memaksimalkan kinerja RAM

Memaksimalkan Kinerja RAM Smartphone dengan 5 Tips Ini

Smartphone kamu pernah mengalami lag, restart mendadak, aplikasi berhenti bekerja, atau proses lambat? Bisa jadi hal ini disebabkan karena kinerja RAM yang tidak optimal. Maka dari itu, penting untuk kamu memaksimalkan kinerja RAM yang ada pada smartphone.

Bagi penggemar gadget, khususnya kamu pengguna GENPRO X kata RAM tentu sudah tidak asing. RAM atau Random Access Memory adalah perangkat keras yang terdapat dalam smartphone dan berfungsi menyimpan dan mengolah data atau perintah yang sering diberikan pada smartphone. Jadi, jika RAM pada smartphone kamu bekerja dengan optimal, maka smartphone pada umumnya dapat beroperasi dengan lancar.

Untuk memaksimalkan kinerja RAM, berikut lima tipsnya:

Baca juga: GENPRO X: Smartphone Kolaborasi 3 Brand Ternama Rilis Hari ini!


Tips Memaksimalkan Kinerja RAM Smartphone

Buang Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

memaksimalkan kinerja RAM

Sumber: USDA
Walaupun tidak aktif, beberapa aplikasi tetap mengkonsumsi kapasitas RAM. Karena itu, hal paling sederhana yang dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkan kinerja RAM adalah meng-uninstall aplikasi yang tidak atau jarang kamu gunakan.

Bagaimana dengan aplikasi bawaan yang tidak dapat di-uninstall? Buka menu settings, kemudian memory > memory used by apps. Akan muncul nama-nama aplikasi serta jumlah pemakaiannya. Pilih aplikasi bawaan yang jarang kamu gunakan, tekan simbol huruf “i” di bagian atas kanan. Lalu pilih Disable.

Kemudian, kamu juga perlu menghentikan aplikasi yang memakan terlalu banyak RAM. Langkah-langkahnya sama dengan cara men-disable aplikasi, tapi pilih menu Force Stop bukan menu Disable.

Hilangkan Animasi

memaksimalkan kinerja RAM

Sumber: PIRO4D
Selanjutnya, pemakaian animasi pada transisi di smartphone juga menghambat RAM bekerja dengan optimal. Jika kamu ingin terhindar dari masalah smartphone lag dan proses yang lambat, kamu perlu menghilangkan animasi-animasi tersebut.

Cara menghilangkan animasi adalah sebagai berikut: settings > about phone > tekan pilihan Build Number sebanyak tujuh kali > akan muncul menu Developer Options.

Dalam menu Developer Options ini terdapat menu-menu animasi yaitu, Window animation scale, Transition animation scale dan Animator duration scale. Pilih Animaion off di tiap menu ini.

Lalu untuk menghilangkan animasi pengunci, buka Settings > Device > Lock Screen > Unlock Effect > pilih None.

Pemilihan Wallpaper yang Tepat

memaksimalkan kinerja RAM

Sumber: Eartha
Untuk mengoptimalkan kinerja RAM, gunakanlah wallpaper statis. Wallpaper gambar atau foto memakan kapasitas RAM lebih sedikit dibanding wallpaper yang bergerak (wallpaper animasi).

Walaupun wallpaper bergerak terlihat lebih keren, jika prioritas kamu adalah kinerja optimal RAM, hindari wallpaper tersebut. Selain menghambat RAM bekerja optimal, wallpaper bergerak juga mengkonsumsi daya baterai yang besar.

Baca juga: Pengguna Smartphone Android? Pasti 7 Fitur Tersembunyi Smartphone Ini Bisa Mengejutkanmu!

Bersihkan Cache

memaksimalkan kinerja RAM

Sumber: Aqua Mechanical
Cache adalah data yang tersimpan dalam memory smartphone secara otomatis ketika kamu mengunjungi sebuah website atau menggunakan sebuah aplikasi. Data ini dapat dikatakan sebagai penanda, sehingga smartphone memiliki ‘ingatan’ terhadap website yang dikunjungi atau aplikasi yang digunakan tersebut.

Jika data Cache ini dibiarkan menumpuk, akan mengkonsumsi banyak kapasitas RAM pada smartphone. Untuk itu, membersihkan Cache merupakan hal yang penting untuk menjaga kinerja optimal RAM.

Cara membersihkan Cache, buka menu settings, kemudian pilih Storage. Lalu pilih Cached data dan tekan OK untuk konfirmasi penghapusan cache.

Aplikasi untuk Optimalkan RAM

memaksimalkan kinerja RAM

Sumber: Google Play
Selain itu, kamu dapat memaksimalkan kinerja RAM smartphone-mu dengan mengunduh aplikasi RAM Cleanup.

Cara penggunaan aplikasi ini sangatlah sederhana. Cukup tekan tombol aplikasi RAM Cleanup, maka akan muncul jendela RAM Cleanup. Kemudian, tekan di mana pun sekitar jendela tersebut, makan aplikasi ini akan membersihkan RAM pada smartphone-mu.

Lalu, unduh juga aplikasi CM Speed Booster. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mempermudah membersihkan data Cache.

* RAM Cleanup tersedia di Google Play Store dan bisa kamu unduh secara gratis di sini*

* CM Speed Booster tersedia di Google Play Store dan bisa kamu unduh secara gratis di sini*


Walaupun dapat dipengaruhi oleh faktor lain, masalah smartphone lag, restart mendadak, proses lambat atau aplikasi berhenti bekerja, pada umumnya disebabkan oleh RAM yang tidak bekerja dengan optimal. Karena itu, lima tips untuk memaksimalkan kinerja RAM smartphoneini dapat dijadikan solusi.

Selain itu, penting juga untuk kamu memilih smartphone dengan spesifikasi RAM yang mumpuni dan sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki seperti smartphone 4G GENPRO X yang dilengkapi RAM sebesar 2 GB dan juga chipset Qualcomm Snapdragon dengan kecepatan 1.3 GHz yang dijamin akan meminimalisir problem karena RAM yang tidak bekerja optimal.

Selamat mencoba!

Baca juga: Bedah Spesifikasi Smartphone terbaru GENPRO X

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *