lowongan kerja

5 Tips Ini Bisa Membantu Kamu Menemukan Lowongan Kerja! Cuma Butuh Smartphone!

Lowongan Kerja Perkembangan smartphone dan media online telah memberikan pengaruh besar dalam proses pencarian kerja. Kini pencari kerja tidak harus mengikuti job fair offline untuk menemukan lowongan kerja. Cukup dengan beberapa klik, daftar pekerjaan idaman yang siap dilamar sudah ada dalam genggaman tangan!

Adapun kemudahan tersebut dibarengi dengan beberapa tantangan yang tak jarang mengundang frustasi pada saat pencarian kerja. Untuk itu, yuk simak beberapa tips pencarian lowongan kerja online berikut ini. Cukup akses dari smartphone kamu!

Baca juga: Yuk, Tingkatkan Peluang Kerja Kamu Menggunakan Smartphone Dengan 5 Tips Ini!


5 Tips Mencari Lowongan Kerja di Dunia Online

1. Fokuskan pencarianmu

lowongan kerja
Sumber: Startup Stock Photos

Informasi lowongan kerja pada dunia maya berjumlah ribuan bahkan tidak terhingga. Sehingga kamu perlu fokus pada target pekerjaan dan perusahaan yang diidamkan. Jangan menjadi pencari kerja yang tidak fokus: melamar ke semua jenis pekerjaan.

Hal tersebut secara tidak langsung akan melatih rekruiter, database, dan sistem applicant tracking perusahaan untuk mengabaikanmu. Gunakan kata kunci pekerjaan idaman yang relevan, sering-seringlah melakukan browsing grup, situs, dan portal pekerjaan dengan smartphone, agar lebih aktual pencariannya, dan bisa dilakukan di mana saja.

2. Perhatikan kualifikasi pekerjaan

lowongan kerja
Sumber: Startup Stock Photos

Nyatanya, kurang dari 20% lowongan kerja yang dipublikasikan berisi kandidat yang sesuai kualifikasi, sisanya? Rekruiter menyebutnya sebagai resume spammers untuk mendeskripsikan pencari kerja yang melamar pada setiap lowongan yang ditemukan. Konsekuensinya? Mereka akan dimasukkan ke daftar hitam.

Solusinya, perjelas kualifikasi dirimu agar tidak menghabiskan waktu kedua belah pihak. Lakukan ini dengan mengunduh aplikasi pencari kerja dan perjelas data dirimu! Kamu bisa melakukan ini on the go dan sewaktu-waktu melalui smartphone kamu. Yang penting jujur dan rajin!

3. Tingkatkan visibilitasmu

lowongan kerja
Sumber: Pixabay

Terkadang, rekruter melakukan pencarian sendiri, bukan hanya menunggu lamaran CV. Jadi, kamu perlu membangun sebuah portfolio online yang unik dan mudah ditemukan. Caranya, tidak hanya aplikasi networking profesional seperti LinkedIn dan sosial media, loh!

Carilah situs dan aplikasi yang dirancang untuk menampilkan keterampilan dan mengagregasi karya-karyamu! Ini bisa dalam bentuk aplikasi dan situs pembuat CV online dan prancang halaman portfolio (terutama bila kamu pekerja lepas)! Biasanya, layanan teknologi seperti ini mengizinkan kamu melakukan kustomisasi dengan mudah, sehingga kamu bisa menampilkan dirimu dengan lebih unik!

4. Hati-hati pada lowongan kerja abal-abal

lowongan kerja
Sumber: Kaique Rocha

Di tengah susah payah dan frustasi para pencari kerja, tentu saja akan ada para oknum yang mengambil keuntungan. Salah satu modus yang digunakan adalah dengan mempublikasikan lowongan kerja palsu. Untuk itu, kamu perlu hati-hati dan mewaspadai beberapa ciri yang membedakannya.

Perhatikan situs yang mempublikasikan informasi tersebut, apakah itu kredibel atau tidak. Lowongan kerja asli biasanya tidak meminta uang atau prasyarat yang aneh. Nggak ada salahnya kamu nyalakan smartphone kamu untuk melakukan pencarian sebentar dan membaca review di internet.


Mencari kerja yang sesuai memang susah-susah gampang, membutuhkan waktu dan harus dijalani dengan penuh kesabaran. Perkembangan media internet di satu sisi akan memudahkan namun tak menjamin pula keamanan seratus persen. Sehingga kamu sebagai pencari kerja harus pintar menyeleksi dan memanfaatkan peran internet sebijak mungkin.

Untungnya, untuk memaksimalkan proses pencarian kerja, kamu selalu bisa mengandalkan smartphone kesayanganmu. Smartphone yang baik adalah smartphone yang bisa menunjang petualanganmu mencari kerja! Salah satu contohnya adalah Genpro X! Layarnya yang lebar, daya prosesor tinggi, serta dukungan jaringan 4G LTE-nya siap membantu kamu menemukan pekerjaan, mencari review, dan membuat portfolio dengan lancar dan aktual!

Baca juga: Sering Lakukan Kebiasaan Ini? Awas, Jangan Sampai Merusak Smartphone Kamu!

Sumber Gambar: Pexels.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *