perbandingan tampilan tablet pc

5 Cara untuk Membuat Data di Tablet PC Aman

Ketika masih anak-anak, kehilangan mainan mungkin menjadi hal yang paling menyebalkan. Beranjak dewasa, hal yang paling menyebalkan salah satunya adalah kehilangan data-data penting di perangkat digital. Apalagi saat diburu waktu, kehilangan data yang diinginkan tentu akan membuat pusing dan stres!

Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu harus tahu hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat data di tablet PC aman. Berikut adalah lima cara yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan data-data di tablet PC.

File History

tablet pc aman
Books

Sumber: Cristina Criddle
Hal pertama yang bisa kamu lakukan agar datamu di tablet PC aman adalah dengan mem-backup data dengan File History. Kamu nggak perlu mengunduh aplikasi apapun karena File History sudah ada di perangkat dengan sistem operasi Windows 10 secara default. File History adalah salah satu cara backup data yang paling sederhana, tapi efektif.

Dengan File History, data pada tablet PC kamu akan di-backup secara otomatis dan berkala. Secara default File History akan mem-backup data di dalam semua folder pada program C:/Users/(nama akun). Namun, walaupun fitur ini sudah ada secara default, kamu masih perlu mengaktifkanya terlebih dahulu.

Cara mengaktifkan File History adalah sebagai berikut:
Buka File History (settings, kemudian update and security, backup atau ketik File History pada search button)
Pilih Add drive, akan muncul pilihan drive yang dapat kamu gunakan untuk menyimpan data
Kemudian, pilih more options, untuk mengatur frekuensi backup. Hal ini juga digunakan untuk mengatur data mana saja yang ingin di-backup, ukuran file yang akan di-backup, serta pilihan backup ke drive eksternal lain.

Lalu untuk membuka kembali data yang di-backup:
Ketik File History pada tombol search, klik pilihan restore your files with file history
Akan muncul jendela restore, kamu dapat memilih data dari folder yang ingin di buka kembali
Klik tombol restore

File History dapat kamu gunakan untuk mem-backup data ke drive internal alias libraries, atau juga ke drive eksternal. Agar lebih aman, lebih baik menyimpan data di drive eksternal, karena jika tablet PC kamu mengalami masalah, ada kemungkinan kamu akan kehilangan data pada drive internal.

Windows Backup and Restore

tablet pc aman

Sumber: Jason Buffington
Selain File History, gunakan program Windows BackUp and Restore untuk perlindungan data yang lebih komprehensif. Program yang dihilangkan di Windows 8.1 ini kembali hadir di Windows 10, lho.

Cara mengaktifkannya adalah sebagai berikut:
Ketik Windows Backup and Restore pada tombol search
Klik Set up Backup, pilih backup drive atau klik tombol Save on a network untuk memilih jaringan yang akan di-share.
Kemudian, back up data tertentu yang kamu pilih atau data yang dipilih oleh Windows. Data yang dipilih oleh Windows adalah data yang ada pada desktop, folder user, library, dan create system image. Lalu klik next.
Klik Save settings and run backup.

Untuk membuka kembali data yang di-backup, buka kembali program Backup and Restore, klik tombol restore my files.

Selain itu, di program ini, terdapat opsi create a system image di bagian kiri jendela. Create a system image digunakan untuk membuat ‘disk clone’. Disk clone adalah duplikasi dari hard drive internal perangkat kamu. System image akan tersimpan di drive eksternal dan hanya digunakan jika drive internal mengalami masalah. Dengan ini kamu nggak perlu menginstal ulang, cukup copy data ini kembali ke drive internal.

Recovery Drive Creator

tablet pc aman

Sumber: Lakehouse Recovery Center
Cara lain untuk mencegah kehilangan data adalah dengan Recovery Drive Creator. Recovery Drive Creator adalah program yang diciptakan Windows untuk mem-backup sistem operasi Windows beserta data di dalamnya ke perangkat USB.

Jadi, bila perangkat tablet PC kamu bermasalah, kehilangan semua data atau sistem operasi Windows gagal beroperasi, kamu dapat menginstal ulang sistem operasi Windows 10 pada tablet PC kamu.

Cara menggunakan program ini adalah sebagai berikut:
Ketik Recovery Drive pada tombol search
Pilih create recovery drive, pilih ok
Setelah proses loading, klik next
Proses creating recovery drive, kemudian klik finish

Pastikan USB dengan kapasitas minimal 4 GB sudah tercolok ke perangkat tablet PC kamu sebelum menjalankan proses pembuatan recovery, ya.

Cara menginstal kembali Windows 10 dari USB tersebut adalah sebagai berikut:

Setelah USB terpasang, lakukan proses booting
Jalankan proses troubleshoot
Klik recovery from a drive
Setelah menyelesaikan beberapa prosedur, Windows 10 akan diinstal kembali

OneDrive

tablet pc aman

Sumber: James Sanders
Program OneDrive adalah salah satu program backup data keluaran Windoes yang paling modern. Kemungkinan kehilangan data akan berkurang drastis jika kamu memanfaatkan program ini. Dengan OneDrive, data-data akan disimpan di cloud storage dengan kapasitas 5 GB.

Kamu dapat mengakses data pada OneDrive kapanpun, dimanapun, dan menggunakan perangkat apapun. Yang perlu kamu lakukan hanyalah login ke akun Microsoft dan kamu dapat mengunduh semua data yang ada dalam OneDrive kamu. Untuk itu, segera miliki akun Microsoft, serta unduh aplikasi OneDrive yang sudah tersedia di sistem operasi Android, iOS dan Windows.

Untuk sistem operasi Windows 10, folder OneDrive sudah ada pada perangkat secara default. Semua data yang ada dalam folder ini akan secara otomatis diunggah ke OneDrive online. Perlu diketahui, data yang ada di cloud storage nggak selalu bisa dilihat di folder OneDrive. Untuk dapat selalu melihat semua file, baik di folder OneDrive tablet PC maupun di cloud storage, kamu perlu mengaktifkan network drive.

Cara menggunakan network drive adalah sebagai berikut:
Login ke OneDrive.com
Copy CID number pada address bar. Masukan kode dalam bentuk angka, abaikan karakter penghubung seperti % atau &
Pada Windows Explorer, pilih this PC. Lalu pada toolbar atas klik tombol map network drive
Setelah muncul kotak dialog, pilih ikon folder dan masukkanlink dari OneDrive yang diikuti dengan CID number. Contoh: https://d.docs.live.net/123456789.
Centang pada kotak connect using different credentials
Klik finish dan masukan akun OneDrive.

Selain itu, kamu juga dapat mengakses data pada program OneDrive secara offline. Caranya adalah sebagai berikut:
Aktifkan OneDrive, maka akan muncul ikon OneDrive pada tempat hidden icon di menu bar
Klik kanan pada ikon tersebut, pilih settings
Pada kolom account, klik choose folders
Centang pada kotak folder yang ingin kamu buka secara offline
Klik ok.

System Restore

http://www.laptopmag.com/images/wp/purch-api/incontent/2016/01/onedrive-cid-670x348.png

Sumber: Martyn Casserly
Selain itu, untuk membuka kembali data yang ada, kamu dapat menggunakan System Restore. System Restore adalah program klasik yang sudah ada pada sistem operasi Windows sejak keluarnya Windows ME (Millenium Edition). System Restore adalah salah satu cara tercepat untuk mengatasi masalah kehilangan data.

Cara mengaktifkan System Restore:
Ketik restore point pada tombol search
Klik create a system restore
klik OK

Konsep System Restore adalah menciptakan restore point pada perangkat. Restore point adalah titik dimana kondisi sistem mulai dikembalikan, data yang ada ada di tablet PC setelah membuat restore point akan dibackup.

Ketika diaktifkan, System Restore akan membuat restore point secara otomatis di setiap aplikasi, serta ketika kamu mengunduh update Windows. Kamu juga dapat membuat restore point kapan pun dengan menggunakan tombol create pada jendela System Restore. Dengan ini, jika aplikasi yang kamu buka mengalami kerusakan sehingga harus dimatikan, kamu cukup kembali ke restore point dan mengembalikan yang ada setelah kamu melakukan restore point.

Memang, program ini bukan solusi terbaik untuk mem-backup data dengan frekuensi perubahan yang tinggi. Tapi, System Restore adalah salah satu program backup data yang paling sederhana dan mudah digunakan

Dengan lima cara ini, kamu bisa menyimpan data dengan leluasa tanpa perlu takut kehilangan. Jadi, tunggu apa lagi? Lebih baik sedia payung sebelum hujan. Yuk, coba lima cara ini, sebelum kamu kehilangan data-data penting di tablet PC kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *