Optimalkan Microsoft Edge Kamu dengan 10 Extension Ini!

Microsoft Edge adalah aplikasi browser dari Microsoft yang diklaim jauh lebih berkompeten daripada leluhurnya si Internet Explorer. Microsoft Edge dituntut harus bersaing dengan browser – browser kuat seperti Opera, Firefox, dan terutama Chrome.

Saat Edge pertama kali keluar, browser tersebut terasa belum selesai dengan sempurna. Edge memang mudah digunakan dan cepat, tapi masih kurang dari segi beberapa fitur jika dibandingkan dengan browser – browser lain. Namun akhirnya pada perbaruan (update) Windows terbaru, Edge akhirnya mendapatkan fitur extension, yang sudah dimiliki browser lain sejak lama.

Pendahuluan: Bagaimana memasang extension

Bagaimana cara memasang extension di Microsoft Edge? Syarat utamanya, komputer Windows 10 kamu harus sudah diperbarui ke Windows 10 Anniversary Update. Cobak cek versi Windows 10 pada bagian setting. Kalau belum, segera ke check update pada bagian setting dan segera pasang update-nya.

Kalau sudah diperbarui, kamu tinggal buka Windows Store. Di sana, klik pilihan apps. Scroll ke bawah dan temukan bagian Extension for Microsoft Edge. Klik extension yang kamu mau, kemudian tombol free (atau install), untuk menambahkan extension itu ke browser Microsoft kamu.

Nah, setelah tahu bagaimana memasang extension Microsoft Edge, kamu pasti bingung extension mana yang kamu perlukan. Berikut ini adalah 10 extension terbaik yang kalian harus pasang.

1. Mouse Gesture

extension microsoft edgeSumber: Window Store

Mouse Gesture adalah sebuah extension dari Microsoft untuk mengenalkan sebuah cara navigasi baru di Microsoft Edge, yaitu gerakan mouse. Kamu bisa mendaftarkan gerakan custom dengan mouse kamu. Misalnya kamu mendaftarkan bentuk L sebagai shortcut untuk ganti tab ke kiri.

Ketika sedang browsing di Microsoft Edge, sambil menahan klik kanan, kamu bisa menggambarkan bentuk L dan kamu akan pindah ke tab kiri. Extension ini termausk yang paling unik diantara semua extension yang tersedia. Ia menunjukkan secuil gambaran potensi hal yang bisa dicapai dengan extension di Microsoft Edge.

2. Evernote Web Clipper

extension microsoft edgeSumber: Window Store

Evernote adalah salah satu aplikasi catatan yang paling populer di masa kini. Evernote bisa digunakan dengan gratis, walau beberapa fitur pelengkap butuh biaya per bulan. Tapi, versi gratis sudah cukup bagus untuk keperluan catatan kebanyakan orang.

Sekarang, Evernote memiliki extension di Microsoft Edge. Dengan memasang extension ini, kamu akan mendapatkan tombol Evernote di samping address bar.

Menekan tombol tersebut akan memberikan kamu beberapa pilihan untuk merubah webpage yang kamu lagi browsing menjadi catatan Evernote. Kamu bisa memilih untuk me-save keseluruhan webpage-nya, sebagian saja atau cuma me-save text artikelnya saja.

3. OneNote Web Clipper

extension microsoft edgeSumber: Windows Store

Jika kamu menggunakan OneNote sebagai aplikasi catatan, maka kamu harus memakai extension ini. Dalam segi fungsi, extension ini hampir sama dengan Evernote Clipper. Bedanya, karena extension ini tersambung dengan akun OneNote kamu, apa yang kamu kerjakan akan otomatis tersimpan.

4. LastPass

extension microsoft edgeSumber: Window Store

Idealnya, kamu perlu menggunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap akun dan situs yang sering kamu pakai atau kunjungi. Jadi kalau ada satu yang kena hack, yang lain masih tetap aman. Namun kalau banyak, susah dong diingat?

Nah, LastPass adalah lemari besi untuk kata sandi kamu. Dengan extension ini, kamu tidak usah membukai aplikasinya untuk mengambil kata sandi kamu. Kamu bisa menarik informasi akun dan kata sandi kamu langsung dari browser Microsoft Edge. Jika kamu termasuk orang yang peduli dengan keamanan data online kamu, maka LastPass adalah extension-nya harus kamu pasang.

5. Microsoft Translate

extension microsoft edgeSumber: Window Store

Pasti pernah ketika kamu sedang santai atau gencarnya mencari informasi, tapi malah ketemu situ dengan bahasa asing yang tidak familiar. Padahal dari tampilan search-nya di mesin pencari, informasi tersebut begitu dibutuhkan oleh kamu.

Malas menggunakan layanan translasi internet yang tidak akurat? Solusinya sederhana, kamu tinggal memasang extension Microsoft Translate. Tinggal klik satu tombol saja, maka konten seluruh situs tersebut akan diterjemahkan. Kamu tidak lagi harus membatasi browsing kamu ke satu bahasa saja, atau berusaha mengarti-artikan dari layanan lain.

6. AdBlock

extension microsoft edgeSumber: Window Store

Extension ini untuk kamu yang sangat benci iklan. Baik iklan samping Facebook, sebelum YouTube dimulai, atau banner ads yang muncul di situs-situs lainnya. Pokoknya, jika kamu melihat iklan tersebut pop-up, kamu langsung merasa ingin membanting mouse dan keyboards.

Extension ini akan membantu mencegah mouse dan keyboard kamu tidak rusak dari kekerasan kamu. Semua iklan, dari pop-up ke banner ads akan dihilangkan oleh extension ini, membuat pengalaman browsing kamu lebih enak, bersih, dan lancar.

7. Office Online

extension microsoft edgeSumber: Window Store

Selain versi offline-nya, Microsoft juga membuat aplikasi Office versi onlinenya yang diberi nama Word 365. Extension ini memudahkan kamu untuk mencari file online kamu. Bahkan, kamu bisa membuat dokumen baru hanya dalam dua klik. Tentu saja, untuk memakai fitur ini, kamu perlu mengeluarkan sejumlah biaya untuk Microsoft.

8. Save to Pocket

extension microsoft edgeSumber: Window Store

Jika kamu belum pernah menggunakan aplikasi Pocket, kamu harus coba sekarang. Kamu bisa menyimpan artikel atau video yang kamu ingin nikmati nantinya ke aplikasi ini.

Extension ini membuat proses membaca konten atau menelaah media menjadi lebih mudah. Kamu tidak usah lagi mengejar waktu untuk membaca dan menonton konten yang kamu temukan. Hanya dengan satu klik, kamu bisa mengatur kapanpun dan di mana pun kamu bisa membaca atau menonton media favoritmu.

9. Pin it Button

extension microsoft edgeSumber: Window Store

Extension ini untuk kalian yang suka mengoleksi gambar, dan pengguna setia media seperti Pinterest. Jika kamu memasang extension ini, kamu akan mendapatkan tombol pin it di samping address bar kamu.

Jika kamu lagi browsing dan menemukan gambar yang kamu suka dan ingin dibagikan di Pinterest, kamu tinggal menekan tombol ini dan voila! Gambar kamu telah disimpan di akun Pinterest kamu.

10. Turn Off the Light

extension microsoft edgeSumber: Window Store

Extension ini sebenarnya cukup sederhana, fungsinya hanya mematikan ‘lampu’ browser kamu. Namun, extension ini bisa secara drastis merubah pengalaman browsing kamu menjadi jauh lebih baik.

Extension ini bisa kamugunakan ketika menonton video online, misalnya Youtube. Extension ini akan membuat semua bagian sekitar videonya menjadi lebih gelap. Hasilnya, video yang kamu nonton akan lebih terfokus, seperti kamu lagi nonton video di bioskop (yang sangat kecil). Lihat saja gambar di atas!

Namun jangan terlalu sering dipakai pada keadaan gelap ya! Hati-hati dengan kesehatan mata kamu yang bisa terganggu.


Itulah 10 extension terbaik yang bisa kamu pasang untuk Microsoft Edge. Jumlah extension untuk Microsoft Edge memang masih sedikit jika dibandingkan dengan browser lain seperti Firefox atau Chrome.

Akan tetapi, kita perlu ingat bahwa sistem extension Microsoft Edge masih baru. Seiring waktu, jumlah extension Microsoft Edge pasti akan meningkat. Dalam beberapa waktu kedepannya, kita mungkin bisa mengekspektasi beberapa extension yang tidak kalah kerennya dengan milik Chrome.

Oleh karena itu, jangan sampai ketinggalan update-nya ya! Browser ini pelan-pelan sudah mengejar para kompetitornya, loh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *