tips berpuasa

7 Tips Berpuasa yang Bisa Kamu Lakukan dengan Smartphone

Puasa memang bukan perkara yang mudah. Namun, kamu bisa memanfaatkan smartphone untuk menemukan aktivitas yang berguna agar puasamu makin lancar lho! Selain itu, kini banyak aplikasi smartphone yang bisa membantu puasamu makin lancar jika kamu tahu tips berpuasa dengan smartphone berikut!

Penasaran? Berikut ini 7 tips berpuasa yang bisa kamu lakukan dengan smartphone agar makin lancar.

Baca juga: Pengguna Smartphone Android? Pasti 7 Fitur Tersembunyi Smartphone Ini Bisa Mengejutkanmu!


Tips Berpuasa dengan Smartphone

1. Download Aplikasi Pengingat Waktu Adzan

tips berpuasaSumber gambar: Pakistan Insider

Bukan hanya untuk mengingatkan waktu Maghrib sebagai pertanda waktu buka puasa, dengan aplikasi kamu juga bisa mengetahui saat masuk waktu Subuh, Dzuhur, Ashar, Isya dan juga tentunya waktu imsyak. Nggak hanya itu, ada juga beberapa aplikasi seperti Muslim Pro yang dilengkapi dengan pengingat waktu adzan, penunjuk kiblat dan juga Al-Qur’an.

2. Download Aplikasi Alarm Unik

tips berpuasaSumber gambar: Appsbee

Alarm biasa sudah nggak mempan lagi untuk membangunkan kamu? Nah, kamu perlu coba aplikasi alarm unik yang mengharuskan kamu melakukan usaha lebih untuk mematikannya. Seperti halnya dengan aplikasi SpinMe Alarm Clock, yang mengharuskan kamu memutar-mutar dulu layar untuk mematikannya. Atau aplikasi SnapMe Alarm yang mengharuskan kamu untuk selfie dengan lampu menyala untuk mematikannya.

Nggak perlu khawatir lagi untuk terlewat waktu sahur lagi, kan?

3. Download Aplikasi Resep

tips berpuasaSumber gambar: Android Authority

Tips berpuasa selanjutnya berkaitan dengan saat sahur dan buka puasa yang penting. Tanpa makanan yang tepat, bisa-bisa puasa kamu jadi nggak lancar karena kurangnya asupan makanan. Nah, agar kamu makin semangat masak untuk sahur dan buka, coba download aplikasi resep yang menyediakan berbagai varian dan modifikasi masakan di smartphone kamu.

Setelah itu, coba deh praktekan resep yang kamu pilih saat ngabuburit. Agar ketika buka puasa tiba, bisa langsung kamu cicipi.

4. Main Game atau Sosmed

tips berpuasaSumber gambar: Huffington Post

Saat main game atau main sosmed, sering kali kita nggak menyadari waktu sudah berjalan begitu jauh. Game yang baik adalah yang dapat mengasah kemampuan otak. Sementara pergaulan sosial media yang baik dapat memberi kita banyak manfaat. Tapi ingat, jangan gampang emosi kalau kamu kalah main game atau menemukan postingan yang memancing emosi, ya? Bisa-bisa pahala puasa kamu berkurang!

5. Nonton Video Tutorial Hijab

tips berpuasaSumber gambar: Google Play

Agar waktu luang kamu bisa menghasilkan sesuatu, kamu bisa menonton video tutorial hijab pada aplikasi YouTube dalam smartphone kamu. Setidaknya selain bisa terhibur, kamu juga bisa mendapatkan sedikit ilmu dari yang kamu tonton. Siapa tahu setelah menonton video turorial hijab tersebut, tampilan gaya muslimahmu untuk Ramadhan dan Lebaran bisa semakin gaya dan keren.

Selain tutorial hijab, kamu bisa mendengar tausiah, dan berbagai video bermanfaat lainnya, lho!

6. Berbelanja fashion muslim online

tips berpuasaSumber gambar: infobisnis

Salah satu hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan dengan smartphone adalah online shopping, terutama bagi kaum Hawa, termasuk kamu. Saat bulan suci tiba bahkan mendekati hari raya, banyak e-commerce yang nggak segan-segan memberikan banyak promosi dan potongan harga untuk setiap fashion item muslim.

Tentunya hal ini akan sangat disayangkan jika sampai terlewat. Kamu bisa download aplikasi e-commerce paling populer seperti Hijabenka, HijUp, Saqina hingga Zoya.

7. Baca Al-Qur’an Terjemahan via Aplikasi

tips berpuasaSumber gambar: Google Play

Dengan aplikasi Al-Qur’an di smartphone, kamu bisa dengan mudah membaca Al-Qur’an saat ada waktu luang di manapun. Misalnya saat kamu sedang di angkutan transportasi umum atau sedang dalam antrian.

Selain itu, banyak juga aplikasi Al-Qur’an yang dilengkapi terjemahan Bahasa Indonesia, sehingga memudahkan kamu untuk mempelajari lebih dalam mengenai isi Al-Qur’an.

Baca juga: Perbandingan GENPRO X dengan Smartphone Sekelasnya!


Nah, ternyata banyak juga kan hal-hal berguna yang bisa kamu lakukan untuk membuat puasamu makin lancar dengan smartphone. Tapi ingat, jangan sampai kamu keasyikan main smartphone sampai lupa sholat lima waktu, apalagi sampai lupa adzan Maghrib, ya!

Segera unduh aplikasi-aplikasi yang kamu butuhkan di smartphone GENPRO X. Dengan kemampuan jaringan 4G serta spesifikasi yang kompatibel, tentu smartphone satu ini bakal membantu puasamu jadi jauh lebih lancar!

Selamat berpuasa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *