fotografi smartphone

Tips Fotografi Smartphone Dari Ahli yang Perlu Kamu Tahu

Dunia fotografi semakin berkembang dengan pesatnya upgrade kamera bawaan, tak terkecuali pada perangkat Genpro milik kamu gengs. Nah, buat kamu pecinta smartphone Genpro dan terlebih penghobi fotografi smarpthone. Ada baiknya buat ngikutin tips yang admin rangkum kali ini. Tips ini berasal dari seorang fotografer smartphone profesional bernama Darja Bilyk.

Darja Bilyk adalah seorang wanita berkebangsaan Rusia yagn lahir di Moscow 26 tahun yang lalu. Dia bekerja sebagai seorang guru bahasa Inggris yang mengajar anak anak mulai usia 8 hingga 18 tahun. Dan pada waktu luangnya dia sering melakukan travelling dan melakukan hobi lainnya yakni fotografi. Dia percaya bahwa seorang fotografer harus bisa mengambil sebuah gambar yang baik mengenai apapun.

Fotografi Smartphone

fotografi smartphone

Berikut tip dan trik fotografi smartphone yang terkadang bagi sebagian orang lupa dan bahkan menyepelekannya.

  1. Selalu Siap

Bilyk selalu berpesan kepada para fotografer untuk selalu siap setiap saat sebelum menemukan sebuah momen. Dia pribadi selalu mengatur shortcut agar dengan mudah bisa mengakses kamera hp nya, walau bahkan smartphonenya sedang terkunci sekalipun. Dia menekankan bahwa sebuah momen yang indah akan cepat hilang.

Baca Juga : 5 Calon Rival Bitcoin yang Semakin Naik Pamor

Persiapan lain selain shortcut kamera, adalah kebersihan lensa dan jumlah baterai yang selalu tersisa banyak. Seringkali untuk menjaga agar baterai smartphone nya tetap penuh dia mampir kesebuah caffe untuk mencharge baterai dan meminum kopi. Bahkan dia juga kerap kali merubah mode smartphonenya ke mode pesawat terbang untuk menghemat baterai. Karena tak hanya menghemat baterai, namun juga untuk mengeliminasi gangguan lain misalnya telepon masuk ketika sedang memotret sebuah objek.

  1. Jangan Pikir 2 Kali, Ambil Foto Sebanyak Kamu Mau

Jangan pernah berpikir dua kali untuk mengambil gambar sebuah momen yang kamu temui. Karena, sekali lagi dia menjelaskan, sebuah momen seringkali tidak bisa diulang. Karenanya, setiap menemukan momen yang kamu rasa perlu diambil gambarnya, atau ragu untuk melakukannya, jepret aja!

fotografi smartphone
Sumber : digital-photography-school.com

Jika akhirnya foto yang kamu ambil kurang bagus atau ternyata tidak berkesan. Maka kamu tinggal menghapusnya saja. Itu lebih baik daripada menjadi seorang fotografer yang kehilangan momen yang penting, kata Bilyk.

  1. Semua Mengenai Cahaya

Seorang fotografer harus memahami pencahayaan, karena fotografi semuanya mengenai cahaya. Bahkan komposisi yang membosankan sekalipun akan terselamatkan dengan pencahayaan yang bagus. Tak peduli itu siang atau malam.

Artikel Menarik :

Dapat Tantangan Jadi Vlogger Game? Siapa Takut!

Nggak Perlu Mahal, Ini Tips Foto Produk dengan Smartphone

Review Genpro X Pro, Berikut Alasan Kenapa Kalian Harus Memilikinya

  1. Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Smartphone yang Digunakan

Temukan kekuatan dan kelemahan dari smartphone yang kamu gunakan sebelum menggunakannya untuk memotret sebuah objek. Bilyk sendiri mengakui bahwa iPhone miliknya memiliki kekurangan ketika digunakan memotret sebuah objek pada malam hari. Selain itu perlu juga untuk membaca manual mengenai smartphone kamu, agar mengetahui cara setting exposure setidaknya.

  1. Jangan Gunakan Zoom!

Bilyk menyarankan untuk menghindari penggunaan zoom ketika melakukan fotografi menggunakan kamera smartphone. Hal ini karena lensa dan kualitas zooming yang dimiliki oleh smartphone tidak sekuat lensa pada kamera DSLR. Dan dia berpesan, ketika ingin melakukan zooming, sebaiknya gunakan dua kakimu untuk melangkah lebih dekat ke objek yang ingin diambil gambarnya.

  1. Pilih dan Edit

Selektiflah dalam memilih foto yang ingin dijadikan hasil akhir. Ambil dari beberapa gambar yang telah diambil sebelumnya dan lakukan sentuhan dengan editing untuk mempercantiknya. Banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk ini.

  1. Memilih Sudut yang Unik

Ambillah sebuah gambar dari sudut pandang seekor anjing, misalnya. Hal ini akan menghasilkan sebuah prespektif baru pada foto hasil karya kamu. Dan jangan lupa untuk menggunakan grid untuk mempermudah mengetahui Rules of Third.


Gimana geeks, menarik bukan tips dan triksnya, jika kalian hobi fotografi menggunakan smartphone sebaiknya kalian mencoba tips dan triks di atas ya, agar hasil fotografi smartphone kalian menjadi maksimal dan menghasilkan foto yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *