review mailbird

Review: 5 Keunggulan Aplikasi Mailbird di Windows 10

Pengguna aplikasi offline email client pasti sudah familiar dengan Microsoft Outlook. Email client tersebut memang masih merajai pasar. Namun, pengguna Outlook harus rela meroggoh kocek sebesar US$ 4 per bulan untuk berlangganan versi premium. Cukup mahal untuk layanan email client bukan? Yuk, kita coba lihar review Mailbird, offline email client pengganti Outlook.

Alternatif Outlook dengan integrasi sempurna Windows 10

review mailbirdSumber : Mailbird

Mailbird menjadi alternatif aplikasi email client yang mudah seperti Outlook, tapi dengan harga lebih murah. Dan yang terpenting bagi pengguna Windows 10, Mailbird versi 2.0 terintegrasi sempurna dengan sistem operasi besutan Microsoft tersebut.

Salah satu bentuk integrasi Mailbird di Windows 10 adalah touch screen support, sehingga pengguna laptop hybrid tinggal menyentuh dan menyapu layar monitor untuk melihat atau melakukan aksi lain pada email-nya.

Ubah tampilan sesuai keinginan

review mailbirdSumber: Mailbird

Selain terintegrasi dari segi fungsi, Mailbird juga dibekali tampilan flat design yang membuatnya selaras dengan gaya Windows 10. Belum puas dengan pengaturan dasar tampilan Mailbird? Tenang, Mailbird menawarkan fitur kustomisasi, sehingga kamu bisa mengubah icon, font, warna dasar, bahkan zoom aplikasi sesuai dengan selera kamu. Kece kan?

Penggunaan Mailbird ini terbilang sangat mudah, terutama untuk pengguna baru aplikasi sejenis. Kamu cukup meletakkan kursor pada profil untuk mengakses menu balas, hapus, atau menyimpan email masuk.

Melalui berbagai tombol shortcut, kamu juga bisa mengkategorikan email masuk dengan membuat folder dan notifikasi terkait email yang masuk. Selain itu, ada quick preview agar kamu bisa melihat lampiran dengan sekali klik.

Selain quick preview, fasilitas unggulan Mailbird yang berkaitan dengan lampiran adalah drag and drop. Melalui fitur ini, pengguna dapat melampirkan file pada email hanya dengan menyeret file tersebut dan meletakkannya pada tempat yang diinginkan, baik sebagai gambar sisipan pada email body maupun pada lampiran email. Sayangnya, saat ini fitur tersebut masih eksklusif untuk versi berbayar.

Integrasi multi akun Mailbird dengan jejaring sosial lain

mail-bird-3Sumber: Mailbird

Dibangun dengan kemampuan multi akun yang support POP3 dan IMAP, Mailbird dapat digunakan untuk web-based email seperti; gmail, yahoo, AOL, ataupun email yang di-host oleh server perusahaan Anda.

Bagi pengguna versi gratis, sayangnya kamu harus puas dengan integrasi maksimal 3 akun dalam 1 aplikasi. Jika ingin mengintegrasikan lebih dari 3 akun, maka kamu harus menggunakan Mailbird versi berbayar.

Salah satu hal yang dirasa perlu dalam sebuah email client adalah keberadaan plugin yang dapat mengintegrasikan akun dari berbagai media komunikasi. Hal ini dijawab Mailbird dengan fitur integrasi berbagai akun media sosial, seperti akun messenger Wechat dan Whatsapp, atau jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Linkedin. Integrasi ini memungkinkan pengguna dapat menjalankan aplikasi email client dan media komunikasi lain pada satu window.

Aplikasi untuk meningkatkan produktivitas!

review mailbirdSumber : Kaboompics

Aplikasi pada Mailbird tidak hanya seputar akun media komunikasi, pilihan aplikasi yang disediakan oleh Mailbird juga sangat beragam. Mulai dari Google Calendar, hingga aplikasi berbagi seperti Evernote dan Dropbox. Keberadaan berbagai plugin ini tentunya akan meningkatkan produktivitas pengguna Mailbird.

Meskipun memiliki banyak aplikasi, nyatanya banyak diantaranya yang tidak mendukung kinerja pengguna. Beberapa aplikasi seperti Twitter, Lifehacker, atau The Verge hanya berupa sandbox yang berjalan di atas Mailbird. Ini sama artinya dengan pengguna hanya mengakses website tersebut melalui aplikasi email client Mailbird.

Keamanan Mailbird

review mailbirdSumber : Premier Design & Security

Beberapa plugin dari Mailbird disinyalir palsu dimana plugin ini dapat memanfaatkan data yang terdapat pada Mailbird untuk keperluan pembuat plugin tersebut. Pihak Mailbird pun tidak memberikan identifikasi untuk plugin palsu ini, sehingga pengguna harus menebak secara bijak plugin yang menurut mereka asli.

Meskipun terdapat isu bocornya data dari sisi aplikasi, dalam website-nya Mailbird mengklaim bahwa aplikasi mereka telah lolos tes Email Privacy Tester. Artinya Mailbird tidak membocorkan informasi atau data yang pengguna kirimkan melalui Mailbird.

Variasi produk Mailbird

mailbird-6Sumber: The Blue Diamond Gallery

Mailbird menawarkan 3 pilihan variasi produk untuk pengguna aplikasinya: versi gratis, PRO, dan PRO Lifetime. Di versi gratis, pengguna dapat mengakses fitur dasar Mailbird disertai lampiran dan tulisan “sent by Mailbird” yang secara otomatis dibuat dalam semua email yang dikirim melalui Mailbird. Adapun notifikasi upgrade akan dikirim Mailbird setelah 30 hari penggunaan.

Versi PRO memiliki ketentuan dimana pengguna diharuskan membayar US$ 1 setiap bulannya untuk berlangganan. Bedanya, versi PRO memiliki tambahan fitur khusus, seperti quick preview, drag and drop attachment, dan penggunaan jumlah akun tak terbatas pada satu aplikasi.

Yang ketiga adalah versi PRO Lifetime. Pengguna Mailbird diharuskan membayar sebesar US$ 45 untuk seumur hidup dengan fasilitas serupa dengan versi PRO. Meskipun berbayar, nyatanya Mailbird memberikan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan Outlook.

Bukan tidak mungkin Mailbird dapat menyerap pengguna Outlook, seperti jargon mereka the Outlook killer.


Itulah review Mailbird, aplikasi email client Windows 10.

Terlepas dari isu keamanan, Mailbird masih menjadi aplikasi email client yang baik untuk pengguna Windows 10. Integrasi Mailbird di Windows 10, kemudahan penggunaan, dan beragam fitur yang telah disediakan membuat Mailbird menjadi salah satu alternatif aplikasi email client yang patut dicoba dan pastinya akan oke banget buat produktivitas kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *