baterai tanam

Kinerja Smartphone Kamu Bisa Diukur Pakai 6 Aplikasi Ini!

Setiap gadget, terlepas dari OS dan mereknya, pasti akan mengalami penurunan performa seiring berjalannya waktu. Tentu ini tidak menyenangkan, apalagi bila milikmu harganya mahal! Masa beli mahal-mahal, tapi kinerja smartphone kamu makin lamban?

Untungnya, kamu nggak selalu harus berdiam diri menunggu gadget-mu perlahan menua. Khususnya pengguna smartphone Android GENPRO X, kamu bisa dengan mudah melakukan pemantauan terhadap kinerja smartphone kamu!

Tujuannya biar kamu bisa memperlambat atau bahkan menghindari penurunan performa. Penasaran caranya?

Baca juga: Perbandingan GENPRO X dengan Smartphone Sekelasnya!


Aplikasi Untuk Mengukur Kinerja Smartphone

1. Aplikasi AnTuTu untuk Monitor CPU dan GPU

kinerja smartphoneSumber: Uptodown

Aplikasi AnTuTu seringkali digunakan untuk mengukur kinerja CPU, GPU, dan RAM pada smartphone Android.

Pada aplikasi AnTuTu, CPU pada smartphone-mu akan diuji beberapa kali. Aplikasi ini akan mencoba menggunakan satu coreuntuk melakukan berbagai task.

Kemudian AnTuTu akan meningkatkan tingkat keberatan task dan menguji sampai manakah CPU bisa menjalani task yang dikerjakan.

Aplikasi AnTuTu juga menguji kinerja GPU-mu. Umumnya, kemampuan kinerja GPU akan diukur ketika kamu menjalankan aplikasi lain yang mempunyai grafis top seperti game, menonton video animasi, dan sebagainya.

Kamu juga bisa membandingkan kinerja smartphone Android-mu dengan smartphone merek lain dengan cara meng-submit hasil tes-mu.

2. Aplikasi Ookla untuk Kecepatan Internet

kinerja smartphoneSumber: Phone Arena

Pengukuran kecepatan jaringan internet memang bukan semata tergantung pada kinerja smartphone, melainkan kepada jaringan internet yang digunakan. Namun terkadang jika ada masalah, sulit membedakan letaknya di mana.

Aplikasi Ookla akan membantu kamu mengukur kecepatan 3G dan 4G, serta membandingkannya dengan kecepatan jaringan jika menggunakan WiFi.

Mulai dari kecepatan mengunduh, kecepatan mengunggah, sampai ke kecepatan ping jaringan internet, nggak hanya smartphone, namun juga PC kamu bisa dipantau kecepatannya.

3. Aplikasi Vellamo untuk Browser

kinerja smartphoneSumber: Android Authority

Aplikasi Vellamo yang dikembangkan oleh Qualcomm ini berfungsi untuk mengukur kinerja browser pada smartphone-mu. Tujuan utamanya adalah untuk mengukur tingkat lag pada tiap browser di smartphone-mu.

Aplikasi ini akan mengukur respon browser ketika kamu meng-scroll, zoom atau melakukan click.

Selain itu, aplikasi juga melakukan pengujian terhadap javascript, bandwidth, user experience, dan juga kecepatan read/write dari memori.

Kamu pun bisa langsung mengetahui seberapa lancar aplikasi web browser di smartphone-mu. Nggak hanya itu saja, bandingkan juga beberapa hasil dari browser yang berbeda untuk mendapatkan aplikasi terbaik untuk smartphone kamu.

4. Aplikasi GLBenchmark untuk Grafis

kinerja smartphoneSumber: Google Play

Pernah kan merasakan kesalnya main game keren tapi smartphone malah sering lag? Nah, di sinilah gunanya kamu mengukur kinerja GPU dan VGA smartphone kamu.

Aplikasi GLBenchmark ini mengukur kinerja GPU secara detil mulai dari pencahayaan, bump, radiance, dan environment.

Nah, untuk menghindari kecacatan pada GPU smartphone, hindari aplikasi atau game yang nggak sesuai dengan hasil uji tolak ukur GPU.

5. Aplikasi PCMark untuk baterai

kinerja smartphoneSumber: Ghacks

Nggak hanya kinerja CPU dan GPU saja yang harus menjadi pusat perhatian ketika kamu mengecek kinerja smartphone. Kinerja baterai pun perlu kamu uji agar kamu bisa lebih memaksimalkan kegunaan baterai smartphone kamu.

Untuk mengecek kinerja baterai, kamu bisa menggunakan aplikasi PCMark yang memonitori kinerja baterai smartphone melalui berbagai aplikasi lain seperti games, video, animation ataupun aplikasi media sosial.

Dengan aplikasi tolak ukur baterai, kamu nggak hanya bisa mengetahui aplikasi-aplikasi mana saja yang paling banyak memakan daya baterai. Tapi, kamu juga bisa mengetahui estimasi daya hidup baterai dan apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menghemat daya penggunaan baterai.

6. Selalu gunakan CPU Temperature

kinerja smartphoneSumber: TechGYD

Setelah beberapa lama menggunakan smartphone secara intens dan juga dengan aplikasi berat, suhu CPU smartphone pasti akan menjadi lebih panas. Hal ini dikarenakan oleh CPU yang secara terus menerus bekerja.

Jika kamu membiarkan hal ini terjadi berulang kali, smartphone akan mengalami overheat, sehingga kamu sama sekali nggak bisa menggunakan smartphone untuk aplikasi berat. Untuk menghindari hal ini, cobalah monitori temperatur CPU kamu secara berkala dengan CPU Temperature.

Dengan bantuan aplikasi ini, kamu nggak hanya bisa memantau suhu CPU pada smartphone. CPU Temperature juga bisa mengoptimalkan dan mendelegasikan beberapa aktivitas berat ke core CPU yang lain.

Kamu juga bisa memasangkan notifikasi untuk membatasi suhu CPU. Suhu CPU rata-rata hanya mencapai 60 derajat – 70 derajat Celcius jika sedang menggunakan aplikasi berat. Untuk keadaan idle, suhu CPU umumnya hanya berkisar antara 40 derajat – 50 derajat Celcius.

Baca juga: 7 Antivirus Smartphone Terbaik untuk Proteksi Gadget Kamu


Memang kinerja smartphone Android berbeda-beda berdasarkan merek dan spesifikasinya. Tapi, bagi kamu yang membutuhkan smartphone untuk melakukan aktivitas berat, gunakanlah smartphone yang sesuai seperti GENPRO X yang dijamin bisa memuaskan kebutuhan kamu dari segi kinerja, jaringan, grafik, baterai, dan harga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *