10 Aplikasi Email Terbaik untuk Windows 10

Saat ini, email telah menjadi bagian penting dari komunikasi karena memudahkan interaksi secara cepat, khususnya dalam pekerjaan ataupun bisnis.

Secara teknis, mungkin tidak semua orang membutuhkan fitur yang kompleks, atau terkadang justru fitur tertentu sangat dibutuhkan. Hal itu pula yang membuat beberapa perusahaan berlomba-lomba menciptakan aplikasi email untuk menjawab kebutuhan para pengguna layanan email.

Seiring dengan banyaknya penyedia aplikasi email yang ada di pasar, sangat wajar jika pengguna menjadi bingung dalam memilih. Untuk itu, berikut penjelasan dari kami tentang 10 aplikasi email yang bisa meningkatkan produktivitas kerjamu!

1. Claws mail

aplikasi emailSumber: wikimedia

Jika kamu pernah merasakan kesederhanaan user interface pada Windows XP, itu pula yang akan kamu temukan pada Claws Mail. Meskipun begitu, Claws Mail lebih direkomendasikan kepada pengguna yang telah mahir dengan pengaturan lanjutan pada aplikasi.

Hal ini dikarenakan aplikasi email yang satu ini memungkinkan para pengguna untuk mengatur penyaringan email dan beberapa akun tanpa bantuan Wizard maupun tombol easy-import. Selain itu, Claws Mail juga mengharuskan kamu untuk mengatur POP3/IMAP secara manual.

Sayangnya, kamu tidak dapat mengirimkan pesan HTML melalui Claws Mail. Tapi di lain sisi, kamu dapat menggunakan beberapa akun email sekaligus tanpa batasan jumlah di sini. Kecepatan proses juga menjadi keunggulan Claws Mail berkat pengoptimalan fitur-fiturnya. Ditambah lagi, bugs jarang ditemukan berkat update yang dilakukan secara intens oleh tim.

2. eM client

aplikasi emailSumber: alternativeto

Aplikasi email yang satu ini memiliki beberapa fitur utama seperti Contact, Calendar, dan integrasi tugas. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan fitur live chat dan pengiriman dokumen. Namun, perlu diingat bahwa eM Client hanya memberikan akses gratis untuk penggunaan 2 akun email. Penambahan lebih banyak akun dapat dilakukan dengan berbayar (sekitar $50).

eM Client menyediakan penerjemah melalui Bing Translator buat kamu yang ingin mengirimkan email ke bahasa asing. Dengan fitur spell-check pada aplikasi, kemungkinan kesalahan pada email yang kamu ketik menjadi lebih kecil.

3. Inky

aplikasi emailSumber: otherinbox

Bicara soal user interface, Inky dapat dikatakan lebih unggul dibanding aplikasi email lainnya. Desain yang bersih dan tombol-tombol yang tersusun rapih memudahkan pengguna untuk bekerja.

Fitur yang menjadi kelebihan Inky adalah auto-tagging. Sebuah fitur yang mampu mengelompokkan email ke dalam jenis tag yang relevan, sehingga kamu dapat mencari email yang dibutuhkan dengan lebih mudah.

Inky juga menjamin keamanan dengan fitur end-to-end encryption untuk menghindari kebocoran informasi personal setiap penggunanya. Selain itu, Inky dapat melakukan sinkronisasi dengan versi mobile. Sayangnya aplikasi ini tidak memiliki fitur data synchronization ketika bekerja secara offline.

Buat kamu yang ingin menggunakan Inky secara gratis, kamu wajib memiliki salah satu akun dari Outlook, Gmail, atau iCloud. Jika tidak, kamu diharuskan membayar biaya sebesar US$ 5/bulan untuk menggunakannya setelah masa 14 hari trial telah berlalu.

4. Mailbird

aplikasi emailSumber: getmailbird

Mailbird adalah salah satu aplikasi email yang paling mudah digunakan di Windows 10. Seperti yang dilansir pada itworld, kamu dapat menggunakan berbagai akun email di Mailbird tanpa mengkhawatirkan performa dari aplikasi ini.

Mailbird juga terintegrasi ke berbagai aplikasi lain yang tentu saja sangat memudahkan kamu dalam bekerja, seperti: Google Calendar, Dropbox, Twitter, Facebook, dan lainnya. Jika perlu, kamu juga bisa mengirimkan pesan HTML melalui Mailbird.

Kamu dapat menggunakan Mailbird secara gratis, namun dengan batasan fitur tertentu. Kamu dapat menggunakan fitur penuh Mailbird dengan biaya US$ 1/bulan atau US$ 45 untuk seumur hidup.

5. Mozilla Thunderbird

aplikasi emailSumber: brilblogger

Aplikasi email besutan Mozilla ini memiliki keunikan tersendiri dengan extension manager-nya layaknya sebuah browser. Bila kamu menggunakan banyak akun, Thunderbird juga dilengkapi dengan activity manager yang dapat kamu gunakan saat kebingungan mencari email.

Kelebihan lainnya? Thunderbird memiliki Fitur RSS feed reader, sebuah fitur yang secara dinamis mencari informasi terkait feed (topik) yang kamu subscribe.

Fitur-fitur standar lainnya seperti address book dan attachment reminder. Selain itu, tentunya ada spam filter yang diperlukan untuk menghindari kotak masuk dipenuhi oleh email tidak penting atau bahkan mengandung virus.

6. Opera mail

aplikasi emailSumber: dobreprogramy

Kamu pasti pernah mendengar nama Opera Browser bukan? Ya, perusahaan yang sama juga menciptakan aplikasi email bernama Opera Mail.

Apa kelebihannya? Opera Mail memiliki kemampuan proses yang cepat, sehingga dipercaya sebagai aplikasi yang cukup ringan. Oleh karenanya, Opera Mail menjadi pilihan yang baik untuk keperluan bisnis. Terdapat berbagai fitur seperti penyaringan email, pengurutan email dari tipe tertentu, hingga banyaknya modifikasi lain yang dapat kamu atur sesuai kebutuhan.

Sama seperti Thunderbird, Opera Mail juga memiliki fitur feed reader. Sedangkan dari sisi UI, Opera Mail tidak terlalu bisa dijadikan panutan.

7. Outlook

aplikasi emailSumber: vr-zone

Siapa yang tidak mengenal Outlook? Aplikasi email besutan Microsoft ini dikenal dengan fitur yang lengkap untuk mendukung produktivitas melalui email. Outlook juga dilengkapi dengan fitur kalendar, kontak, dan catatan yang terpadu dalam PC dengan Windows 10.

Fitur unik Outlook adalah kamu bisa menyesuaikan nada notifikasi email berdasarkan dengan keyword tertentu. Selain itu, Outlook juga bisa secara otomatis memisahkan email pribadi dan kerja ke folder yang berbeda. Menarik bukan?

Fitur dan fungsi yang dapat dilakukan dengan Outlook sangat kompleks. Sayangnya hal tersebut bisa membuat pengguna pemula menjadi bingung. Namun, banyak hal menarik yang dapat meningkatkan produktivitasmu jika kamu sudah menguasai Outlook.

8. Touchmail

aplikasi emailSumber: topmobilebuzz

Ini dia salah satu aplikasi email terbaik yang cocok di tablet Windows 10 kamu. TouchMail didesain secara khusus agar nyaman digunakan melalui layar sentuh pada tablet. Berbeda dengan aplikasi lainnya, TouchMail menyimpan setiap email ke dalam folder yang disusun berdasarkan alamat email tertentu. TouchMail juga tampil cerah dengan paduan warna yang menarik.

Kamu juga dapat menggunakan beberapa akun pada aplikasi TouchMail. Untuk menggunakan TouchMail, kamu bisa mengunduh melalui Microsoft Store secara gratis, namun terdapat beberapa fitur yang harus dibeli.

9. Yahoo

aplikasi emailSumber: winbeta

Yahoo pada awalnya merupakan aplikasi email berbasis web. Pada September tahun lalu, Yahoo meluncurkan aplikasi Yahoo Mail yang dapat diakses melalui Windows 10. Hal ini menjadi kemudahan tersendiri bagi para pengguna setia Yahoo yang telah berjumlah 280 juta user ini (per April 2016).

Apa yang baru dari Yahoo Mail kali ini? Well, kamu bisa menggunakan desktop notification agar selalu menerima pemberitahuan akan email yang masuk ke inbox sepanjang hari. Kamu juga dapat mengubah tema pada inbox dengan gambar dari Flickr, serta melampirkan file berupa image maupun dokumen dengan cepat. Namun, kamu wajib menggunakan akun Yahoo untuk menggunakan aplikasi yang satu ini.

10. Zimbra

aplikasi emailSumber: wiki

Zimbra menyediakan tabbed interface, tampilan yang memudahkan pengguna untuk navigasi. Meskipun tampilan Zimbra terlihat kurang up to date, namun fungsi dari fitur-fitur yang dimiliki tetap mampu mendukung produktivitas kerjamu.

Zimbra dapat digunakan dengan akun email dari berbagai penyedia seperti Google, Yahoo dan lainnya. Selain itu, aplikasi email yang satu ini juga memungkinkan kamu untuk mengakses media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Kelebihan Zimbra adalah kamu tetap bisa bekerja secara offline karena Zimbra menyimpan data melalui local disk pada tablet.

Perhatikan tabel berikut agar kamu lebih mudah memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing aplikasi email:

aplikasi-email-a aplikasi-email-b aplikasi-email-c aplikasi-email-d aplikasi-email-e

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *