Perbandingan Tablet PC

Perbandingan Tablet PC dengan Tablet dan Laptop, Mana yang Paling Unggul?

Membeli gadget belakangan ini merupakan pilihan yang sulit karena teknologi semakin berkembang. Pilihan tidak lagi hanya berkisar antara spesifikasi seperti dulu saja. Fungsi, bentuk, dan kecanggihan sudah menjadi pertimbangan dasar bagi kamu yang sedang mencari gadget baru.

Semenjak rilisnya smartphone, smartphone diharapkan bisa menghadapi berbagai jenis task. Mungkin dengan smartphone, kamu bisa mengerjakan banyak kegiatan, tapi hal ini tidak menjamin dari segi efisiensi.

Karena masalah inilah muncul berbagai jenis gadget lainnya seperti tablet. Dengan adanya tablet, task yang tadinya kurang efisien jika dilakukan melalui smartphone pun sudah teratasi. Walaupun demikian, tetap ada beberapa kegiatan yang tidak bisa dikerjakan oleh tablet maupun smartphone, dan di sinilah muncul keinginan untuk menggabungkan tablet dengan laptop. Gabungan antara tablet dengan laptop ini dikenal dengan tablet PC, mari kita lihat perbandingan tablet PC dengan tablet dan laptop.

Baca juga: Yuk, Mengenal Lebih Dalam Tentang PC 2-in-1 alias Tablet PC

Mobilitas

perbandingan mobilitas pc tablet dan tablet pc

Sumber: Sony Mobile

Jika membandingkan mana yang lebih efisien untuk dibawa jalan-jalan, memang tablet akan unggul. Berat dari kebanyakan tablet berkisar di bawah 500 gram, sementara tablet PC berkisar di antara 600-700 gram. Jika kamu pernah menggunakan laptop sebelumnya, kamu pasti tahu bahwa laptop mempunyai berat jauh di atas tablet.

Ada 2 jenis tablet PC yang mungkin sering kamu lihat. Jenis pertama adalah hybrid, dimana layar atas (tablet) bisa dilepas dari bagian bawah (keyboard). Berbeda dengan hybrid yang melepas bagian keyboard, convertible melipat bagian keyboard-nya ke belakang tablet.

Ukuran layar dari tablet dengan tablet PC sama (kurang lebih 10 inci) dan lebih kecil dibandingkan laptop (yang dimulai dari 10inci sampai dengan 17inci).  

Kalau kamu lebih mementingkan keringanan, lebih baik kamu memilih tablet. Tapi, kalau kepraktisan yang kamu cari, kamu bisa mengandalkan tablet PC untuk memenuhi kebutuhan kamu.

Fungsi

perbandingan pc tablet dan tablet pc fungsi

Sumber: VivekTWR23

Secara fungsi, masing-masing gadget memiliki keunggulan dan kegunaannya sendiri. Tablet dapat digunakan untuk melakukan hal-hal ringan seperti menonton, mencatat, dan browsing. Tapi jika kamu lebih banyak menggunakan gadget untuk menggambar atau meng-input data, tablet PC lah yang paling efektif untuk melakukan hal-hal ini karena hal ini sangat sulit dilakukan hanya dengan menggunakan layar sentuh.

Berbeda jika kamu membutuhkan sebuah gadget untuk kegiatan yang lebih berat seperti membuat program dan bermain game yang mempunyai grafik canggih, kamu jelas akan lebih membutuhkan laptop.

Performa

perbandingan performa tablet pc dengan pc dan tablet

Sumber: MyWorldofIT 

Performa antara tablet dengan tablet PC kurang lebih sama, keduanya sudah mulai menggunakan Intel Atom dengan 4 sampai dengan 6 core processor. Tapi, perlu diingat bahwa tablet maupun tablet PC tidak dieancang untuk melakukan hal-hal yang terlalu berat. Berbeda dengan laptop yang benar-benar merupakan turunan langsung dari komputer desktop yang memang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan berat.

Untuk mengukur performa, kita juga harus mempertimbangkan kapasitas RAM yang disediakan masing-masing gadget. Tablet PC dan tablet rata-rata menyediakan 2GB sampai dengan 4GB RAM, sementara laptop mampu menyediakan RAM yang berkapasitas 8GB.

Jika digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, kamu tidak akan melihat perbedaan yang terlalu spesifik. Tapi, jika kamu menggunakannya untuk bermain game berat seperti Dota, Pro Evolution Soccer, atau Skyrim, kamu akan melihat perbedaan performa yang sangat kontras.

Baterai

perbandingan baterai pc tablet

Sumber: KirkCaroline

Karena tablet dan tablet PC tidak dirancang untuk menangani kebutuhan berat, maka kegunaan baterai pun tidak akan terlalu boros. Tablet dan tablet PC di desain dengan fokus mobilitas, maka kapasitas baterai yang diberikan pun akan lebih banyak untuk menghindari charging di tengah jalan.

Laptop umumnya digunakan untuk kebutuhan berat yang mengkonsumsi energi dan baterai. Walaupun demikian, daya tahan baterai pada laptop tidak terlalu bertahan lama. Rata-rata laptop harus melakukan charging setiap 5 – 6 jam, sementara tablet PC mampu bertahan selama kurang lebih 9 jam.

Memori

perbandingan memori tablet pc

Sumber: Christy

Tablet PC pada umumnya menyediakan kapasitas memori mulai dari 32GB sampai dengan 128GB, dan masih ada muatan eksternal yang mendukung sampai dengan kapasitas 256GB. Untuk masalah memori, tablet PC tidak kalah dibandingkan dengan laptop.

Berbeda dengan laptop dan tablet PC yang menggunakan SSD sebagai memori internalnya, tablet menggunakan memori flash tab untuk memori internalnya. Memori flash adalah memori yang biasa kamu lihat pada smartphone pada umumnya, dan kapasitas dari memori jenis ini pun bisa mencapai 128GB dengan tambahan kartu memori eksternal.

Tampilan

perbandingan tampilan tablet pc

Sumber: Genpro

Resolusi layar pada laptop, apalagi laptop gaming, memang lebih besar dibandingkan dengan resolusi layar tablet dan tablet PC. Hal tersebut dikarenakan laptop gaming dirancang khusus untuk memainkan video games secara optimal.

Dari segi kualitas tampilan, tablet PC yang rata-rata memiliki layar 10 inci, sudah optimal untuk produktivitas kerja dan sejumlah hiburan. Dengan layar 10 inci kamu dapat melakukan editing file dengan nyaman dan menonton video beresolusi tinggi.


Pada umumnya memang terdapat banyak kesamaan antara tablet dengan tablet PC, tapi tablet tidak bisa melakukan hal yang bisa dilakukan dengan komputer. Beberapa tablet PC mempunyai dua sistem operasi, satu untuk Android dan yang lainnya untuk Windows. Karena inilah tablet PC bisa dibilang lebih unggul dibandingkan dengan tablet biasa, walaupun mungkin tablet PC mempunyai berat yang lebih.

Untuk memutuskan jenis gadget mana yang lebih baik untuk dibeli, kamu harus memperkirakan apa tujuan kamu membeli gadget tersebut. Jangan sampai terlalu terlena dengan keunggulan masing-masing gadget sehingga kamu lupa dengan tujuan utama kamu. Selamat memilih!

Sumber Gambar Utama: Nitika Agarwal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *