Browser Review: Firefox Untuk Windows 10

Mozilla Firefox adalah salah satu browser yang paling digemari netizen di seluruh dunia. Berdasarkan data yang dimiliki oleh Mozilla, pengguna Firefox sudah mencapai lebih dari lima ratus juta orang! Seiring dengan maraknya penggunaan tablet, tim Mozilla juga sudah mengembangkan Firefox untuk Windows 10, lengkap dengan fitur-fitur tambahan untuk mendukung tablet PC. Apa saja kelemahan dan keunggulan browser berlogo rubah yang satu ini? Berikut ulasan lengkapnya!

Baca juga: Ini Dia Browser yang Wajib Dimiliki Pengguna Windows 10!

Desain & Usability

Firefox untuk Windows 10Sumber: Firefox

Secara sekilas, tampilan Firefox untuk Windows 10 memang terlihat bersih dan sederhana. Tampilan dasar Firefox tersusun dari dua baris di sisi atas layar. Baris pertama memuat semua tab dari halaman web yang sedang kamu buka, sedangkan baris kedua terdiri dari address bar, search bar, dan berbagai tombol ikon yang esensial untuk mendukung kegiatan berselancar.

Salah satu keuntungan pengguna Firefox adalah kebebasan dalam pengaturan layout. Kamu dapat mencopot ataupun mengganti tombol-tombol default yang sudah terpasang sejak awal (Favorite, Download, Home dan Menu) sesuai dengan keinginan kamu! Klik ikon menu (3 garis horizontal) di kanan atas dan pilih opsi paling bawah untuk mengatur layout Firefox.

Walaupun terkesan sederhana, bukan berarti layout Firefox minim akan fungsi! Firefox untuk Windows 10 memiliki berbagai fitur menarik, seperti Pocket untuk menyimpan halaman web yang sedang kamu kunjungi, agar suatu waktu kamu dapat dengan mudah mengaksesnya kembali di seluruh device kamu!

Jika kamu hobi ber-sharing ria di sosial media, Firefox juga telah menyediakan fitur Share This Page, dimana kamu dapat dengan cepat berbagi halaman web di media-media yang telah kamu pasang, seperti Facebook dan Twitter!

Bagi pengguna yang sudah terbiasa menggunakan browser dan ingin memaksimalkan pengalaman berselancar di internet, tenang saja karena Firefox masih menyimpan berbagai fitur di tampilannya yang minimalis! Klik kanan di halaman web untuk mengakses berbagai fitur tingkat lanjut, seperti melihat dan menyimpan informasi halaman, sampai memeriksa source code halaman.

Seiring dengan maraknya penggunaan tablet, Firefox untuk Windows 10 juga telah menyiapkan desain khusus bagi para pengguna tablet. Dalam mode tablet, halaman web ditampilkan secara penuh agar pembaca dapat berselancar dengan nyaman.

Performa & Fitur

Firefox untuk Windows 10Sumber: Firefox

Firefox memang terkenal lebih ringan dalam hal pemakaian sumber daya, jika dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya seperti Google Chrome dan Microsoft Edge. Tidak hanya itu saja, dalam uji coba yang baru-baru ini dilakukan oleh ITPRO, Firefox muncul sebagai browser terbaik dalam hal kecepatan pemrosesan halaman!

Dari segi booting time, Firefox untuk Windows 10 masih kalah dengan Google Chrome dan Microsoft Edge. Oleh sebab itu, Firefox menerapkan lazy load dimana Firefox tidak akan memproses Tab halaman web yang belum dibuka, ketika pengguna menyalakan kembali Firefox. Lumayan kan buat kamu yang hobi buka banyak Tab sekaligus?

Jika dilihat dari fitur-fiturnya, Firefox yang dirilis sejak tahun 2002 ini memang sudah sangat memadai. Mulai dari fitur yang mempermudah pengguna seperti pencarian kata, zoom, kontrol suara, sampai filter iklan, semua sudah tersedia dari awal tanpa perlu diunduh terlebih dahulu.

Tidak cuma menyimpan halaman web menggunakan fitur Pocket yang telah disebutkan sebelumnya, Firefox juga menawarkan fitur sinkronisasi, yang memungkinkan pengguna agar dapat mengakses history ataupun password dari device manapun! Cocok banget bagi kamu yang punya banyak gadget.

Address bar pada Firefox juga cukup unik. Tim Mozilla menamainya sebagai “Awesome Bar”, karena bukan hanya sebagai tempat menampilkan alamat web, Awesome Bar juga mengingat halaman-halaman web yang sering kamu kunjungi, dan merekomendasikan halaman web yang ingin kamu kunjungi bahkan saat kamu baru mulai mengetik alamat halaman web tersebut.

Secara keseluruhan, Firefox untuk Windows 10 sudah mengantongi banyak sekali fitur yang mudah digunakan, baik oleh pengguna baru maupun pengguna ahli. Dari segi performa, Firefox adalah yang terbaik dari sisi kecepatan berselancar maupun interface. Akan tetapi, kecepatan booting time Firefox masih perlu dibenahi.

Keamanan & Privasi

Firefox untuk Windows 10Sumber: Firefox

Bicara soal keamanan, Firefox cukup giat dalam meningkatkan keamanan berselancar para pengguna. Bahkan, Mozilla sampai menawarkan hadiah sebesar $3.000 sampai $7.500 US Dollar bagi orang yang mampu menemukan celah keamanan pada Firefox!

Secara default, Firefox untuk Windows 10 telah menyediakan fitur filter iklan dan blokir pop-up. Selain itu, pengguna juga dapat mengatur tingkat intensitas keamanan serta permission sebuah halaman web sesuai dengan kemauan dia.

Salah satu keunikan Firefox untuk Windows 10 yang lain adalah pengecekan informasi suatu halaman web. Dengan cara mengklik ikon lingkaran berhuruf ‘i’ yang terletak di bagian kiri address bar halaman web tersebut. Pengguna dapat membersihkan berbagai data pribadi mereka yang dimiliki halaman tersebut.

Bicara soal privasi, Firefox adalah salah satu browser yang paling mengutamakan privasi penggunanya! Berbeda dengan Google Chrome yang selalu mengumpulkan data penggunanya, Firefox sama sekali tidak mengoleksi ataupun menggunakan data pribadi para pengguna.

Sebagai tambahan, Firefox juga memiliki fitur Private Window dimana pada mode yang satu ini, Firefox tidak akan menyimpan jejak berselancar pengguna, serta melakukan perlindungan terhadap website-website yang berusaha untuk mempelajari aktivitas berselancar kamu.

Support & Add-ons

Firefox untuk Windows 10Sumber: Firefox

Perlu diketahui bahwa Firefox adalah aplikasi open-source, sehingga para pengembang dapat dengan bebas menyumbangkan fitur-fitur baru untuk Firefox Windows 10! Kalau fitur-fitur secara bawaan saja sudah cukup lengkap, bayangkan apabila kita bisa menambahnya lagi untuk memaksimalkan pengalaman berselancar kita!

Dengan sistem open-source, tidak heran apabila Firefox memiliki dokumentasi serta berbagai macam tutorial yang lengkap. Apabila ada kesulitan yang kamu temukan ketika memakai Firefox, kamu dapat mengunjungi forum ataupun chat secara langsung dengan komunitas Firefox!

Ekstensi pada Firefox (add-ons) tersedia dalam beberapa jenis, mulai dari yang menambahkan fungsi baru, mengubah bahasa, sampai pengubahan tema dan tampilan secara total dari Firefox sendiri. Bagi yang penasaran, langsung saja kunjungi Add-ons Mozilla.

Dilihat dari penggunaan add-ons pada Firefox, terlihat bahwa pada umumnya pengguna Firefox menyukai fitur-fitur yang dapat menambah kenyamanan berselancar, seperti Adblock Plus untuk memblokir iklan-iklan yang mengganggu di Facebook, Youtube, dan sebagainya. Selain itu, ada juga Video DownloadHelper untuk mengunduh video dan Easy Screenshot untuk men-screenshot halaman web.

Dari segi add-ons tema, Firefox untuk Windows 10 menawarkan dua jenis tema yang bisa kamu pakai: tema background untuk mengganti skema warna serta latar belakang Firefox dan tema lengkap dimana lebih banyak lagi elemen yang bisa diganti. Bagi kamu yang suka ngutak-ngatik, Firefox juga menyediakan cara mudah untuk menciptakan tema kamu sendiri!


Itu dia sedikit ulasan mengenai browser Firefox untuk Windows 10. Sudah tahu kan sekarang kenapa Firefox bisa jadi salah satu browser terpopuler di dunia? Dari sisi jumlah pengguna, Firefox hanya disaingi oleh Google Chrome. Kalau kamu tipe pengguna yang mengutamakan kustomisasi, menghemat memori, serta privasi, Firefox bisa jadi browser yang cocok banget buat kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *