gadget edukasi

5 Gadget Edukasi Luar Biasa, Baik Bagi Anak-anak dan Dewasa

Sekarang ini, gadget merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam keseharian kita. Mulai dari sosialisasi, hingga bepergian, bahkan gadget edukasi untuk pendidikan anak-anak hingga dewasa!

Fungsi edukatif dari gadget memang kadang sering dilupakan. Padahal, dengan teknologi edukasi dapat menjadi semakin interaktif, menarik, dan mudah.

Ingin tahu gadget apa saja yang bisa kamu manfaatkan sebagai media edukasi? Mari simak ulasannya.

Baca juga: Belajar Lewat Smartphone dengan 5 Aplikasi Edukasi Android Berikut


Gadget Edukasi

1. VTech V.Reader

gadget edukasiSumber: Chip Chicklets

Gadget edukasi satu ini merupakan tablet bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan kognitif. Pada usia 3-7 tahun, pembelajaran linguistik dan bahasa amatlah penting. Karena, pada usia segitulah anak-anak dapat menerima berbagai pelajaran dengan cepat.

Kalau biasanya anak-anak hanya belajar bahasa dari orangtua, sekarang ini VTech V.Reader dapat membantu. VTech V.Reader merupakan tablet yang menampilkan cerita interaktif bagi anak-anak. Tidak hanya didukung dengan grafik yang menarik, gadget ini juga mendorong anak untuk mandiri dalam belajar.

2. Nintendo Wii

gadget edukasiSumber: Jonathio

Nintendo Wii memang gadget permainan yang menghibur, tapi bukan berarti ia tidak bisa menjadi media edukasi. Ada cukup banyak permainan yang ditujukkan sebagai media edukasi, contohnya Big Brain Academy: Wii Degree.

Permainan tersebut mencakup berbagai tantangan kecil yang dirancang untuk merangsang fungsi otak. Mulai dari memori, kemampuan untuk mengenali pola, matematika, dan juga logika. Tidak hanya itu saja, melalui Nintendo Wii, anak-anak bisa memperkuat fungsi motorik dan juga keseimbangan sensor otak.

Selain baik untuk pembelajaran, permainan dalam Nintendo Wii juga dapat membantu perkembangan sosial bila dimainkan bersama teman-teman.

3. VTech MobiGo 2

gadget edukasiSumber: Life With 4 Boys

Bila V.Reader merupakan pencerita interaktif, maka MobiGo 2 adalah gadget spesial untuk permainan edukasi. Permainan untuk MobiGo 2 juga beragam dan dapat dengan mudah di-download.

Cara berinteraksi dengan gadget ini juga beragam. Anak dapat menggunakan mikrofon, sensor gerakan pada MobiGo 2, touch screen, ataupun keyboard yang dapat ditarik keluar dari gadget.

4. Smartphone

gadget edukasiSumber: Pexels

Bagi kamu yang ingin belajar bahasa asing, entah itu Perancis, Jerman, ataupun Korea, smartphone bisa jadi media edukasi praktis yang tidak kamu sadari. Pasalnya ada berbagai aplikasi gratis yang dapat kamu manfaatkan. Misalnya saja Duolingo dan HelloTalk.

Cara pembelajaran yang ditawarkan aplikasi ini juga beragam. Mulai dari memanfaatkan mikrofon smartphone untuk latihan berbicara, hingga menghubungkanmu dengan komunitas dari negara lain untuk latihan praktik secara langsung.

Selain itu, smartphone tertentu seperti Genpro juga menyediakan program K12: Online Education Programs & Schooling yang bisa menjadi panduan belajar untuk anak-anak di bangku sekolah dasar.

5. Music player

gadget edukasiSumber: herbert2512

Music player memang jadi teman terbaik untuk mendengarkan lagu di tengah perjalanan panjang. Tapi, selain untuk mendengarkan lagu, music player juga bisa digunakan untuk mendengarkan berbagai tutorial atau juga audio book yang bertema edukasi.

Kamu dapat mengakses website seperti Audible yang menyediakan berbagai jenis audio book. Dengan demikian, kamu bisa mempelajari berbagai hal hanya dengan bermodalkan telinga saja.

Baca juga: 7 Aplikasi belajar Bahasa Asing untuk Smartphone Android


Memang ada banyak gadget yang bisa menjadi media edukasi. Namun, yang paling praktis dari semuanya adalah smartphone. Selain memiliki jajaran aplikasi edukasi yang tersedia di App Store ataupun Google Play, kamu juga bisa mengakses video edukasi, ebook, dan juga kursus online.

Apalagi bila smartphone tersebut memiliki program edukasi tersendiri, seperti GENPRO X. Dijamin, kamu akan bisa mengisi harimu dengan berbagai edukasi yang produktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *