pc 2-in-1

Mau Jadi Ahli Windows 10? Kenali Kumpulan Shortcut Keyboard Ini

Dengan adanya beberapa perubahan yang dilakukan Windows 10 dari versi sebelumnya, beberapa pengguna kerap kali geram mencari di mana letak fitur-fitur tertentu. Apakah kamu salah satu yang pernah merasakannya?

Sebenarnya kamu tidak perlu pusing, lho. Kamu hanya perlu mengetahui rahasia kecil yang tersembunyi di balik Windows 10. Penasaran? Berikut beberapa kumpulan shortcut keyboard untuk Windows 10 yang bisa kamu coba!

1. Explorer

shortcut keyboard windows 10

Mari kita mulai dengan shortcut keyboard untuk Windows 10 yang kamu butuhkan dalam mencari file. Dengan menekan tombol WIN + E”, Windows Explorer segera meluncur dan akan memberikan rekomendasi folder atau file yang sering kamu akses sebelumnya.

2. Task view

shortcut keyboard windows 10

Semakin lama kamu bekerja dengan tablet PC, aplikasi yang diakses cenderung banyak. Kamu dapat menggunakan shortcut keyboard untuk windows sebagai cara cepat untuk melihat keseluruhan aplikasi yang sedang terbuka, cukup dengan tombol WIN + Tab. Jika ingin mengakses aplikasi yang lain, kamu bisa menggerakkan kursor ke kiri atau kanan kemudian tekan tombol Enter.

3. Pindah tab

shortcut keyboard windows 10

Apa kamu termasuk orang yang bosan jika terus-terusan menggunakan cara sama berulang kali? Untuk berpindah ke aplikasi lain, shortcut keyboard lain yang dapat kamu coba adalah dengan langsung menekan tombol ALT + TAB, dan memilih aplikasi yang kamu inginkan.

4. Kunci layar

shortcut keyboard windows 10

Apa kamu ingin meninggalkan tablet PC untuk sementara di meja kerja, tapi khawatir kalau saja ada yang iseng mengakses device milikmu? Coba tekan tombol WIN + L, shortcut keyboard untuk windows 10 yang satu ini dapat mencegah rekan kerja iseng dengan mengunci akses. Tapi ingat, harus diberi password dulu yah.

5. Setting

shortcut keyboard windows 10

Banyak sekali pengaturan yang dapat kamu lakukan di Windows 10. Dengan menekan tombol WIN + I, kamu akan memasuki halaman setting di mana beberapa hal seputar tablet PC seperti bahasa, akun, sistem tablet, dan lainnya yang dapat kamu atur.

6. Memanggil Cortana, asisten virtual windows 10

shortcut keyboard windows 10

Hal yang menarik dari Windows 10 adalah kehadiran Cortana, asisten virtual yang memudahkan pekerjaan penggunanya. Kamu bisa meminta Cortana untuk mengerjakan banyak hal, namun terlebih dahulu kamu perlu tahu bagaimana mengaktifkannya. Coba deh tekan WIN + S, kolom Cortana akan muncul menunggu instruksi dari kamu. Yang tidak kalah menariknya, Cortana dapat mendengar instruksi dari ucapanmu jika tombol WIN + C diaktifkan terlebih dahulu.

7. Virtual desktop

shortcut keyboard windows 10

Ada lagi lho hal keren yang dapat kamu lakukan dengan shortcut keyboard untuk Windows 10. Sistem operasi garapan Microsoft ini memungkinkan kamu untuk memiliki lebih dari satu tampilan Desktop. Dengan begitu, kamu bisa mengelompokkan kerjaan dan hal personal di desktop yang berbeda. Asik bukan? Tapi, bagaimana caranya? Berikut beberapa shortcut yang bisa kamu coba:
WIN + CTRL + D: Untuk menambah virtual desktop yang baru.
WIN + CTRL + Kiri / Kanan: Kamu dapat berpindah ke virtual desktop yang lain secara mudah dengan salah satu dari kombinasi tombol ini.
WIN + CTRL + F4: Menutup/mengakhiri virtual desktop yang sedang aktif.

Perlu diingat, meskipun masing-masing desktop dapat mengoperasikan aplikasi yang berbeda dengan virtual desktop lainnya, file yang tersimpan di desktop sebenarnya tetap sama dan saling terhubung jika ada perubahan.

8. Mengatur posisi windows

shortcut keyboard windows 10

Shortcut yang satu ini sangat berguna bagi kamu yang biasa membuka lebih dari satu windows atau aplikasi dalam bekerja. Jika ingin memindahkan posisi windows agar memudahkan penglihatan kamu pada layar yang berbeda, coba arahkan dengan shortcut ini:
WIN + Kiri/Kanan: Untuk menggeser posisi ke samping.
WIN + Atas/Bawah
: Untuk minimize atau memunculkan kembali tampilan.

9. Minimize atau restore task tertentu

shortcut-keyboard-windows-10-9

Shortcut keyboard untuk Windows 10 berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah WIN + (1) / (2) / (3) / …. Apa maksudnya?

Kamu bisa mengakses aplikasi yang terpasang di toolbar dengan waktu yang singkat. Misalkan pada gambar di atas, Google Chrome berada pada urutan kedua, maka yang perlu ditekan adalah WIN + 2.

10. Action center

shortcut keyboard windows 10

Action center adalah tempat di mana kamu dapat menghidupkan atau mematikan beberapa fitur tablet PC seperti Bluetooth, GPS, Battery Saver, WIFI, dan sebagainya. Cukup dengan tombol WIN + A, maka pilihan tersebut akan segera muncul di sisi kanan layar.

11. Screenshot

shortcut keyboard windows 10

WIN + Print Screen. Dengan shortcut keyboard untuk Windows 10 yang satu ini, kamu bisa menyimpan gambar screenshot dari tablet PC yang secara otomatis disimpan dalam folder “Screenshot”.

12. Task manager

shortcut keyboard windows 10

Cara singkat yang dapat kamu coba jika ingin mengetahui performa tablet PC-mu adalah dengan menekan tombol CTRL + SHIFT + ESC. Layar akan memunculkan Task Manager yang dapat kamu gunakan untuk melihat proses yang sedang berjalan, jumlah memori yang dikonsumsi, serta dapat mengakhiri program yang sedang berjalan.

13. Tutup aplikasi

shortcut keyboard untuk windows 10

Shortcut keyboard untuk Windows 10 yang terakhir ialah ALT + F4. Ini adalah tombol yang sangat praktis untuk menutup aplikasi segera setelah kamu menyelesaikan pekerjaan di tablet PC. Selain itu, kamu juga bisa mematikan laptop, atau melakukan restart hingga sleep jika menekan tombol ini di layar desktop.


Bagaimana? Sudah semakin mengenal apa saja cara cepat yang dapat dilakukan dengan shortcut keyboard untuk Windows 10? Jika sudah terbiasa dengan shortcut di atas, kamu bisa menjadi ahli Windows serta dapat bekerja dengan lebih cepat dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *