syarat menjadi programer harus berusaha keras

Syarat Menjadi Programer, Ternyata Mudah Lohh!

Akhir akhir ini kata kunci programer menjadi semakin marak kita dengar. Apalagi dengan beredarnya kasus kasus hacking di Indonesia dan dunia. Istilah hacking dan hacker sering diasosiasikan dengan dunia programer. Meski demikian kedua istilah itu bisa sama dan bisa juga berbeda.

Maraknya kasus kasus ini membuat orang tertarik untuk menjadi seorang programer. Padahal masih banyak yang salah mengartikan programer adalah apa. Dan untuk kamu yang tertarik, inilah syarat menjadi programer sukses yang bisa diikutin.

Syarat Menjadi Programer

syarat menjadi programer

Selain memiliki modal dalam segi teknis perangkat, atau software yang mendukung. Syarat menjadi programmer lebih kepada human resource nya sih. Hal ini karena dengan software sebagus apapun dan perangkat paling baru sekalipun tidak akan membantu menjadi programmer handal jika tidak mengikuti kelima syarat menjadi programmer berikut ini:

  1. Memiliki Minat Menjadi Programer

Programer adalah seorang yang bertugas membuat program. Program sendiri ada banyak, bisa diterapkan di dunia website dan internet, bisa juga diterapkan di software komputer. Nah, bedanya programer di dunia website, kamu bertugas untuk mendesain script, html dan css untuk keperluan sebuah situs. Tidak hanya itu, kamu juga diperlukan untuk merasakan user interface yang friendly dengan penggunanya kelak.

syarat menjadi programer harus

Baca Juga : 5 Aplikasi Musik Terbaik di Android 2018

User interface ini juga diterapkan di dunia software. Misalnya programer game clash of clans, programer aplikasi facebook mobile dan lain sebagainya. Untuk mengetahui seluk beluk dunia programer kamu harus memiliki minat terlebih dahulu sobat. Hal ini karena bisa dibilang dunia programing susah susah gampang. Selain menggunakan logika, dunia programing juga menggunakan rasa.

  1. Rajin dan Tidak Mudah Menyerah

Kerajinan dan keteguhan hati seorang programer perlu tebal, sangat tebal. Hal ini karena untuk membuat sebuah program diperlukan beberapa kali kesalahan. Jika ada istilah practice make perfect, maka itu adalah peribahasa yang paling pantas.

syarat menjadi programer harus berusaha keras

Karena dalam membuat sebuah program, kamu tidak bisa langsung merilisnya ke publik. Kamu harus mencobanya terlebih dahulu, sehingga kemungkinan celah atau bug yang mungkin keluar tidak terjadi pada saat digunakan. Hal ini juga penting untuk programer website mengingat celah bisa berarti ruang untuk hacker masuk di kemudian hari.

  1. Kuliah di Jurusan Programing

Kuliah di jurusan programing sangat membantu kamu yang ingin menjadi seorang prgram developer. Namun ingat ini bukan syarat utama mengingat banyak sekali sumber referensi yang bisa kamu baca melalui Google.

Artikel Menarik : Hidup di Dunia Khayalan Dengan Game Simulasi di Android

Dan yang penting malah kamu harus balik ke nomor satu, yaitu memang erminat menjadi programer. Banyak sekali seorang programer website yang berasal dari orang diluar jurusan programing. Hal ini karena mereka berawal dari otodidak dan kemauan belajar yang kuat.

  1. Rela Begadang

Syarat menjadi programer selanjutnya dalah rela begadang! Nggak wajib sih, namun biasanya untuk belajar yang tepat memerlukan waktu seharian bahkan menyita sedikit waktu tidur nyenyak di malam hari. Kebanyakan programer malah dikenal memiliki jam tidur kalong yang artinya bekerja di malam hari.

syarat menjadi programer harus berusaha keras

  1. Selalu Penasaran

Selalu penasaran adalah point penting dari semua ini. Mengingat ide dan kreatifitas bisa datang dari mana saja. Termasuk menduplicate aplikasi yang telah ada. Namun hal ini tidak akan bisa dilakukan jika kamu tidak memiliki rasa penasaran yang berlebih. Dan ingat, mereplika ulang aplikasi atau website tetap bisa jadi karya otentik ketika kalian menemukan celah dan memperbaikinya. Dan itu menjadi karya otentik kalian!

Nahh Gimana nih Geeks?! kalian mampu bukan dengan persyaratan di atas? Tentu mampu bukan?. Semoga sukses ya geeks menjadi Programernya, dan menjadi programer yang profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *