google chrome di windows 10

5 Tips Wajib Coba Memaksimalkan Google Chrome di Windows 10

Sebagai browser terpopuler di dunia, Google Chrome seringkali menjadi pilihan favorit ketika sedang menentukan browser yang ingin dipakai. Bahkan, data StatCounter menunjukkan bahwa sekitar lebih dari 60% pengguna browser menggunakan aplikasi garapan Google yang satu ini!

Selain tampil elegan dan dinamis, Chrome juga cukup fleksibel dan cepat dalam melakukan berbagai aktivitias. Mulai dari browsing, mengunduh/mengunggah, memasang aplikasi, dan aktivitas online lainnya.

Namun, sadarkah kalau ternyata ada beberapa faktor yang bisa mengurangi performa Google Chrome. Nah, untuk mencegah hal tersebut dan memaksimalkan performa Google Chrome di Windows 10 kamu, langsung saja disimak tips-tips berikut!

1. Hapus data browsing secara berkala

tablet pc terbaikSumber: FirmBee

Kalau kamu tidak pernah membersihkan data browsing Google Chrome kamu, data tersebut akan semakin menumpuk dan memakan banyak memori. Akibatnya? Performa Google Chrome di Windows 10 kamu bakal semakin melamban. Namanya juga, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

Untuk menghapus data browsing, klik ikon menu (3 titik vertikal) dan pilih ‘Riwayat’. Setelah itu, pilih ‘Hapus data penjelajahan’, dilanjutkan dengan mencentang jenis data yang ingin dihapus. Pastikan untuk selalu menghapus cache, yang paling banyak memakan memori!

2. Pasang ekstensi Penghemat Data

pc 2-in-1Sumber: Data Saver

Ingin menghemat penggunaan paket internet? Atau koneksi internet kurang cepat? Coba pakai ekstensi yang satu ini! Penghemat Data atau (Data Saver) adalah ekstensi yang disediakan oleh Google, yang berfungsi mengoptimalkan halaman web yang kamu kunjungi.

Penghemat Data bekerja dengan memanfaatkan server Google, untuk meringkas halaman web yang ingin anda kunjungi. Selain itu, kamu juga bisa mengecek terlebih dahulu berapa besar data yang diperlukan untuk mengakses halaman web tersebut. Alhasil, kegiatan berselancar web kamu akan lebih lancar dan hemat!

3. Matikan ekstensi dan plugin yang tidak diperlukan

google chrome di windows 10

Sumber: Tsahi Levent-Levi

Terkadang, ada aplikasi hasil unduhan kita yang memasang ekstensi atau plugin di Google Chrome secara otomatis, tanpa kita sadari. Beberapa dari ekstensi dan plugin ini berjalan secara diam-diam, sambil memakan sumber daya Google Chrome di Windows 10 kamu.

Oleh karena itu, disarankan untuk sering-sering mengecek daftar ekstensi maupun plugin, dan menghapus yang tidak dibutuhkan. Untuk mengecek keduanya, ketik link berikut di address bar: “chrome://extensions/” untuk daftar ekstensi, dan “chrome://plugins/” untuk daftar plugins. Pilih hapus (remove) yang menurutmu tidak dibutuhkan.

Baca juga: Ulasan Terkini Mengenai Aplikasi Google Chrome Windows 10

4. Biasakan update Google Chrome dan Windows 10

google chrome di windows 10Sumber: WDnet Agency

Baik Google Chrome ataupun Windows 10 seringkali mengeluarkan update baru yang bisa berupa fitur baru atau peningkatan performa. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu melakukan update!

Secara bawaan, Google Chrome akan selalu mengecek apakah ada update baru, dan akan segera mengunduhnya bila update ditemukan. Untuk mengecek secara manual, perhatikan ikon menu. Apabila berwarna hijau, kuning, atau merah, berarti ada update yang sedang menunggu untuk diunduh.

Begitu juga dengan Windows 10, yang memang mengharuskan pengguna untuk selalu melakukan update. Kamu dapat mengatur jadwal update Windows 10 dengan mengklik tombol ‘Start’, dilanjutkan dengan memilih tombol ‘Settings’. Setelah layar Settings muncul, pilih ‘Update & Security’, dan atur jadwal yang diinginkan.

5. Nyalakan fitur prefetching Google Chrome

google chrome di windows 10Sumber: Helen Kayda

Google Chrome di Windows 10 memiliki berbagai macam fitur cerdas untuk mempermudah pengguna. Salah satunya adalah fitur prefetching, yang berfungsi untuk meningkatkan kecepatan memuat (loading) halaman web.

Prefetching bekerja dengan memprediksi halaman web yang akan dibuka selanjutnya oleh pengguna, sehingga Google Chrome dapat menyiapkan halaman tersebut terlebih dahulu, dan siap menampilkannya dengan cepat bila diminta.

Untuk mengaktifkan fitur prefetching, klik ikon menu dan pilih ‘Setelan’. Selanjutnya, geser ke bawah halaman dan klik opsi ‘Tampilkan setelan lanjutkan’. Setelah itu centang pilihan ‘Gunakan layanan prediksi agar laman dimuat dengan lebih cepat’, untuk menyalakan fitur prefetching.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk memaksimalkan performa Google Chrome di Windows 10 kamu. Selamat menikmati Google Chrome yang lebih cepat di Windows 10!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *