tips belajar

Tips Belajar Makin Produktif Dengan Smartphone

Suka ataupun tidak, belajar merupakan hal yang nggak bisa kita hindari sebagai pelajar. Tapi, belajar seringkali dinilai membosankan jika dibandingkan dengan jalan-jalan atau menonton televisi. Mungkin kamu memerlukan tips belajar yang simpel dan menyenangkan dengan menggunakan smartphone GENPRO X-mu!
Gadget yang satu ini bisa banget loh kamu manfaatkan supaya belajar menjadi lebih produktif. Berikut ini beberapa tips belajar makin produktif dengan menggunakan smartphone!

Baca juga: Belajar Lewat Smartphone dengan 5 Aplikasi Edukasi Android Berikut


Tips Belajar dengan Smartphone

1. Manfaatkan Scheduler untuk Memantau Aktivitas Belajar

tips belajar Sumber: Startuo Stock Photos

Besok ujian dan kamu belum mulai belajar? Kamu sudah terbiasa dengan sistem kebut semalam? Kalau iya, berarti time management kamu masih kurang baik. Time management yang baik akan membuatmu menjadi lebih produktif, tertata, dan mengurangi stres karena deadline.

Nah, tips belajar buat kamu si penganut sistem kebut semalam adalah dengan memanfaatkan scheduler yang ada di smartphone. Dengan scheduler kamu bisa memantau aktivitas belajar supaya kamu tidak kelabakan saat menghadapi ujian.

2. Musik untuk Konsentrasi Lebih

tips belajar Sumber: Pixabay

Tips belajar yang kedua ini memanfaatkan pemutar musik untuk membuatmu lebih konsentrasi. Menurut penelitian, mendengarkan musik klasik saat belajar dapat meningkatkan kemampuan pelajar dalam menerima pelajaran.

So, untuk memaksimalkan kegiatan belajarmu, kamu bisa coba untuk memutar musik klasik melalui smartphone sebagai rutinitas belajarmu dan rasakan perubahannya!

3. Perekam Suara untuk Merekam Penjelasan Guru

tips belajar Sumber: John-Mark Kuznietsov

Semua orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, ada yang visual, auditori, dan kinestetik.
Nah, kalau kamu termasuk tipe auditori atau lebih mengandalkan pendengaran dalam proses belajar, tips belajar yang ketiga ini cocok banget untukmu.

Kamu bisa memanfaatkan fitur perekam suara untuk merekam penjelasan dari guru atau dosen. Saat menjelang ujian, kamu tinggal memutar rekaman itu kembali. Dengan begitu, kamu bisa memahami pelajaran dengan lebih mudah dan nggak perlu lagi takut kelupaan penjelasan penting guru atau dosenmu.

4. Unduh Kamus Bahasa Asing untuk Membantumu Lebih Fasih

tips belajar Sumber: Pixabay

Memasuki era pasar bebas, persaingan untuk mendapatkan pekerjaan menjadi semakin ketat. Kamu tidak hanya bersaing dengan tenaga kerja dalam negri, tapi juga tenaga kerja asing. Mau nggak mau kamu dituntut untuk menguasai lebih dari satu bahasa agar dapat bersaing dengan tenaga kerja asing.

Untuk meningkatkan daya saing kamu di pasar tenaga kerja, kamu bisa mulai dengan belajar bahasa internasional seperti bahasa inggris dan mandarin. Kamu bisa memanfaatkan kamus bahasa asing yang bisa kamu akses dengan maupun tanpa internet di smartphone kamu. Dengan begitu, kamu bisa memperkaya kosakata bahasa asing di mana dan kapan saja.

Baca juga: 7 Aplikasi belajar Bahasa Asing untuk Smartphone Android

5. Mengikuti Berbagai Channel Youtube yang Edukatif

tips belajar Sumber: etrainingpedia

Mengikuti berbagai channel Youtube yang edukatif bisa menjadi tips belajar makin produktif melalui smartphone. Kamu jadi bisa meng-explore materi dan detil lain yang tidak dibahas saat jam sekolah. Selain itu, kamu biasanya akan lebih mudah memahami materi karena dibahas secara menarik dengan menggunakan grafik, gambar, dan analogi.

Lebih lanjut, kamu juga bisa memanfaatkan info-info di channel Youtube untuk meningkatkan skill lain seperti baking dan make up. Selain menghemat biaya kursus, kamu bisa belajar di mana dan kapan saja yang kamu mau.

Baca juga: 5 Channel Edukasi Youtube yang wajib kamu Subscribe

6. Unduh Aplikasi Mind Map di Smartphone

tips belajar Sumber: Illumine Training

Metode belajar dengan mevisualisasikan informasi ini cukup populer di kalangan pelajar. Selain dapat meningkatkan kreatifitas dan produktifitas, mind map juga dapat mempertajam daya ingat jangka panjang.

Kalau kamu kepingin meningkatkan keterampilan belajar dengan metode belajar mind map, kamu bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi serupa yang sudah tersedia di Google Play. Kamu tidak perlu repot-repot menggambar karena aplikasi ini sudah menyediakan template yang bisa kamu pilih sesukamu.

7. Manfaatkan E-book Supaya Bisa Membaca Buku Di Mana Saja

tips belajar Sumber: Pixabay

Kamu bisa memperoleh banyak ilmu dengan membaca loh. Tidak jarang, orang sering beranggapan kalau buku adalah jendela dunia. Dengan membaca, kamu jadi tahu hal-hal yang mungkin belum perlu kamu alami sebelumnya.

Buku sendiri muncul dalam berbagai bentuk. Terlebih dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat, banyak penerbit berlomba-lomba mengubah buku yang semula berbentuk fisik menjadi buku elektronik atau e-book.

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan oleh e-book, tidak ada salahnya kalau kamu memanfaatkannya untuk membaca buku di mana, kapan saja, ada ataupun tanpa internet. Ingat, buku adalah jendela dunia kan?

Baca juga: Hobi Membaca? Lewat Aplikasi Baca Buku Digital ini, Hobi Membaca Jadi Lebih Seru!


Ternyata fungsi smartphone bukan hanya untuk mengecek media sosial loh. Smartphone juga bisa dimanfaatkan untuk membantu belajar jadi makin produktif. Walaupun metode belajar setiap orang itu berbeda-beda, tapi nggak ada salahnya kan untuk mencoba tujuh tips belajar makin produktif dengan smartphone diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *