belajar asik

6 Cara Belajar Asik Dengan Tablet

Teknologi memang telah merajalela dan fungsinya pun telah digunakan dalam berbagai bidang pekerjaan. Sekolah tidak menjadi pengecualian, hal ini ditandai dengan adanya mata pelajaran TIK yang ditujukan supaya kamu bisa menggunakan berbagai macam gadget. Semenjak munculnya smartphone, penggunaan buku elektronik semakin bertambah dan akhirnya konsep revolusioner pun mulai berkembang pesat.

Beberapa perguruan tinggi dan sekolah dalam negeri telah mengimplementasikan penggunaan teknologi ke dalam materi pelajarannya. Hanya dengan menggunakan tablet, kamu pun bisa merasakan kemajuan teknologi pendidikan. Berikut 6 cara asik yang dapat membantumu belajar dengan tablet.

Program K12 education package

belajar asik

Sumber: Global Printing

Program K12 adalah program online yang ditujukan khusus untuk fungsi akademik. K12 sekarang telah diimplementasikan ke berbagai tablet dengan sistem operasi Microsoft. Program ini mendukung mata pelajaran sampai dengan kelas 12.

Yang asiknya, di Indonesia sudah ada Genpro, tablet terbaru yang sudah mengimplementasikan K12 di dalamnya. Tablet ini memang ditujukan untuk kalangan pelajar yang mencari kemudahan menguasai materi pelajaran.

Di program ini, kamu bisa mendaftarkan diri kamu untuk enroll ke sekolah online, kursus online, atau mengakses materi pembelajaran online.

Di program K12 kamu juga bisa melatih diri kamu dengan kumpulan soal-soal yang telah disediakan. Tidak hanya itu, soal yang disediakan juga termasuk kumpulan soal-soal lama Ujian Nasional (UN). Dengan akses ini, kamu yang menghadapi UN akan mendapatkan gambaran soal yang mungkin akan ditanyakan pada UN nantinya.

Kamu juga bisa melibatkan orang tua kamu ke program ini karena program ini mempunyai portal khusus orang tua. Bagi kamu yang sedikit risih ketika orang tua terus menanyakan kemajuan nilai dan pendidikan kamu, kamu bisa merekomendasikan program K12 kepada mereka.

Catatan elektronik

belajar asikSumber: Ryan Whitwam

Dengan gadget seperti tablet, kamu bisa memanfaatkan berbagai aplikasi. Salah satu aplikasi yang terbukti sangat membantu adalah Evernote. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mencatat, merekam video, mengambil foto, dan mengambil bagian dari web untuk catatan kamu.

Evernote bisa digunakan pada tablet dan smartphone, tapi untuk lebih efisien lebih baik menggunakannya melalui tablet. Smartphone memang sangat praktis dan ringan, tapi beberapa orang tetap lebih memilih untuk mencatat dengan tulisan tangan dibanding dengan ketikan. Maka dari itu, lebih baik menggunakan gadget yang ada stylus-nya seperti tablet.

Aplikasi Evernote juga sangat cocok buat kamu yang setiap kali selalu kehilangan bolpen atau alat belajar lainnya. Kamu cukup membawa satu tablet untuk keperluan-keperluan ini, dan tas sekolah atau kuliah kamu pun akan seringan bulu.

Hindari telat deadline

belajar asikSumber: Cara

Kalau aplikasi mencatat saja masih ada yang kurang, kamu bisa mencoba aplikasi keren yang bernama Studious ini. Aplikasi ini mencatat deadline dari tugas kamu dan tanggal ujian kamu, kamu tidak perlu takut akan kelupaan mengerjakan tugas dan kehilangan beberapa persen nilai kamu.

Yang paling keren dari aplikasi ini tidak hanya karena reminder-nya, kamu juga bisa melihat berapa banyak tugas yang kamu miliki sekarang. Dengan fitur ini, kamu bisa mengatur tugas yang mana yang akan menjadi prioritas kamu.

Kamu juga bisa menjaga hubungan dengan guru atau dosen kamu. Aplikasi ini bisa menyimpan email guru atau dosen. Fitur ini sangat berguna bagi kamu yang sedang menjalani skripsi dan mengerti bagaimana menderitanya mengejar-ngejar dosen pembimbing. Kamu cukup memberikan kabar pada dosen pembimbing kamu melalui Studious.

Aplikasi “mencontek”

belajar asikSumber: Mathnasium

Nah, kalau dengar kata mencontek otak kamu pasti akan sedikit lebih terang. Namun, jangan salah paham, “mecontek” yang dimaksud tidak selalu harus menyalin mentah-mentah jawaban yang tersedia, tapi lebih kepada belajar mengikuti metode yang digunakan dan mengerjakan sisanya sendiri.

Pasti kamu pernah mengerjakan soal matematika dan nge-stuck tidak ketemu jawabannya. Nah, aplikasi yang dikenal dengan nama Mathway ini akan membantu kamu menumpas masalah tersebut.

Mathway tersedia untuk tablet dan smartphone, dan aplikasi ini tidak hanya memperlihatkan jawaban akhir dari suatu soal matematika, tapi juga metode-metode dan cara pemakaian yang digunakan.

Membantu menghafal

belajar asikSumber: Emily Southey

Belajar itu tidak selalu harus melalui aplikasi yang formal saja, ada beberapa aplikasi permainan yang mendukung pembelajaran sekolah. Salah satu tantangan tersulit dalam belajar adalah menghafal. Bayangkan kalau di sekolah atau kampus, kamu harus menghafal satu buku tebal untuk ujian, pasti akan memakan waktu sangat lama.

Ada metode yang dikenal dengan flashcard, metode ini membantu kamu menghafal melalui kartu dengan gambar-gambar yang menarik. Dengan gambar yang menarik, otak kamu akan secara otomatis lebih cepat mengingat.

Flashcard tidak hanya digunakan untuk mata kuliah sosial yang banyak hafalannya saja, tapi juga untuk pelajaran kimia. Ada beberapa aplikasi dengan user interface cantik yang bisa kamu gunakan untuk belajar sepertu Chegg Flashcards dan Studyblue.

Nah, dengan bantuan gadget, kamu juga semakin tertarik untuk belajar kan?

Alarm pintar

belajar asikSumber: Alex Serban

Sama seperti prinsip game, belajar itu tidak perlu harus selalu formal dan dengan waktu yang ditentukan. Ada aplikasi unik yang membantu kamu menjadi jago dalam ilmu matematika secara natural, aplikasi ini bernama Math Alarm Clock yang dijual dengan harga Rp 20.000.

Berbeda dengan aplikasi alarm lainnya, dengan Math Alarm Clock kamu harus menyelesaikan soal matematika yang diberikan supaya kamu dapat mematikan alarm yang kamu pasang. Dengan aplikasi ini, kamu tidak perlu takut telat bangun dan juga kamu bisa terus mengingat dan mengasah kemampuan logika kamu. Gimana? Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui kan?

Sebenarnya masih banyak kegunaan tablet dan smartphone dalam mendukung pembelajaran kamu, tapi ini adalah 6 cara paling asik yang bisa kamu coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *