuh atau touchscreen memang membutuhkan adaptasi yang cukup lama. Nah, daripada membuang waktu untuk mengadaptasikan jari-jarimu, lebih baik langsung saja menggunakan keyboard portable.

Tidak hanya tablet PC saja yang bisa dipasangkan keyboard, smartphone-pun mempunyai portable keyboard-nya sendiri. Umumnya, keyboard portable smartphone bisa disimpan dengan mudah dan tidak terlalu membutuhkan banyak ruang.

Nah, dengan begini kamu akan merasa seperti bekerja di depan layar komputer. Bedanya, kini layar terlihat jauh lebih kecil dan ringan.

2. Unduh Aplikasi Kantoran

kerja lewat smartphone

Sumber: Ciupa

Nggak seperti laptop ataupun komputer yang memang dirancang untuk melakukan tugas kantoran, fungsi utama smartphone adalah untuk komunikasi dan entertainment.

Maka dari itu, kamu perlu mengunduh beberapa aplikasi kantoran seperti EverNote, Dropbox, aplikasi planner, Skype, Ms. Office, atau Google Drive.

Dengan beberapa aplikasi ini, smartphone pun akan terasa sama seperti laptop atau komputer. Bahkan beberapa aplikasi kantoran smartphone bisa menawarkan fungsi lebih canggih daripada software laptop atau komputer sendiri.

3. Gadget Tambahan

kerja lewat smartphone

Sumber: Fortune

Untuk bekerja di smartphone kapanpun dan dimanapun kamu berada, kamu pasti memerlukan koneksi internet yang maksimal.

Jangan merugikan diri kamu sendiri dengan menggunakan paket data untuk bekerja. Cobalah cara yang lebih hemat. Contoh, membeli WiFI portable. Pastinya pengisian paket data WiFi portable pun lebih hemat dibanding dengan mengisi paket di smartphone.

Selain itu, karena smartphone terus menjalani aplikasi kantor yang cukup menggunakan daya, maka lebih baik kamu siapkan powerbank. Dengan powerbank yang selalu sedia, kamu bisa bekerja bebas tanpa rasa khawatir.

4. Memaksimalkan fungsi smartphone

kerja lewat smartphone

Sumber: Mobile Siri

Nah, banyak juga fungsi smartphone yang masih belum terlalu banyak diberdayakan. Contohnya, pada smartphone yang berbasis Android kamu bisa menggunakan Multi-Window. Selain itu, smartphone mempunyai fitur multitasking yang bisa menolong kamu mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus.

Gunakan juga fitur low power mode untuk menghemat daya yang dikeluarkan mesin smartphone.

Sekarang, smartphone dilengkapi asisten pribadi seperti Siri, Cortana, atau Google Now. Nah, hanya dengan mendiktekan ke smartphone, smartphone bisa melakukan tugas yang kamu mau.

Fitur asisten pribadi pada smartphone umumnya digunakan untuk pencarian informasi. Nah, jadi kamu nggak perlu susah-susah ke aplikasi browsing lagi, langsung saja diktekan apa yang ingin kamu cari ke smartphone.
.

5. Mainkan fitur Do Not Disturb dan Airplane Mode

kerja lewat smartphoneSumber: Venture Beat

Kalau kamu termasuk salah satu dari sebagian besar orang yang mudah terdistraksi karena notifikasi, maka bekerja melalui smartphone bisa menjadi hal yang risky.

Untuk itu, jika kamu nggak terlalu ingin diganggu manfaatkan fitur Do Not Distturb atau Airplane Mode. Apa sih bedanya? Di fitur Do Not Disturb, nomor kamu masih bisa dihubungi, hanya saja kamu nggak akan menerima notifikasinya.

Berbeda dengan fitur Airplane Mode yang men-disconnect semua komunikasi keluar ataupun masuk, termasuk koneksi WiFi. Umumnya jika pekerjaan kamu nggak membutuhkan koneksi internet, maka kamu bisa langsung menggunakan Airplane Mode.

Pokoknya, jangan biarkan pekerjaan kamu menjadi terganggu oleh notifikasi yang nggak terlalu penting.


Nah, dengan tips untuk kerja lewat smartphone kapanpun dan dimanapun, untuk apa terus mengurung diri dan merasa bosan di ruang kantor?

Pastikan juga, smartphone yang kamu gunakan mempunyai spesifikasi yang cukup untuk menampung aplikasi-aplikasi kantoran. Bagi kamu seorang desainer, coba juga smartphone dengan graphic card dan GPU yang mumpuni.

Dengan begini, ketika travelling pun kamu nggak perlu khawatir kerjaan nggak selesai. Karena sekarang smartphone sudah cukup canggih untuk menjadi pengganti laptop dan komputer.

Selamat bekerja, guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *