tips berjualan online

5 Tips Berjualan Online dengan Smartphone Android

Perkembangan dunia teknologi saat ini telah membuka berbagai peluang usaha e-commerce. Melalui e-commerce, pembeli dan penjual semakin dimudahkan untuk melakukan transaksi jual beli.
Berkat kecanggihan teknologi ini, semua bisa berjualan online bermodalkan smartphone saja lho! Tetapi nggak sedikit yang menggunakan metode ini tidak banyak berhasil bahkan gulung tikar. Nah, ingin tahu bagaimana caranya agar sukses berjualan online dengan melalui smartphone? Berikut adalah tips berjualan online yang bisa kamu coba!

Baca juga : Kerja Lewat Smartphone Kapan Saja dan Dimana Saja? Yuk, Lihat 5 Tips Ini!


Tips Berjualan Online dengan Smartphone

Gunakan Aplikasi Yang Sesuai

tips berjualan onlineSumber : Ijmaki

Hal pertama untuk berjualan online melalui smartphone adalah dengan memilih aplikasi yang sesuai untuk produk yang akan kamu jual. Karena di e-commerce sendiri ada beberapa aplikasi yang berbeda, ada yang bersifat marketplace ada juga yang bersifat listing.

Aplikasi marketplace yang saat ini banyak digunakan diantaranya adalah aplikasi dari Lazada, Tokopedia dan Bukalapak. Aplikasi tersebut bersifat marketplace dimana kita sebagai penjual membuka toko di dalam marketplace dan bisa melakukan transaksi penjualan disana.

Sedangkan untuk metode listing, metodenya serupa seperti iklan baris dimana hanya menampilkan tulisan dan gambar yang mempromosikan produk-mu, tanpa ada transaksi yang terjadi di dalam aplikasi tersebut. Aplikasi yang bisa kamu gunakan diantaranya OLX dan Jualo. Yang mana yang paling cocok denganmu?

Custome Service yang Baik

tips berjualan online Sumber : LoboStudiHamburg

Salah satu kunci keberhasilan dari online shop adalah kecepatan merespon pembeli. Terkadang pembeli yang sudah berminat membeli di toko kita, berpindah ke online shop lain karena tidak mendapat respon yang cepat.

Pastikan kamu mencantumkan kontak yang bisa dihubungi oleh konsumen dalam profil toko online yang kalian miliki. Aplikasi yang banyak digunakan untuk digunakan sebagai kontak adalah Blackberry Messsenger dan juga Whatsapp. Kedua aplikasi ini memang banyak menjadi pilihan karena penggunaan yang tidak berat dan bisa multiplatform.

Aktif di Media Sosial

tips berjualan online Sumber : yourschantz

Menggunakan media sosial akan sangat bermanfaat untuk usaha online shop kamu. Melalui media sosial kamu bisa memberi informasi kepada calon pembeli kamu secara langsung.

Aplikasi Instagram menjadi aplikasi yang saat ini sering oleh pemiliki online shop sebagai saluran media sosial dari toko mereka. Aplikasi ini dianggap praktis karena kamu bisa memberikan info produk terbaru berupa gambar sekaligus promosi.

Selain itu, kamu juga bisa membuat Facebook Fan Page untuk toko online yang kita milki. Fungsi Facebook Fan Page ini bisa digunakan untuk upload produk baru dan memberikan info kepada costumer secara langsung.

Ikuti Trend Terkini

tips berjualan onlineSumber : stevepb

Berjualan secara online juga membutuhkan kejelian akan produk yang akan dijual. Pastikan kita selalu mengikuti perkembangan dari pasar dunia bisnis yang kita geluti.
Perbanyak referensi tentang produk-produk yang sedang trend dan banyak dicari pembeli. Kamu bisa menggunakan aplikasi berita seperti Kurio, UC News atau Babe untuk mengetahui berbagai macam update berita terbaru dan perkembangan trend yang terjadi setiap harinya.

Promosi yang Kreatif

tips berjualan onlineSumber : kaboompics

Kegiatan promosi adalah sebuah kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan awareness dari pembeli terhadap produk atau toko yang kita miliki. Walaupun hanya berjualan online melalui smartphone, promosi tetap penting buat dilakukan.

Kamu bisa mulai dengan berbagai macam cara dan dengan biaya yang bervariasi pula. Kamu bisa bekerja sama dengan online shop lain untuk saling mempromosikan produk yang dijual.

Selain itu kalian juga bisa menggunakan jasa paid edorser untuk mempromosikan produk kalian. Nah, cara lain yang bisa kalian gunakan ketika berjualan online melalui smartphone adalah dengan memanfaatkan promo yang diberikan oleh perusahaan e-commerce.
Biasanya perusahaan e-commerce memiliki program promo seperti biaya ongkos kirim gratis bila membuka online shop di situs atau aplikasi tersebut. Ini bisa menjadi senjata andalan yang cukup ampuh bagi para pengusaha online shop untuk melakukan promosi secara gratis tetapi tetap menghasilkan tentunya.

Baca juga: Aplikasi Keuangan Terbaik untuk Smartphone Android Kamu!


Itulah lima tips berjualan online melalui smartphone yang bisa kalian lakukan. Biar pengalaman berjualan online lewat smartphone makin maksimal, gunakan smartphone dengan spesifikasi yang kompatibel seperti GENPRO-X. Nggak cuma dilengkapi jaringan 4G, smartphone ini juga sudah dibekali fitur pemindai sidik jari yang penting banget untuk meningkatkan keamanan smartphone-mu.

Kini, berjualan online jadi jauh lebih mudah, bukan? Jika kamu punya tips berjualan online lainnya, yuk bagikan di kolom komentar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *