Smartphone Lag

6 Pertolongan Pertama Ketika Smartphone Lag

Apapun jenis dan mereknya, tentu kita menginginkan smartphone yang selalu cepat dan lancar alias nggak lemot. Sayangnya, seiring dengan berjalannya waktu dan pemakaian, performa smartphone dapat menurun dan kamu harus siap menghadapi yang namanya smartphone lag!

Kondisi lag tersebut dapat disebabkan oleh berbagai macam alasan, yang tentunya membutuhkan cara penanganan masing-masing. Berikut adalah beberapa pertolongan pertama yang sebaiknya kamu coba ketika sedang menghadapi smartphone lag!

Baca juga: Pengguna Smartphone Android? Pasti 7 Fitur Tersembunyi Smartphone Ini Bisa Mengejutkanmu!


Tips Anti Smartphone Lag

Sapu Bersih Aplikasi Boros Memori

Smartphone LagSumber: Pixabay

Ini dia salah satu penyebab utama smartphone lag. Bagi kamu yang hobi mengunduh aplikasi, hati-hati dengan yang satu ini! Kadangkala, beberapa aplikasi mampu berjalan secara diam-diam dan memakan memori smartphone kamu. Alhasil? Nggak cuma buat smartphone jadi lemot dan sering lag, baterai-pun jadi sangat boros!

Untuk menanganinya, cukup hapus aplikasi yang menurut kamu kurang berguna dan memakan banyak memori. Kalau kamu benar-benar membutuhkan aplikasi-aplikasi tersebut, kamu juga bisa mencoba aplikasi Greenify, yang mampu mengurangi pemakaian sumber daya dari aplikasi-aplikasi kamu!

Sediakan Cukup Ruang Untuk Memori Internal

Smartphone LagSumber: Unsplash

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek total pemakaian memori internal smartphone kamu. Berbeda dengan memori berjalan (RAM) yang digunakan saat aplikasi dinyalakan, memori internal adalah tempat kamu menyimpan seluruh data kamu seperti gambar, musik, maupun video. Performa smartphone dapat menjadi pelan apabila memori internal terisi penuh.

Mirip dengan yang sebelumnya, cara termudah untuk mengatasi memori internal yang hampir penuh adalah dengan menghapus data-data yang nggak digunakan. Selain menghapus secara manual, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi seperti Clean Master untuk menghapus cache, yaitu data sementara yang disimpan aplikasi-aplikasi kamu.

Pastikan Aplikasi Selalu Diperbarui

Smartphone LagSumber: Fancycrave

Bagi kalian yang jarang melakukan update untuk smartphone kamu, bisa jadi hal itulah yang malah menyebabkan smartphone lag! Situasi ini dapat terjadi apabila terdapat aplikasi-aplikasi yang memiliki cacat, sehingga dapat mengganggu performa smartphone.

Para pengembang aplikasi pastinya akan terus memperbaiki dan menyempurnakan aplikasi, sehingga sangat disarankan untuk selalu melakukan perbaruan pada smartphone kamu.

Optimisasi Penggunaan Smartphone

Smartphone LagSumber: Pixabay

Kalau kamu hobi mendesain tampilan dan tema di smartphone dengan menggunakan live wallpaper, widget, ataupun launcher, bisa jadi itu masalahnya! Memang, kustomisasi tambahan tersebut dapat membuat smartphone kesayangan kita semakin enak dilihat. Namun, penambahan tersebut juga akan memakan banyak sumber daya.

Apabila memori smartphone kamu terbatas, ada baiknya untuk tidak menggunakannya. Agar lebih optimal, kamu juga bisa mengurangi atau menon-aktifkan fitur animasi yang terdapat di pengaturan smartphone kamu.

Selidiki Keamanan Smartphone

Smartphone LagSumber: Pixabay

Jika smartphone lag sering terjadi walaupun kamu hanya menggunakan aplikasi ringan, bisa jadi smartphone kamu terserang malware ataupun virus! Kedua ancaman tersebut memang seringkali menyusup tanpa kita ketahui saat sedang berselancar di dunia maya. Untuk mengatasinya, pastikan kalau kamu telah menyiapkan aplikasi anti-virus, seperti AVG Anti Virus yang dapat kamu unduh secara gratis.

Selain itu, pastikan untuk tidak menggunakan beberapa anti-virus secara bersamaan! Penggunaan anti-virus secara berbarengan dapat mengakibatkan pemborosan memori dan baterai.

Baca juga: 7 Antivirus Smartphone Terbaik untuk Proteksi Gadget Kamu

Pertimbangkan Melakukan Factory Reset

Smartphone LagSumber: Genpromobile

Apabila kamu tidak mau repot untuk mengurusi smartphone lag, coba pertimbangkan untuk melakukan factory reset. Factory reset berfungsi untuk mengulang seluruh pengaturan yang ada di smartphone kamu kembali ke pengaturan awal saat kamu pertama kali memakainya. Ya, tidak hanya pengaturan, tetapi juga seluruh data yang kamu simpan akan terhapus saat factory reset dilakukan!

Oleh karena itu, pastikan kalau seluruh data penting yang kamu miliki sudah aman tersimpan, sebelum melakukan factory reset. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi seperti Google Drive atau DropBox untuk menyimpan data kamu tanpa repot.

Baca juga: Bedah Spesifikasi Smartphone terbaru GENPRO X


Itu dia beberapa pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan saat smartphone lag. Pastikan untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab dari lemot di smartphone kamu, agar kamu dapat menerapkan solusi yang tepat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *