browser opera

11 Keuntungan Install Browser Opera di Windows 10

Windows 10 hadir dengan built-in browser bernama Microsoft Edge. Memang, Edge memiliki reputasi yang lebih baik dibanding pendahulunya, Internet Explorer. Berbagai fitur yang menunjang ditanamkan dalam kode Edge agar dapat bersaing dengan browser lain.

Microsoft Edge memang merupakan browser yang cukup mapan dengan berbagai fitur, tetapi tetap saja banyak pengguna yang mengandalkan aplikasi lain. Salah satunya adalah Opera.

Sebagai alternatif Microsoft Edge, Opera hadir dengan berbagai fitur yang lebih unggul. Saking bagusnya fitur yang ditawarkan Opera (pop-up blocking, private browsing, speed dial), banyak browser lain yang mencoba mengadopsinya.

Ingin tahu keunggulan-keunggulan lain Opera dalam Windows 10? Simak daftarnya di bawah ini.

Baca juga: Ini Dia Browser yang Wajib Dimiliki Pengguna Windows 10!

1. Layaknya aplikasi bawaan Windows 10

review opera

Sumber : Windows Central

Browser Opera telah terintegrasi baik dengan Windows 10. Melalui tampilan flat design-nya, Opera terlihat lebih menyatu dengan sistem operasi Windows 10.

Selain itu, Opera telah menambahkan mode touch input ke dalam sistem mereka. Hal ini amatlah berguna bagi pengguna perangkat touch screen dengan sistem operasi Windows 10.

Dengan touch input, Opera akan otomatis memperbesar ukuran item pada toolbar, menu, dan memberikan pilihan untuk masuk mode layar penuh (fullscreen).

2. Speed dial membuatmu lebih mudah mengakses situs favorit

review opera

Sumber : Techdowns

Speed dial dirancang sebagai halaman depan penelurusan, dimana Opera akan menampilkan situs-situs yang paling sering dikunjungi pengguna. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan situs favorit dalam speed dial ini.

Tidak suka dengan tampilan speed dial? Tenang, kamu bisa mengganti tampilan speed dial sesuai dengan keinginan melalui menu “Customize This Page”. Dalam menu tersebut, kamu bisa mengubah latar belakang, tema, serta folder pada speed dial-mu.

3. Tambahkan ekstensi yang kamu butuhkan

review opera

Sumber : Opera Blogs

Salah satu keunggulan Opera adalah ketersediaan beragam ekstensi yang dapat ditambahkan sesuai dengan keperluan pengguna. Kamu bisa menemukan beragam ekstensi ini dalam menu “extension” yang bisa diakses melalui speed dial.

Dengan ekstensi, kamu bisa melakukan berbagai hal menarik, contohnya seperti melihat “Photo of the Day” dari National Geographic di speed dial-mu. Menarik, bukan?

4. Satu aplikasi untuk seribu perangkat

review opera

Sumber : TechPP

Opera mempunyai sistem integrasi yang canggih. Jadi, kamu bisa mengakses data dari satu browser ke semua perangkat yang kamu punya. kamu bisa mengakses data bookmark, tab, sampai speed dial yang sudah diatur di perangkat Windows 10.

Cara menggunakan sync juga cukup mudah, kamu hanya perlu masuk ke browser Opera di semua perangkat yang kamu miliki dan sinkronisasi akan dijalankan secara otomatis.

5. Built-in VPN gratis

review opera

Sumber : Digital Trend

VPN (Virtual Private Network) memungkinkanmu mengakses web tanpa harus memberikan data IP yang sebenarnya. Dengan mengaktifkan VPN, kamu dapat menyembunyikan IP-mu. Keuntungannya, kamu bisa mengakses situs-situs yang hanya tersedia di negara tertentu dengan mengubah lokasimu sesuai negara tersebut.

VPN, juga bisa menonaktifkan firewall yang dipasang oleh penyedia internet. Misalkan, WiFi kantormu telah memblokir akses Facebook. Dengan mengaktifkan VPN ini, kamu bisa menonaktifkan firewall yang menghalangimu mengakses Facebook.

Selain menyembunyikan IP, VPN akan bermanfaat bagi kamu yang sering menggunakan WiFi umum. Seperti WiFi cafe, sekolah, dan tempat umum lainnya. VPN akan membuat data informasimu tidak mudah diakses oleh pengguna WiFi yang sama.

Untuk mengaktifkan VPN, kamu hanya perlu akses menu setting, memilih “Privacy & Security”, lalu pilih “Enable VP”. Selain dapat menghindarkan kamu dari tracker IP, kamu juga bisa melacak penggunaan data yang digambarkan melalui grafik. Opera akan menambahkan tombol baru untuk mengakses data ini di toolbar kamu.

6. Nikmati berselancar tanpa iklan dengan built-in adblocker

review opera

Gambar: Windows Central

Sering merasa kesal dengan iklan yang tampil dalam web? Selain mengganggu tampilan, keberadaan iklan seringkali memperlambat kecepatan akses web.

Opera memberikan solusi mudah untuk hal tersebut. Opera dibangun dengan kemampuan memblokir iklan. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi menambahkan ekstensi untuk menghilangkan iklan-iklan yang mengganggu aktivitasmu.

7. Gunakan multi tab dengan mudah.

review opera

Sumber : Opera Blogs

Sering membuka banyak tab dalam sekali akses? Di Opera juga bisa.

Selain bisa membuka berbagai tab, Opera juga memiliki fitur preview tab dimana kamu tinggal mengklik tombol yang ada di dekat close button dan Opera akan memperlihatkan screenshot dari tab yang kamu buka.

8. Meski di jaringan lambat, kamu masih bisa berselancar dengan cepat

opera-desktop-34-turbo-2

Sumber : Opera Blogs

Ketika kamu mengakses internet di jaringan yang lambat, kamu bisa mengaktifkan fitur turbo mode. Dengan fitur ini, Opera akan mengkompres web yang kamu akses, sehingga memiliki ukuran yang lebih kecil dari aslinya.

Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu masih bisa mengakses video, foto, dan teks. Opera dengan baik hati akan meminimalkan konsumsi data kamu dan membuat performa loading lebih cepat.

9. Gunakan power mode untuk menghemat daya perangkat Windows 10

opera-battery

Sumber : Windows Central

Dengan mengaktifkan battery saver, kamu bisa menghemat penggunaan baterai perangkat Windows 10 kamu. Pengaktifan fitur ini akan mengurangi aktivitas tab yang tidak aktif, mematikan plug-in yang tidak digunakan secara otomatis, dan mengurangi frame rate.

Opera mengklaim bahwa kamu bisa memperpanjang penggunaan laptop kamu 50% lebih lama dibandingkan ketika kamu menggunakan fitur Chrome yang serupa.

10. Pop out video

opera-pop-up1

Sumber : Windows Central

Fitur unggulan lain dari Opera adalah ketersediaan menu pop out video Youtube. Fitur ini sederhana, ketika kamu mengakses video dari Youtube, Opera akan menampilkan menu pop-out.

Dengan mengaktifkan menu pop out, video tersebut akan ditampilkan dalam jendela pop out oleh Opera. Window ini akan selalu tampil paling atas di desktop kamu, sehingga kamu bisa menikmati video sembari melanjutkan pekerjaan kamu.

Karena selalu berada di atas, kadang kala video ini bisa menutupi area kerja kamu. Sehingga kamu cukup memindahkannya ke area lain jika kamu merasa risih dengan jendela pop out ini.

11. Update berita terbaru di speed dial

opera-personal-news-feedSumber : Techdows

Opera membawa sebuah terobosan bagi kamu yang tidak mau ketinggalan berita. Melalui fitur news feed (bisa kamu akses melalui speed dial), kamu bisa membaca 50 berita teratas yang dipilih oleh Opera.

Kalau kamu kurang puas dengan beritanya, kamu juga bisa menambahkan sumber berita yang paling cocok dengan kamu.


Tidak ada browser yang sempurna, begitu pula Opera. Karena dibangun dari webkit Chromium, Opera juga mengalami masalah yang sama dengan Chromium, yaitu scrolling. Untuk menanggulangi hal ini kamu bisa menambahkan ekstensi “scroll” pada Opera-mu.

Selain masalah scrolling, Opera juga terkenal dengan isu kompatibilitas web. Banyak situs-situs lama yang tidak bisa diakses, karena Opera menganggapnya terlalu berbahaya.

Terlepas dari masalahnya, browser Opera masih menyajikan berbagai fitur yang menarik. Rasanya tidak ada alasan untuk tidak merekomendasikan Opera sebagai browser pengganti Edge di perangkat Windows 10 kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *