8 Tips untuk Memaksimalkan Microsoft Edge di Windows 10

Microsoft Edge adalah aplikasi web browser milik Windows yang dibuat untuk menandingi web browser favorit seperti Mozilla dan Chrome. Untuk pengguna Windows 10, tidak ada salahnya untuk mencoba Microsoft Edge loh! Selain kualitas yang mumpuni, kamu tidak perlu repot meng-install aplikasi web browser lagi karena Microsoft Edge sudah ter-install secara default.

Edge memiliki beberapa fitur baru seperti Reading Mode dan Web Page Sharing, serta kecepatan loading yang lebih baik. Jika kamu tertarik untuk menggunakan Microsoft Edge, kamu juga perlu tahu tips-tips untuk memaksimalkan Microsoft Edge di Windows 10. Yuk simak!

Kustomisasi tema

microsoft edge

Sumber: Bogdan Popa
Tips pertama, kustomisasi temamu. Berbeda dengan Mozilla atau Chrome, kamu bisa melakukan kustomisasi tema di jendela Microsoft Edge. Jadi, sebelum browsing dengan Microsoft Edge, pilihlah tema yang kamu suka terlebih dahulu.

Caranya tinggal klik ikon menu di pojok kanan atas dan pilih tema pada bagian settings.

Aktifkan Cortana

microsoft edge

Sumber: John Hoff
Cortana ialah asisten personal digital Windows 10 yang bertugas untuk memudahkan aktivitasmu. Bila Cortana sudah terintegrasi dengan Microsoft Edge, ia dapat membantumu selagi kamu melakukan browsing. Sedang mendengar lagu? Cortana dapat langsung mencarikan liriknya. Sedang melihat website restoran? Cortana dapat mencarikan menu, jam buka, dan nomor kontak.

Untuk mengintegrasikan Cortana dan Edge, kamu harus memastikan Cortana sudah aktif di Windows 10. Untuk mengaktifkannya, buka search box pada taskbar, klik ikon Settings, lalu aktifkan opsi ‘Cortona can give you suggestions, ideas, reminders, alerts and more’. Setelah itu, kamu perlu mengikuti beberapa tahap prosedur persetujuan.

Setelah Cortana aktif, yang perlu kamu lakukan adalah mengintegrasikannya dengan Microsoft Edge. Buka aplikasi Microsoft Edge, klik ikon browser menu di bagian pojok kanan atas. Pilih Settings, Advance Settings, lalu aktifkan opsi ‘Have Cortona assist me in Microsoft Edge’.

Integrasi Cortana ke Microsoft Edge tentu akan sangat mempermudahmu dalam melakukan browsing. Untuk itu, tips ini adalah salah satu yang paling direkomendasi jika kamu mau menggunakan aplikasi Microsoft Edge.

Pin website favoritmu

microsoft edge

Sumber: geralt
Microsoft Edge memungkinkanmu untuk membuka website favorit dengan lebih mudah. Bagaimana caranya? Buka website favoritmu, kemudian pilih ‘Pin this page to Start’ pada browser menu. Website tersebut akan muncul dengan bentuk tiles di Start Menu atau Start Screen.

Dengan ini, kamu bisa membuka website favoritmu tanpa mengetik alamat web. Cukup dua klik di PC mode atau satu sentuhan di Tablet mode. Jadi lebih mudah, kan?

Manfaatkan reading view

microsoft edge

Sumber: Joseph Brownell
Salah satu fitur dari Edge adalah Reading View. Fitur ini memungkinkan kamu untuk membaca artikel dengan lebih nyaman. Ketika kamu menemukan artikel yang ingin kamu baca, klik ikon Reading View yang bersimbolkan buku, terletak di ujung address bar. Artikel akan lebih mudah dibaca karena konten-konten yang tidak relevan dengan artikel, seperti iklan dan other article suggestions, dihilangkan.

Walaupun belum semua website kompatibel dengan Reading View, fitur ini merupakan salah satu keunggulan Microsoft Edge dari web browser lain. Jika kamu menggunakan Microsoft Edge, jangan lupa manfaatkan fitur Reading View ya!

Gunakan Web Note

microsoft edge

Sumber:Gregg Keizer
Dalam Microsoft Edge, kamu bisa menyisipkan catatan pribadi di artikel yang kamu baca dengan fitur Make a Web Note. Caranya klik ikon Make a Web Note, bersimbol pulpen, terletak di pojok kanan atas, maka kamu masuk ke mode Web Note.

Di pojok kiri atas, kamu dapat melihat beberapa tombol perintah, seperti tombol Pen yang dapat kamu gunakan untuk menulis atau menggambar di artikel tersebut. Lalu, ada juga Highlight untuk menyorot kalimat, Eraser untuk menghapus tulisan atau sorotan, Add a Note untuk menempelkan catatan, dan Clip untuk meng-copy bagian di artikel.

Setelah menambahkan berbagai catatan, kamu bisa menyimpan artikel hasil olahan kamu dengan menekan tombol Save di pojok kiri atas. Artikel olahan ini akan tersimpan di One Note, Favorites, atau Readling List. Selain itu, artikel tersebut dapat di-share melalui aplikasi One Note, Line, atau Dropbox.

Sharing laman web

microsoft edge

Sumber: Ashraff Hathibelagal
Meskipun sebagian besar website sudah dilengkapi dengan plugin untuk melakukan sharing media sosial, masih ada sejumlah website yang tidak memilikinya. Kalau kamu menemukan website semacam itu, tenang saja. Kamu bisa sharing laman web dengan Microsoft Edge tanpa perlu program ekstensi.

Untuk membagikan sebuah laman web, klik ikon share yang terletak di kanan atas layar. Microsoft Edge akan menawarkan pilihan sejumlah media sharing, seperti Facebook ataupun Twitter. Hal ini dapat kamu lakukan setelah meng-install apps media yang bersangkutan dalam Edge.

Kamu juga dapat menentukan sharing dalam bentuk link atau screenshot. Caranya tinggal klik judul artikel pada jendela share.

Tentukan search engine default

microsoft edge

Sumber: Ashwin
Tips selanjutnya, tentukan search engine utama. Secara default, Microsoft Edge akan menggunakan Bing sebagai search engine. Kalau kamu ingin merubahnya, kamu perlu membuka search engine favoritmu. Tujuannya adalah agar Microsoft Edge dapat mendeteksi mesin OpenSearch yang biasa digunakan berbagai search engine.

Setelah mengunjungi search engine favoritmu, kamu bisa mengganti search engine default dengan mengunjungi menu Microsoft Edge. Dalam Advanced Setting kamu dapat menemukan pilihan search engine di Search in the address bar with.

Gunakan shortcut

microsoft edge

Sumber: Jeroen Bennink
Tips terakhir, Microsoft Edge juga memiliki banyak tombol shortcut untuk memudahkanmu dalam pengoperasian. Berikut shortcut yang dapat kamu gunakan di Microsoft Edge.

Ctrl + T = Membuka tab baru
Ctrl + Tab = Pindah ke tab di sebelah kanan
Ctrl + Shift + Tab = Pindah ke tab di sebelah kiri
Ctrl + angka (1 – 9) = Pindah ke tab sesuai urutan (ctrl 1 ke tab pertama, ctrl 2 ke tab kedua, dsb)
Ctrl + W = Menutup tab yang aktif
Ctrl + Shift + N = Memindahkan tab yang aktif ke jendela baru
Ctrl + k = Duplikasi tab
Ctrl + D = Menyimpan laman web ke Reading List atau Favorites
Ctrl + I = Membuka folder Favorites
Ctrl + M = Membuka Reading List
Ctrl + H = Membuka History
Ctrl + J = Membuka Downloads
Ctrl + Shift + P = Membuka Private Window
Ctrl + E = Memindahkan kursor ke Address bar
Ctrl + Shift + L = Browsing kalimat atau kata yang di-copy di clipboard
Ctrl + = = Zoom in
Ctrl + – = Zoom out
Ctrl + 0 (nol) = Zoom default
Ctrl + R = Reload laman web
Ctrl + Shift + R = Reading View
Ctrl + F = Mencari keyword di tab yang aktif
Spasi saat di dalam website = Bergerak ke bawah
Shit + spasi saat di dalam website = Bergerak ke atas
Alt + left arrow = Kembali ke web sebelumnya
Alt + right arrow = Maju ke web berikutnya
Alt + spasi = Memunculkan opsi untuk pengaturan ukuran jendela
Esc = Menghentikan reload laman web


Dengan 8 tips ini, kamu bisa mengoperasikan Microsoft Edge dengan lebih mudah dan cepat. Tunggu apa lagi? Yuk cobain Microsoft Edge!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *