tokoh wanita

4 Tokoh Wanita Yang Inspiratif dan Berpengaruh Besar Dalam Perkembangan Dunia Teknologi

138 tahun lalu, pada tanggal 21 April, negeri kita ini diberkati dengan lahirnya seorang pahlawan nasional. Meski tidak mengangkat senjata, namun peranannya sangat berpengaruh terhadap negeri Indonesia ini. Tokoh wanita ini memperjuangkan kebebasan perempuan Indonesia untuk menimba ilmu dan mendapatkan pendidikan.

Dalam rangka perayaan hari Kartini ini, mari kita melihat tokoh-tokoh wanita yang sukses dalam dunia akademis dan berpengaruh besar dalam memajukan teknologi.

Baca juga: Mengenal Apa itu Prosesor pada Gadget-mu Serta Manfaatnya!


Tokoh Wanita yang berkontribusi dalam dunia teknologi

Marie Curie

tokoh wanitaSumber: GineersNow
Kalau berbicara soal pendidikan dan kemajuan teknologi, rasanya tokoh wanita yang satu ini wajib disebut. Bagaimanapun, Marie Curie adalah wanita pertama yang menerima hadiah Nobel – Nobel untuk bidang fisika pada 1903 dan Nobel di bidang kimia pada 1911.

Hadiah Nobel tersebut didapatkan Marie Curie berkat perannya yang penting dalam penelitian zat radioaktif. Berkat Marie, yang menemukan radium dan polonium, sekarang kita memiliki mesin X-ray yang amat membantu dunia medis. Tidak hanya itu saja, berkat penelitian di bidang radioaktif ini, kita juga memiliki metode kemoterapi yang dapat membantu penderita kanker.

Meskipun sering dijadikan ikon peneliti wanita dan memiliki popularitas besar, Marie juga terkenal dengan gaya hidupnya yang sederhana dan rendah hati. Ia tidak mematenkan hasil penelitiannya agar ilmuwan lain dapat melakukan penelitian di bidang yang sama secara bebas.

Rita Levi-Montalcini

tokoh wanitaSumber: The Independent
Wanita asal Italia ini terdorong untuk mengejar ilmu di bidang medis setelah menyaksikan seorang temannya meninggal karena kanker perut. Rita Levi-Montalcini memulai karirnya di bidang medis sebagai asisten profesor di Universitas Turin. Dalam dunia akademis, Rita begitu tertarik dengan cara kerja jaringan saraf, sampai-sampai dia mendirikan lab di kamar tidurnya dan melakukan penelitian pribadi di sana.

Rita melakukan penelitiannya dengan memperkenalkan sampel jaringan kanker pada embrio ayam dan mengamati pengaruhnya pada jaringan saraf. Hasil penelitian tersebut menjadikan Rita sebagai penerima hadiah Nobel pada tahun 1986. Berkat Rita, terdapat perkembangan teknologi di bidang medis, terutama dalam penanganan penyakit kanker.

Ada Lovelace

tokoh wanitaSumber: ThoughtCo
Tahu tidak, di balik berbagai fitur dan aplikasi smartphone, terdapat perhitungan data rumit untuk menjalankan aplikasi tersebut? Seluruh komputer dan gadget canggih kamu tidak bisa bekerja loh tanpa adanya kode program yang terdiri dari perhitungan matematis.

Ada satu tokoh wanita yang berperan penting dalam mengembangkan perhitungan matematis pada komputer. Namanya adalah Ada Lovelace dan tanpanya, kita nggak akan punya segala macam teknologi canggih abad-21 ini.

Ada Lovelace yang lahir di tahun 1815 beranjak dewasa menjadi seorang jenius di bidang matematika. Kontribusinya di bidang teknologi dimulai ketika ia membantu mengembangkan prototipe mesin kalkulasi pertama di dunia.

tokoh wanitaSumber: ThoughtCo
Ada Lovelace tidak hanya membantu pengembangan prototipe yang disebut Mesin Analisis tersebut, ia juga berperan besar dalam mempublikasi dan mempopulerkan konsep tersebut. Bila is tidak membantu perkembangan dan mempopulerkan konsepnya, bisa-bisa kita tidak memiliki komputer dan berbagai gadget sekarang ini!

Hedy Lamarr

tokoh wanitaSumber: Pinterest

Siapa bilang kalau mau berperan di perkembangan teknologi, perempuan harus tampil seperti kutu buku? Coba lihat saja Hedy Lamarr. Wanita kelahiran Austria ini adalah seorang aktris yang membintangi banyak film-film Perancis.Tapi, selain menjadi aktris, ia juga punya ketertarikan untuk menjadi penemu.

Pada 1942, Hedy Lamarr dan George Antheil mematenkan FHSS (frequency-hopping spread spectrum). FHSS sendiri merupakan metode pengiriman sinyal radio melalui banyak frekuensi. Pada awalnya, FHSS dimaksudkan sebagai cara untuk menghindari pembajakan sinyal radio.

tokoh wanitaSumber: Wicassa
Inspirasi utama dari FHSS sendiri berasal dari cara kerja pianola (piano otomatis) yang disaksikan Hedy. Pianola dapat memainkan lagu dengan membaca pola lubang tertentu pada kertas. Dengan prinsip yang sama Hedy menciptakan sistem dimana pengiriman sinyal terus berganti di antara banyak sinyal, seperti pianola yang memainkan nada berbeda hanya dengan membaca pola kertas.

Yang mengagumkan, penemuan tersebut pada akhirnya berujung pada pengembangan teknologi WiFi yang biasa kita gunakan!

Baca juga: Apa Itu Fitur Fingerprint dan Manfaatnya untuk Gadget Kamu?


Ternyata besar juga ya peran wanita dalam perkembangan teknologi termasuk juga dalam industri smartphone seperti GENPRO X. Hal ini menunjukkan tidak adanya batasan dalam berkarya di bidang masing-masing! Apalagi, sekarang ini pendidikan sudah bisa ditempuh, baik oleh laki-laki dan perempuan.
Pastinya kamu makin semangat berkarya, bukan? Selamat hari Kartini perempuan Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *