peluang kerja

Yuk, Tingkatkan Peluang Kerja Kamu Menggunakan Smartphone Dengan 5 Tips Ini!

Peluang Kerja – Tidak bisa dipungkiri, kini peran smartphone dan internet kian dominan dalam hidup kita, salah satunya dalam meningkatkan peluang kerja. Menurut Ariadi Anaya, Managing Director JobsDB Indonesia, sebanyak 82% pencari kerja memilih mencari lowongan pekerjaan melalui portal pencari kerja online. Hal ini dinilai karena lebih mudah, real time, serta sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.

Di manapun, kapanpun, dan bagaimanapun, s dengan bantuan jaringan internet, smartphone bisa memenuhi kebutuhan pencari kerja. Terlebih dengan berbagai teknologi kekinian yang memudahkan dalam mencari peluang kerja! Kamu hanya perlu tahu teknologi yang mana!

Baca juga: 5 Tips Berjualan Online dengan Smartphone Android


5 Tips Meningkatkan Peluang Kerja dengan Smartphone

1. Tingkatkan peluang kerja dengan aplikasi pencari kerja

peluang kerja
Sumber: Free-Photos

Aplikasi pencari kerja sudah banyak dikembangkan saat ini. Beberapa yang populer di Indonesia adalah Linkedin, Jobstreet, dan JobsDB. Bahkan, ada developer yang membuat aplikasi seperti Tinder untuk pencari kerja (Switch)!

Dengan memasang aplikasi-alikasi tersebut dalam smartphone kamu, peluang kerja pun akan semakin mudah dan lebih cepat ditemukan. Adapun filter pencarian seperti kisaran gaji, tipe pekerjaan, lokasi, dan lain sebagainya sehingga kamu bisa menemukan pekerjaan yang kamu idamkan.

2. Buat kartu nama digital profesionalmu dengan Haystack

peluang kerja
Sumber: Lum3n.com

Kartu nama merupakan aspek penting agar koneksimu dapat mengingat dan menghubungimu setiap waktu. Haystack membantumu dengan kartu nama “generasi baru” yang berbentuk digital, sehingga kamu pun tidak perlu mencetak.

Haystack berfokus pada pembuatan kartu nama profesionalmu. Penggunaannya pun cukup mudah. Cukup mengunggah foto dan latar belakang atau logo perusahaan serta detil identitas seperti nama, posisi, dan nama perusahaan.

Kamu juga bisa mensinkronisasi profil di Linkedinmu dengan Haystack dan membagikan kartu nama digitalmu kepada kontakmu.

3. Simpan kartu nama koneksi kamu dengan Business Card Reader Pro

peluang kerja
Sumber: Pixabay

Saat mencari pekerjaan, penting bagi kamu untuk hang out dan menambah koneksi sehingga peluang untuk mendapatkan tawaran kerjaan idaman pun meningkat.

Ketika sedang dalam acara networking atau sekadara hang out, tentunya mereka akan memberikan kartu nama pribadi yang harus kamu simpan baik-baik yang akan berguna sekarang atau kelak di karir lanjutanmu.

Untuk membantumu merapikan file kartu namamu, pasanglah aplikasi Business Card Reader Pro. Aplikasi ini memungkinkan kamu menyimpan informasi semua koneksimu dalam satu aplikasi di memori smartphone tanpa harus meng-input-nya secara manual. Karena tak jarang kamu akan kehilangan akibat terselip jika tidak mampu menyimpannya dengan baik. Artinya, kehilangan salah satu peluang menggapai karir idamanmu.

Baca juga: Yuk, Mulai Bisnis Online Dengan Smartphone Kamu!

4. Presentasikan diri kamu dengan baik dengan Visual CV

peluang kerja
Sumber: Pixabay

Resume atau CV adalah senjata andalan dalam membuka peluang kerja bagi kamu. Bagaimanapun juga, rekruter akan pertama kali berkenalan denganmu lewat CV yang kamu berikan. Sehingga penting bagi kamu untuk mempresentasikan resume-mu dengan baik.

Saat ini, kamu bisa membuat CV secara mudah dengan smartphonemu melalui aplikasi Visual CV. Di sini, kamu bebas berkreasi dan bahkan sudah ada contoh atau template CV profesional sebagai paduan. Setelah selesai, kamu pun dapat menyimpannya dalam format PDF.

5. Setelah mendapat panggilan wawancara, jangan lupa lihat review via Qerja!

peluang kerja
Sumber: Qerja.com

Mempunyai pengetahuan dasar tentang perusahaan saat wawancara kerja adalah hal yang penting. Sehingga kamu harus mencari tahu dan memastikan bahwa perusahaan itu adalah tempat kerja yang cocok dengan diri kamu. Hal itu bisa dilihat dari budaya dan review yang bisa kamu dapatkan melalui aplikasi Qerja.

Qerja adalah sebuah aplikasi yang memungkinkanmu membaca review tentang perusahaan dari orang dalam perusahaan.

Selain itu, kamu pun bisa mendapatkan review kisaran gaji perusahaan dan lowongan lain yang sedang dibuka. Hal ini penting sehingga kamu bisa mempunyai nilai tawar dan tidak asal menerima suatu pekerjaan.

Baca juga: Smartphone Kamu Bisa Membantu Kamu Belajar Loh! Caranya?


Tapi tentu saja hal itu akan bermanfaat maksimal jika kamu menggunakannya dengan konsisten dan tahu cara penggunaannya. Apalagi jika didukung dengan smartphone canggih sekelas Genpro X! Kamu tidak perlu khawatir soal space, jaringan, atau kelancaran menggunakan aplikasi-aplikasi  di atas! Siap meningkatkan peluang kerjamu?

Sumber gambar: Pixabay.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *