start menu windows 10

Tips-Tips Kostumisasi pada Start Menu Windows 10

Mungkin selama ini dalam memakai Windows 10, banyak pengaturan yang mungkin masih belum kamu ketahui, terutama pada bagian Start Menu-nya.

Misalnya, kamu bisa membuat tampilan Start Menu Windows 10 kamu menjadi semenarik mungkin sesuai keinginanmu. Kamu juga bisa mengatur sedemikian rupa untuk mempermudahmu membuka sebuah aplikasi!

Apa saja sih, hal yang bisa kamu atur dalam Start Menu Windows 10? Yuk, cari tahu!

Tampilan penuh pada Start Menu Windows 10?

Apakah kamu penyuka tampilan penuh pada Start Menu windows 10mu? Nah, bagi yang tidak, kamu bisa merubah ukuran Start Menu Windows 10 sesuai selera, loh!

Kamu bisa mengarahkan kursor kamu ke tepi atas Start Menu dan secara otomatis akan menyesuaikan bentuk Start Menu yang kamu sukai.

Hal ini bisa membuat layar kamu memiliki ruang lebih di luar Start Menu. Untuk sisa ruangnya, kamu bisa membuat notes untuk catatan penting! Hidup jadi sedikit lebih mudah, bukan?

start menu windows 10

Sumber: howtogeek.com

Warna-warni menghiasi Start Menu

Kamu pasti punya warna favorit kan? Sekarang, warna favoritmu juga bisa ditampilkan di Start Menu Windows 10! Hal-hal kecil seperti inilah yang membuat hidup sedikit lebih menyenangkan.

Caranya mudah, kamu cukup klik kanan pada Start Menu, lalu pilih “Personalize”. Akan muncul tampilan jendela dan kamu bisa klik bagian “Colors”. Ini akan memunculkan banyak pilihan warna sesuai keinginanmu.

Jika kamu ingin warnanya cocok dengan background wallpaper, kamu bisa mencentang “Automatically pick an accent color from my background”. Ketika sudah menentukan pilihan, jangan lupa klik save changes.

start menu windows 10

Sumber: windows.com

Tambah, hapus, memperbesar, memperkecil kotak aplikasi (tiles)

Kurang puas dengan kotak aplikasi (tiles) di Start Menu Windows 10 kamu? Merasa aplikasinya tidak terlalu diperlukan?

Kamu bisa menghapus kotak aplikasinya dan menambah kotak aplikasi yang kamu butuhkan, loh! Hal ini membuat hidupmu sedikit lebih praktis, karena kamu bisa lebih cepat membuka aplikasi yang sedang dibutuhkan dalam keadaan buru-buru.

Untuk menambah kotak aplikasi, kamu dapat klik kanan pada aplikasi yang mau kamu tambah dan pilih “pin to start”.

start menu windows 10

Sumber: howtogeek.com

Sebaliknya, jika kamu tidak menginginkan aplikasi tersebut, kamu tinggal pilih “unpin from start”. Mudah bukan?

start menu windows 10

Sumber: howtogeek.com

Selain menambah atau menghapus aplikasi pada Start Menu Windows 10, kamu juga bisa mengatur besar ukuran kotak aplikasi agar tampilannya menjadi semakin minimalis!

Caranya mudah. Kamu cukup klik kanan pada aplikasi yang ingin diubah ukuran, kemudian pilih “resize”. Kamu akan mendapatkan 4 pilihan ukuran, yaitu small, medium, wide, dan large. Silakan berkreasi!

start menu windows 10

Sumber: howtogeek.com

Non-aktifkan tampilan aplikasi yang sering digunakan atau baru ditambahkan

Dalam tampilan Start Menu Windows 10 kamu akan disuguhi tampilan aplikasi yang sering digunakan dan yang baru saja ditambahkan. Hal ini memudahkan kamu untuk menggunakan aplikasi yang sering digunakan.

start menu windows 10

Sumber: howtogeek.com

Namun, untuk kamu yang tidak suka terhadap usulan dari Windows ini, kamu bisa menghilangkannya dengan klik kanan pada Start Menu dan pilih “Personalize”. Akan muncul tampilan jendela, yang perlu kamu klik bagian “Start”-nya.

Akan muncul pilihan di sebelah kanan. Kamu tinggal geser tombol “show most used apps” dan “show recently added apps” ke kiri untuk mematikan, dan ke kanan untuk menyalakannya kembali.


Nah, itulah beberapa tips sederhana kostumisasi pada Start Menu Windows 10 yang bisa kamu coba. Selamat menikmati Windows 10 yang lebih praktis, cantik, dan lebih ‘kamu’! Buruan dicoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *